Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Jumanji Matematika Berbasis Keragaman Budaya

Leli Maharani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis keragaman budaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran board game Jumanji Matematika berbasis keragaman budaya, selain itu juga untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis keragaman budaya, serta untuk mengetahui respon siswa  terhadap ketertarikan pada media pembelajaran yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE  yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pada tahapan implementasi peneliti melakukan uji coba produk pada satu kelas yaitu kelas VII-B dengan jumlah siswa 21 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran board game Jumanji Matematika berbasis keragaman budaya yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan 3,07 oleh ahli media, untuk penilaian materi  diperoleh nilai 4 dengan kategori sangat valid, sedangkan tingkat kepratisan berada pada kategori sangat praktis dengan nilai rata-rata 3,62.


Keywords


board game jumanji, keragaman budaya, media pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Aghni, R. I. (2018). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XVI, No. 1, Tahun 2018. XVI(1).

Antara, M., Pertanian, F., Udayana, U., Visual, D. K., Tinggi, S., & Bali, D. (2018). KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA SUMBER INSPIRASI. 292–301.

Batubara, I. H., Dachi, S. W., & Wahyuni, S. (2019). Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui. 1(3), 1–6.

Dachi, S. W. (2018). Upaya Pengembangan Materi Ajar Berbasis Media Instructional Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. Jurnal EduTech, 4(2), 74–80.

Fransiska, T., & Kurniasari, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Papan Permainan “Journey of Physics” Pada Pokok Bahasan Momentum Dan Impuls Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Ipa 1 Dan X Ipa 2 Sma Hang Tuah 4 Surabaya. VIII, SNF2019-PE-207–216. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.26

Hariastuti, R. (2018). Rumah Adat Using Banyuwangi: Kajian Budaya Dalam Media Pembelajaran Matematika. 56–64. https://doi.org/10.31227/osf.io

Sufri Mashuri. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Digital). Deepublish.

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF FAN R&D (Saku). Alfabeta.

Sukendra, I. K. I. K. S. A. (2020). Instrumen Penelitian. In Journal Academia.

Wahyuni, E. S., & Yokhebed, Y. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Biologi Sma Negeri Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 32. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1105

ZUHRIYAH, R. (2019). Pengembangan Game Jumanji Tiruan Sebagai Media Pembelajaran Ppkn Pada Materi Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara Menurut Uud Nri Tahun 1945 Bagi Peserta Didik Kelas X Di Ma Al Falah Bangilan Tuban. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2), 481–495.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats