Peran Guru PKN dalam Upaya Penguatan Karakter Toleransi pada Siswa Kelas XI SMA Asuhan Daya

Putri Tiara Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Peran Guru Pkn Dalam Upaya Penguatan Karakter Toleransi Pada Siwa Kelas XI SMA Asuhan Daya, karakter toleransi menjadi salah satu aspek penting dalam pembentukan kepribadian siswa ditengah keberagaman budaya, agama, dan suku yang ada dindonesia. Guru PKn memiliki tanggung jawab besar dalam menanamkan nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran dikelas. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif, pengumpulan data dengan mengunakan observasi, wawancara, serta metode dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dalam penguatan karakter toleransi guru lah yang kemudian menjembatani dalam penanaman nilai toleransi terhadap siswa, disebutkan bahwasanya ada lima langkah dalam menerapkan pendidikan sikap toleransi di dalam kelas yaitu yang pertama, menganalisis kompetensi dasar dengan mengidentifikasi nilai karakter yang ada di dalam materi pelajaran. Kemudian yang kedua, merencanakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang difokuskan pada isi tentang toleransi, yang ketiga mengikuti pembelajaran sesuai dengan yang sudah direncanakan, yang keempat melaksanakan proses penilaian dan, yang terakhir melakukan evaluasi hasil belajar untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik mengenai apa yang guru ajarkan.


Keywords


Peran guru PKN, upaya penguatan karakter toleransi

Full Text:

PDF

References


ALbdulaltif, S., & Dewi, D. AL. (2021). Peralnaln pendidikaln kewalrgalnegalralaln dallalm membinal sikalp toleralnsi alntalr siswal. Jurnall Pendidikaln daln Pengaljalraln Guru Sekolalh Dalsalr (JPPGusedal), 4(2)ALkhwalni. 2021. Potret Sikalp Toleralnsi Malhalsiswal Kegurualn dallalm Menyialpkaln Generalsi Ralhmaltaln Lil ALlalmin dialkses talnggall 18 November 2022).

ALrikunto, Sihalrsimi. (2018). Prosedur Penelitialn Sualtu Pendekaltaln Pralktis. Jalkalrtal: Rinekal Ciptal.

Bogdaln daln Talylor. (2019). Prosedur Penelitialn Pendekaltaln Kuallitaltif (Edisi Revisi). Jalkalrtal: Rinekal Ciptal.

Dalryalnto, Dalrmialtun, S. (2013). ”Pendidikaln Kalralkter di Sekolalh”. Yogyalkalrtal: Penerbit Galval Medial.

Dalrwis, AL. 2020. Pendidikaln Kalralkter: Konsep, Straltegi, daln Implementalsi Komprehensif. Balnyumals: Penal Persaldal.

Halirullalh, H., Palsalni, C. F., & Salri, AL. (2021). Peneralpaln Model Pembelaljalraln Tipe Group Investigaltion Dallalm Pembelaljalraln Maltemaltikal Untuk Membinal Kalralkter Toleralnsi Daln Komunikaltif Siswal. Jurmaldiktal, 1(2), 53–61. https://doi.org/10.20527/jurmaldiktal.v1i2.800

Hulu, N. (2023). Upalyal guru PPKN dallalm menalnalmkaln sikalp toleralnsi. Falguru: Jurnall Ilmialh Malhalsiswal Kegurualn, 2(1).

Moh. Sualrdi. 2018. Belaljalr & Pembelaljalraln. Yogyalkalrtal: Deepublish

Mulyalsal, E. (2010). Stalndalr Kompetensi Daln Sertifikalsi Guru. Balndung: Rosdalkalryal.

Rispalwalti, Faluzaln, AL., Sallalm, M., & Dalhlaln. (2022). Internallisalsi Nilali-nilali Kalralkter Melallui Maltal Kulialh Pendidikaln Kewalrgalnegalralaln. Jurnall Bhinekal Tunggall Ikal, 09(01), 1–1.

Schweitzer, F. (2018). Educaltion for Toleralnce. In Religious Educaltion (hall. 19–34). https://doi.org/10.1007/978-3-658-21677-12

Sipalhutalr, E., Palulinal Lumbalntobing, D., Gultom, H., Surpi Sitompul, AL., ALgalmal Kristen Negeri Talrutung, I., & ALuthor, C. (2023). Straltegi Guru Menumbuhkaln Sikalp Toleralnsi Pesertal Didik Bedal ALgalmal Di Smal Negeri 3 Talrutung. Jurnall Malnaljemen Pendidikaln Kristen, 3(1), 28–48.

Siti Faltonalh. (2022). ALnallisis Implementalsi Peraln Guru Dallalm Penalnalmaln Nilali Kalralkter Toleralnsi Paldal Maltal Pelaljalraln Pkn Di MI Mal’alrif Dalrussallalm Plalosaln Yogyalkalrtal. Jurnall Riset Maldralsalh Ibtidaliyalh (JURMIAL), 2(1), 181–190. https://doi.org/10.32665/jurmial.v2i1.284.

Situmealng, T. AL., Sintalnial, L. S., Lalse, M., & Yunital, S. (2023). Pendidikaln Palncalsilal daln Kewalrgalnegalralaln sebalgali Optimallisalsi dallalm Meningkaltkaln Sikalp Toleralnsi Siswal. Journall on Educaltion, 5(4), 16622–16629. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2833.

Subekhaln, M., & ALnnisal, S. N. (2018). Eksistensi Ketelaldalnaln Pendidikaln Kalralkter dallalm Perspektif Ki Haljalr Dewalntalral. Jurnall Geneallogi PALI, 5(1), 33–45.

Surhalyalnto, AL. (2013). Peralnaln Pendidikaln Kewalrgalnegralaln Dallalm Mmembinal Sikalp Toleralnsi alntalr siswal . Jurnall Ilmu Pemerintalhaln Daln sosiall Politik , vol 1 no 2, 192-203.

Wulalndalri, S., Dewi, D. AL., & Furnalmalsalri, Y. F. (2022). Peraln Pendidikaln Kewalrgalnegalralaln dallalm Mengembalngkaln Ralsal Toleralnsi di Kallalngaln Siswal Sekolalh Dalsalr. Edumalspul: Jurnall Pendidikaln, 6(1), 981–987. https://doi.org/10.33487/edumalspul.v6i1.2505

Yalni, F., & Dalrmalyalnti, E. (2020). Implementalsi Nilali-nilali Palncalsilal Melallui Pendidikaln Palncalsilal sebalgali Upalyal Membalngun Sikalp Toleralnsi paldal Malhalsiswal di Universitals Potensi Utalmal. Jurnall Lex Justitial, 2(1), 48–58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats