Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Matematika Berbasis Brain Based Learning (BBL) Menggunakan Teka Teki Silang (TTS)

Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini merupakan suatu penelitian dimana mengembangkan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) matematika berbasis Brain Based Learning (BBL) menggunakan teka-teki silang (TTS) pada tingkat sekolah menengah atas tepatnya di MAN 1 Medan  yang bertujuan untuk dapat mengetahui pengembangan UKBM matematika berbasis Brain Based Learning menggunakan permainan teka-teki silang, serta untuk mengetahui kelayakan UKBM matematika berbasis Brain Based Learning menggunakan teka-teki silang, dan juga untuk mengetahui respon siswa terhadap UKBM matematika berbasis Brain Based Learning menggunakan teka-teki silang di MAN 1 Medan. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang mana terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini merupakan penelitian dalam bentuk skala besar dengan jumlah 71 siswa tepatnya pada perlakuan tahap implementasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini memperoleh penilaian sebesar 87% ahli media dengan pernyataan sangat valid, 93,6% ahli materi dengan pernyataan sangat valid, dan 92% penilaian kepraktisan siswa kelas X MIPA dengan pernyataan sangat praktis dan 92,5 kepraktisan dari kelas X IPS dengan pernyataan sangat praktis yang mana artinya pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) matematika berbasis Brain Based Learning (BBL) menggunakan teka-teki silang (TTS) ini layak menjadi bahan ajar dalam pembelajaran. Adanya hasil pengembangan UKBM matematika ini dapat menjadi sebagai referensi para pendidik disekolah dalam merancang UKBM, dapat membantu pembelajaran disekolah agar lebih banyak terpokus ke siswa, dan juga dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam menggunakan UKBM saat pembelajaran berlangsung.


Keywords


UKBM, Brain Based Learning, TTS, Matematika

Full Text:

PDF

References


Ainul, M. (2021). Pemanfaatan Media Teka Teki Silang Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Smk Smti Padang. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 8(1), 35–50. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i1.180

Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). Keefektifan Penggunaan Modul Teka-Teki Silang Matematika Pada Materi Statistika Untuk SMA Kelas XI. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Direktorat. (2017a). Direktorat Pembinan SMA Kementerian Pendiikan dan Kebudayan Republik Indonesia.

Direktorat. (2017b). Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) ©2017-Direktorat Pembinaan SMA.

Hartanto, R. O. S. & S. (2020). Meningkatkan prestasi belajar ppkn dengan menggunakan model brain based learning. 4(2), 90–98.

Kurniawati, U. L. (2019). Efektivitas Pelaksanaan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) pada Pembelajaran Matematika di Kabupaten Sidoarjo. Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya, 4, 1–118.

La Hadisi, W. O. A. dan W. (2017). Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Daya Serap Siswa Di Smk Negeri 3 Kendari. AL-Ta’dib, 10(2), 145–162.

Lifira, F. F., & Lestyanto, L. M. (2020). e-UKBM Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan linier Tiga Variabel. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 51–56.

Lutfillah, M. M., Zulhendri, Z., & Supena, A. (2022). Pengaruh Model Brain Based Learning terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7(1), 65–79. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v7i1.574

Septiana, R., Listiyono, & Ismail. (2020). Analisis Penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri ( UKBM ) pada Pembelajaran Biologi Pendidikan Biologi , Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Bioeduca : Journal of Biology Education, 2(1), 57–66. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/bioeduca/article/view/5988/2703

Shabrina, N., Darmadi, D., & Sari, R. (2020). Pengaruh Motivasi dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Muslim Galeri Indonesia. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(2), 164–173. https://doi.org/10.33753/madani.v3i2.108


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats