Analisis Wacana Kritis Pria Bertato Tewas Terikat Rantai Diprediksi Korban Pembunuhan Edisi Juli 2020 Dengan Pendekatan Norman Fairclough

Febri Handayani Br Rambe

Abstract


Analisis wacana kritis adalah sebuah upaya atau proses (penguraian) untuk penjelasan dari sebuah teks (realitas sosial) yang mau atau sedang dikaji oleh seseorang atau kelompok dominan yang cenderung mempunyai tujuan tertentu untuk memperoleh apa yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap berita dalam portal online Detik News Pria Bertato Doa Ibu Ditemukan Tewas-Kaki Dirantai di Karo Diduga Korban Pembunuhan dengan menggunakan model Norman Fairclough. Sumber data penelitian ini adalah berita Pria Bertato Doa Ibu Ditemukan Tewas-Kaki Dirantai di Karo.data penelitian ini menggunakan unsur representasi, relasi dan identitas. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis data kualitatif. Dari hasil data dapat disimpulkan bahwa berita dalam portal Detik News Pria Bertato Doa Ibu Ditemukan Tewas-Kaki Dirantai Diprediksi di Karo Korban Pembunuhan dalam analisis wacana kritis menunjukkan adanya kekerasan yang terjadi di masyarakan yaitu tindakan yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang.

Kata Kunci: Analisis, Wacana Kritis, Model Norman Fairclough, Analisis Wacana Kritis



Full Text:

PDF

References


Amalia, N. (2021). APLIKASI FLASH PLAYER BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE READER. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Amini, A., SYAMSUYURNITA, S., & HASNIDAR, H. (2018). MODEL MANAJEMEN PEMBERDAYAAN TABUNGAN SISWA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Amini, A., Syamsuyurnita, S., & Hasnidar, H. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Terintegrasi Pada Tingkat Pendidikan Dasar di Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Aztry, A. (2020). Model Student Facilitator and Explaining dalam Kemampuan Menulis Argumentatif. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 7-14.

Aztry, A., & Winarti, W. (2018). PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Badara, Aris. 2012. Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya Pada Wacana Media. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Butar-butar, C., Syamsuyurnita, S., & Isman, M. (2018). REKONSTRUKSI DAN REVITALISASI CERITA RAKYAT SEBAGAI PEWARIS BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL DENGAN PENDEKATAN SITUS MITOS PADA MASYARAKAT BATAK TOBA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Dardjowodjojo, Soenjono. 2012. Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia: Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Darma, Yoce. 2014. Analisis Wacana Kritis. Bandung: YR. Widya.

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: PT. Lkis Printing Cemerlang.

Halik, Abdul. 2013. Komunikasi Massa. Makkasar: Alauddin University Press.

Hayati, F., Amri, Y. K., & Amalia, N. (2020). Pembinaan Karya Ilmiah Remaja Dengan Menggunakan Metode Tutorial Pada Guru SMA Sekolah Muhammadiyah Sektor Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 27-34.

Isman, M., & Agussani, A. (2020). [HAKI] Tradisi Lisan Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Pererta Didik Pada Era Digital. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Khairil, K., Siregar, F. S., & Suprayetno, E. (2020). Budaya Literasi Anak Melalui Cerita Rakyat Sumatera Utara Di Kampung Nelayan Seberang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 52-60.

Maghvira, Genta. Analisis Wacana Kritis Pada Pemberitaan Tempo.co Tentang Kematian Taruna Stip Jakarta. Jurnal The Messenger, Volume 9, Nomor 2, Edisi Juli 2017.

Maryandani, Sitti Andi 2016. Analisis Framing Berita Kasus Korupsi Dewie Yasin Limpo. Di Harian Tribun Timur Makassar. Skripsi: Makassar Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Nilawati, Dewi. 2018. Analisis Wacana Kritis Model Roger Flowler Berita Gagal Nikah Setelah Cabuli 2 Anak Bawah Umur dalam Koran Medan Pos. Skripsi. Medan: FKIP UMSU.

Nurida. 2016. Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Surat Kabar Kendari Pos. Jurnal Bastra Volume 3 Nomor 3 Desember 2016.

Republik Indonesia. 1999. Undang-Undang Nomor 40 Tentang Pers. Pasal 3 Ayat 1 dan 2

Republik Indonesia 2003. Undang-Undang Nomor 20. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 1 Ayat 1.

Rusminto, Eko Nurlaksana. 2015. Analisis Wacana; Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Grama Ilmu.

Siswoko. 2018. Analisis Wacana Pemberitaan Pendirian Pabrik Semen Indonesia di Suaramerdeka.Com. Skripsi Sukakarta: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. IAIN.

Siregar, F. S., & Aztry, A. (2018). STUDI KOMPARASI BAHASA MELAYU DELI DENGAN BAHASA INGGRIS PADA TINDAK TUTUR ILOKUTIF KOMUNIKASI UJARAN BERBASA-BASI. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sobur, Alex. 2015. Analisis Teks Media Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet CV.

Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Audiovisual Dan Nonaudiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 61-67.

Winarti, W., & AZTRY, A. (2018). Penanaman Konsep Ilmu Keguruan Dan Pembentukan Karakter Calon Guru Bahasa Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Berbasis Rumpun Model Sosial. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Audiovisual Dan Nonaudiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 61-67.

Winarti, W., & Izar, S. L. (2020). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA KULIAH MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS PUISI DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-6.

Winarti, W., & AZTRY, A. (2018). Penanaman Konsep Ilmu Keguruan Dan Pembentukan Karakter Calon Guru Bahasa Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Berbasis Rumpun Model Sosial. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats