Peran Guru PPKN dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Siswa SMA Muhammadiyah 01 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi aktif siswa dengan menggunakan mode pembelajaran Project Citizen pada pembelajaran PPKN dikelas V SDS Bina Taruna Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan partisipasi aktif siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Project Citizen terhadap partisipasi aktif siswa. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan yang signifikan dalam partisipasi aktif siswa kelas V setelah penerapan model pembelajaran Project Citizen. Sebelum penerapan model pembelajaran Project Citizen, nilai rata-rata partisipasi aktif siswa adalah 55,880 Setelah penerapan model tersebut, nilai rata-rata meningkat menjadi 78,960 Peningkatan mean sebesar poin ini menunjukkan bahwa siswa menjadi 23,080 lebih tertarik dan terlibat dalam pembelajaran setelah model pembelajaran Project Citizen diterapkan. Hasil uji ini menghasilkan nilai t sebesar -6975 yang menunjukkan adanya perbedaan yang sangat signifikan antara kondisi sebelum dan sesudah intervensi. Nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) yang dihasilkan adalah 0.000, diperoleh nilai p-value yang diperoleh sebesar 0,000. Jika dibandingkan dengan α = 5% atau 0,05 maka nilai p-value < α atau 0,0000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran project citizen terhadap partisipasi aktif siswa pada pembelajaran Pancasila siswa kelas V SDS Bina Taruna Medan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abas Asyafah, 2. (2019). Menimbang Model Pembelajaran. Tarbawy, 14.
Alhogbi, B. G., Arbogast, M., Labrecque, M. F., Pulcini, E., Santos, M., Gurgel, H., Laques, A., Silveira, B. D., De Siqueira, R. V., Simenel, R., Michon, G., Auclair, L., Thomas, Y. Y., Romagny, B., Guyon, M., Sante, E. T., Merle, I., Duault-Atlani, L., Anthropologie, U. N. E.,
Apriani, A.-N., Septiani, I., & Izzah, L. (2022). Implementasi Pendidikan Pancasila di SD Negeri Bakulan. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 1(2), 33. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2022.1(2).33-42
Budimansyah, D. (2014). INOVASI. Abmas, 82.
Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Nur Hamiyah dan Muhammad Jauhar,. (2014) Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Prestasi Pustakarya
Karnia, N., Rida, J., Lestari, D., Agung, L., Riani, M. A., & Galih, M. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 121–136. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15603
Khodijah, D. N., Hendri, M., & Darmaji. (2016). Upaya Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Kelas Xi Mia7 Sman 1 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 01(02), 46–54.
Mudjiono & Dimiyati. (2016). Pengertian dan Indikator Partisipasi Siswa. 8–30.
Mulyono, A. (2018). Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.
Ngalimun. (2016). Strategi model pembelajaran. Aswaja Presindo.
NURAENI, H. (2023). Model Pembelajaran Project Citizen. 60403070121126.
Pristiwanti, D. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal pendidikan dan konseling.
Ppkn, P., & Sekolah, D. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Picture And Picture Dalam. 11.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D/Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010).
Zubari, Nur illahi, A. M. (2022). JIQTA: Jurnal Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir. JIQTA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1, 72–84.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats


