Analisis Kesalahan Berbahasa Tuturan pada Talk Show Kick Andy dengan Tema Kebaikan Tak Mengenal Usia di Metro TV

Windiani Siregar

Abstract


Kesalahan berbahasa sering ditemukan, terutama dalam acara talk show di media televisi. Perlu untuk kita mengetahui kesalahan berbahasa talk show yang ditampilkan ke masyarakat guna untuk mengetahui, menambah wawasan, dan mengembangkan bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa tuturan dalam acara Talk Show Kick Andy dengan kajian taksonomi siasat permukaaan mencakup pada kalimat yang mempunyai kesalahan penghilangan, penambahan, salah susun. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriftif. Penelitian ini dilakukan Digitall library Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Hasil Penelitian ini adalah terdapat adanya kesalahan berbahasa taksonomi siasat permukaan pada tuturan yang diucapkan oleh penutur berupa kesalahan pengurangan, penambahan, salah susun pada kalimat tuturan. Penghilangan tersebut ditandai oleh ketidakhadiran suatu hal yang seharusnya ada dalam ucapan berupa pengilangan preposisi, konjungsi, artikel. Sedangkan Penambahan berupa penandaan ganda, penambahan sederhana.dan salah susun ditandai oleh penempatan yang tidak benar bagi suatu morfem atau kelompok morfem dalam tuturan tersebut. Hasil penelitian terdapat kesalahan berbahasa tuturan taksonomi siasat yaitu penghilangan dalam 4 tuturan, penambahan terdapat 14 tuturan, pada bagian salah susun terdapat 3 tuturan.

Kata kunci: Analisis Kesalahan Berbahasa tuturan, taksonomi siasat.


Full Text:

PDF

References


Amini, A., Syamsuyurnita, S., & Hasnidar, H. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Terintegrasi Pada Tingkat Pendidikan Dasar di Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Amini, A., Yurnita, S., & Hasnidar, H. (2019). THE MODEL OF STUDENTS SAVING EMPOWERMENT MANAGEMENT. INTERNATIONAL JOURNAL ON LANGUAGE, RESEARCH AND EDUCATION STUDIES, 3(2), 318-328.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Butar-Butar, C. (2017). Bahasa Kedanauan (Kajian Ekolinguistik Tentang Pelestarian Ekosistem Kawasan Danau Toba). Disertasi: Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara.

Fatimah, dkk. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa pada Tuturan Pembawa Acara dan Binang Tamu yang Berjudul Fenomena Kanjen Dimas. Parole.1. 5. 775-786.

Hajija, dkk. 2017. Tindak Tutur Ilokusi Guru Bahasa Indonesia pada Proses Pembelajaran dikelas XI Ipa 1 SMAN 9 Kota Bengkulu. Jurnal Bahastra. 3. 2. 23-24.

Hayati, F., Amri, Y. K., & Amalia, N. (2020). Pembinaan Karya Ilmiah Remaja Dengan Menggunakan Metode Tutorial Pada Guru SMA Sekolah Muhammadiyah Sektor Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 27-34.

Isman, M. (2017, November). Mengangkat Kembali Kearifan Lokal dalam Cerita Anak Habib Sang Pendekar Bumi Melayu Karya Sahril untuk Pembentukan Karakter Peserta Didik. In Prosiding Seminar Antarabangsa Pendidikan Bahasa, Sastera dan Budaya Melayu.

Junus, Muhammad. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa. Makassar: Universitas Negeri Makkasar.

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Nurwicaksono, dkk. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Teks Ilmiah Mahasiswa. Aksis. 2. 2. 138-159.

Pasaribu, O. L. (2020). Analisis Kemampuan Memahami Isi Paragraf Argumentasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Karya Bunda Medan. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 95-100.

Prasetya, dkk. 2013. Analisis Berbahasa Tuturan Mahasiswa dalam Seminar Proposal Skripsi Mahasiswa. Pancaran. 2. 2. 119-126.

Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Siregar, F. S., & Suprayetno, E. (2018). MAKNA ESTETIK PANTUN PERNIKAHAN MELAYU DELI. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Susanto, Wibowo. 2014. Sikap Masyarakat Surabaya Terhadap Tayangan Talk Show Hitam Putih di Trans 7. Jurnal E-Komunikasi.2. 1. 1-9.

Sukmawaty. 2017. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Indonesia pada Skripsi Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Kharisma Makassar. 10. 1. 1-71.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. bandung: Rosda.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suwandi, I Nengah. 2008. Pengantar Metodelogi Bahasa . Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wibowo, Ferd. 2007. Tehnik Produksi Program Televisi. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Winarti, W., Hafiz, M. S., & Izar, S. L. (2020). Pelatihan Kerajinan Mendaur Ulang Sampah dalam Meningkatkan Pendapatan Organisasi Aisiyah Kota Medan. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1), 41-48.

Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). The Ability of Writing Fairy Tales through the Implementation of Audio Visual Learning Media. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(4), 3813-3820.

Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DAN NONAUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DONGENG. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 61-67.

Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa. Yogyakarta: Deepublish.

Zalmansyah, Achril. 2014. Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Siswa Sekolah Dasar. Salingka. 11. 2. 220-232.

Zoebazary, Ilham. 2010. Kamus Istilah Televisi dan Film. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats