Tindak Tutur Kesantunan Berbahasa Di Media Sosial Terhadap Vaksinasi Covid-19: Kajian Pragmatik

Inayah Nurhuda

Abstract


Penelitian ini mengkaji tindak tutur kesantunan berbahasa di media sosial terhadap vaksinasi covid-19 kajian pragmatik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesantunan berbahasa tuturan komentar masyarakat terhadap vaksinasi covid-19 pada media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deksriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian yaitu data sekunder dari media sosial Youtube yang berupa komentar masyarakat terhadap vaksinasi covid-19. Instrumen pada penelitian ini adalah tabel analisis dari data dokumentasi. Teknik analisis datanya mengumpulkan data dari komentar masyarakat pada media sosialYoutube Kompas TV terhadap vaksinasi covid-19, menganalisis dan mendeskripsikan data menggunakan teori-teori yang didapatkan dari hasil menelaah buku-buku serta karya ilmiah lainnya, analisis kesantunan, menjelaskan analisis kesantunan sesuai aturan prinsip-prinsip maksim dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya realitas kesantunan berbahasa yaitu pada tindak tutur komentar masyarakat di media sosial Youtube Kompas TV terhadap vaksinasi covid-19, dengan menggunakan enam prinsip kesantunan sehingga dapat disimpulkan bahwa analisis dari setiap data menunjukkan bahwa tuturan tersebut adalah santun.

Kata Kunci: Tindak Tutur, Kesantunan Berbahasa, Media Sosial Youtube


Full Text:

PDF

References


Amalia, N. (2021). APLIKASI FLASH PLAYER BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE READER. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Amini, A., SYAMSUYURNITA, S., & HASNIDAR, H. (2018). MODEL MANAJEMEN PEMBERDAYAAN TABUNGAN SISWA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Amini, A., Syamsuyurnita, S., & Hasnidar, H. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Terintegrasi Pada Tingkat Pendidikan Dasar di Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Amini, A., SYAMSUYURNITA, S., & HASNIDAR, H. (2018). MODEL MANAJEMEN PEMBERDAYAAN TABUNGAN SISWA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).Amri, Khairul Yusni dan Putri Marisha. 2019. Sosiolinguistik Analisis Interferensi Budaya pada Media Sosial. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari

Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aztry, A. (2020). Model Student Facilitator and Explaining dalam Kemampuan Menulis Argumentatif. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 7-14.

Aztry, A., & Winarti, W. (2018). PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Butar-butar, C., Syamsuyurnita, S., & Isman, M. (2018). REKONSTRUKSI DAN REVITALISASI CERITA RAKYAT SEBAGAI PEWARIS BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL DENGAN PENDEKATAN SITUS MITOS PADA MASYARAKAT BATAK TOBA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Chaer, Abdul. 2010 kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta

Hayati, F., Amri, Y. K., & Amalia, N. (2020). Pembinaan Karya Ilmiah Remaja Dengan Menggunakan Metode Tutorial Pada Guru SMA Sekolah Muhammadiyah Sektor Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 27-34.

Isman, M., & Agussani, A. (2020). [HAKI] Tradisi Lisan Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Pererta Didik Pada Era Digital. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Maulidi, Ahmad, Kesantunan Berbahasa Pada Media Jejaring Sosial Facebook, ejurnal Bahasantodea. Vol. 3 No. 4 Oktober 2015. Universitas Tadulako Sulawesi Tengah

Mono, Umar, dkk. 2019. Praanggapan Pragmatik (Strategi Memahami Teks Artikel). Medan: Wal Ashri Publishing

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik: kesantunan imperatif bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Siregar, F. S., & Aztry, A. (2018). STUDI KOMPARASI BAHASA MELAYU DELI DENGAN BAHASA INGGRIS PADA TINDAK TUTUR ILOKUTIF KOMUNIKASI UJARAN BERBASA-BASI. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryanti, S. P. 2020. PRAGMATIK. Cetakan 1. Jateng: Penerbit Lakeisha.

Samsuyurnita, S., & Butar-butar, C. (2018). ANALISIS MAKNA RAGAM BAHASA REGISTER MAHASISWA SEBAGAI MODEL PELACAKAN FENOMENA PERILAKU SOSIAL. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Audiovisual Dan Nonaudiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 61-67.

Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Audiovisual Dan Nonaudiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 61-67.

Winarti, W., & Izar, S. L. (2020). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA KULIAH MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS PUISI DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-6.

Wulandari, Septiani. Media Sosial dan Perubahan Perilaku Bahasa, ejournal Gunadarma, Vol. 2 No.1 Oktober 2018. Jurnal Ilmu Komunikas

Winarti, W., & AZTRY, A. (2018). Penanaman Konsep Ilmu Keguruan Dan Pembentukan Karakter Calon Guru Bahasa Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Berbasis Rumpun Model Sosial. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats