Analisis Penggunaan Alih Kode Pada Media Sosial Shopee: Kajian Sosiolinguistik

Cut Nur Mariska

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan campur kode ke luar, campur kode ke dalam dan campur kode campuran pada media sosial shopee. Penelitian ini menggunakan teori Suardi yang terdapat jenis campur kode yaitu campur kode ke dalam, campur kode ke luar, dan campur kode campuran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan analisis penggunaan campur kode pada media sosial shopee. Teknik analisis data digunakan dengan cara mempelajari tentang campur kode yang ada pada media sosial shopee, mempelajari kata yang terdapat pada media sosial shopee, menyimpulkan hasil analisis. Instrumen penelitian ini digunakan untuk mencatat campur kode pada media sosial shopee. Hasil penelitian ini diperoleh 50 data campur kode terdapat campur kode ke dalam 5 dengan seluruh kata 61, campur kode ke luar 40 dengan seluruh kata 840, dan campur kode campuran 5 dengan seluruh kata 91.

Kata Kunci: Analisis Campur Kode, Sosiolinguistik, Media Sosial Shoppe


Full Text:

PDF

References


Amri, Yusni Khairul dan Dian Marisha. 2019. Sosiolinguistik Analisis Interferensi Budaya pada Media Sosial. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari

Amri, Yusni Khairul. 2019. Alih Kode Dan Campur Kode Pada Media Sosial. Jurnal Prosiding Seminar Nasional PBSI

Arifin, M. (2017). Pengaruh Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja (Studi terhadap Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2).

Arifin, M. (2017). Penyalahgunaan Keadaan Sebagai Faktor Pembatas Kebebasan Berkontrak. Jurnal Notarius, 3(2), 61-75.

Arifin, M. (2020). (HAKI) HKI Manajemen Pendidikan Masa Kini. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Arifin, M. (2020). (buku) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh untuk Millenial. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Arifin, M. (2018). Manajemen Pendidikan Masa Kini. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta

Devianty, Rina. 2017. Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah.

Ekayati, R., & Arifin, M. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED-LEARNING BERBASIS APLIKASI EDMODO DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Eko putra. 2020. Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Dan Review Produk Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Stie Pasaman). Jurnal Apresiasi Ekonomi

Fauziah. 2020. Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop Shopee Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Abiwara

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus FKIP UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 35-49.

Manurung, I. D., & Tussadiah, H. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS PADA REMAJA USIA PRODUKTIF DI KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., & Yusriati, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 36-42.

Pranata Rendra Havid dan Umi Hartati. 2017. (Interaksi Sosial Suku Sunda dengan Suku Jawa (Kajian Akulturasi dan Akomodasi di Desa Buko Poso, Kabupaten Mesuji). Jurnal Swarnadwipa.

Sayama Malabar, 2015. Sosiolinguistik. Gorontalo: Publishing

Siti Rohmani, Amir dan Atika. 2013. Analisis Alih Kode Dan Campur kode Pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuady. Jurnal Penelitian Bahasa

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dan R&d. Bandung: CV Alfabeta

Sari, A. W. (2016). Pentingnya Ketrampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Sari, A. W. (2021). THE EFFECTS OF APPLYING RECIPROCAL TEACHING METHOD TO THE STUDENTSACHIEVEMENT IN READING COMPREHENSION. English Teaching and Linguistics Journal, 2(2), 179-187.

Sari, A. W. (2021). The Effect Of Object-Oriented Programming (Adobe-Flash) Based Multimedia Learning Methods On English For Tourism Courses. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Siregar, A., & Manurung, I. D. (2021). Aplikasi M-Learning Pada Dongle Melalui Nilai-Nilai Islam. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(1), 40-53.

Siregar, E. Y., & Manurung, I. D. (2020). The Effect Of Using Authentic Material As Media On The Students Achievement In Listening. English Teaching and Linguistics Journal, 1(1), 5-15.

Suwandi, Nengah. 2014. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Audiovisual Dan Nonaudiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 61-67.

Yetri, Rahayu, Wulandari. 2017. Bahasa Pedagang Ikan Di Pasar Panaroma Bengkulu (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Korpus


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats