Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kurikulum Merdeka Kelas XI SMA Budisatrya T.A 2024/2025
Abstract
Pemikiran Ki Hajar Dewantara berpusat pada proses pembentukan siswa untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman mereka. Oleh karena itu, tidak hanya penting untuk memahami Pancasila secara teoritis, tetapi juga untuk menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan seperti ini sejalan dengan perspektif Ki Hajar Dewantara tentang bagaimana membentuk karakter siswa yang mengutamakan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode Studi Literature atau Library Research. studi kepustakaan adalah sebuah metode penelitian yang mengkaji berbagai teori, hipotesis dan berbagai sumber referensi berbeda yang berhubungan dengan nilai-nilai profil pelajar pancasila dan pembelajaran kontekstual yang diteliti. Dimana metode yang mengkaji berbagai teori, berbagai sumber referensi berbeda, serta mengelolah bahan penelitian yang sesuai dengan pokok kajian dan menjelaskan penguatan Nilai-nilai Pancasila melalui kurikulum medeka di SMA Budisatrya kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi dan studi kasus. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu berdasarkan hasil observasi di Budisatrya kota Medan ternyata terdapat banyak perbedaan baik peserta didik maupun guru, namun perbedaan tersebut bukan menjadi penghalang berlangsungnya proses pembelajaran, dimana sekolah ini sangat menjunjung tinggi nilai toleransi. Penanaman nilai-nilai Pancasila melalui kurikulum merdea yang sudah diterapkan di SMA Budisatrya kota Medan. Kurikulum merdeka telah diimplementasikan untuk kelas, sehingga peserta didik dapat bergotong royong, berpikir kritis, serta kreatif pada saat diberikan sebuah projek. Implementasi nilai-nilai Pancasila di SMA Budisatrya kota Medan telah memberikan penguatan terhadap karakter profil pelajar Pancasila peserta didik. Hal ini berhasil dicapai berkat partisipasi seluruh warga sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, N., Nazip, K., Wardhani, P. K., & Andriani, D. S. (2021). Analysis of Environmental Literacy Skill of Biology Teacher Candidates in Human and Environmental Courses. SEJ (Science Education Journal), 5(1), 29–40. https://doi.org/10.21070/sej.v5i1.1169
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950
Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1305
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Risdiany, H., & Dewi, D. A. (2021). Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 696–711. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.140
Rizal, M., Najmuddin, N., Iqbal, M., Zahriyanti, Z., & Elfiadi, E. (2022). Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi, 6(6), 6924–6939. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3415
Rohimah, A. (2021). Peran Guru PPKn Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila di MTs Muhammadiyah 1 Malang. Skripsi. h. 5
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tajuddien. (2023). Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. [Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI].
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats


