Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Modul (E-Modul) Matematika Berbasis Aplikasi Flip Book PDF Corporate Edition Melalui Scan QR Digital
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar elektronik modul (e-modul) matematika berbasis aplikasi flip book pdf corporate edition melalui scan qr digital untuk siswa SMP kelas VIII dan untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan bahan ajar elektronik modul (e-modul) matematika berbasis aplikasi flip book pdf corporate edition melalui scan qr digital di SMP kelas VIII berdasarkan penilaiaan ahli materi, ahli media dan respon siswa. Sampel pada penelitian ini ialah siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan kelas VIII yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and development). Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE yang telah dimodifikasi menjadi 3 tahap, yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Desaign), dan Pengembangan (Development). Instrument penelitian yang digunakan yaitu validasi ahli materi dan validasi ahli media. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Hasil penelitian ini berupa bahan ajar elektronik modul (e-modul) matematika berbasis aplikasi flip book pdf corporate edition melalui scan qr digital yang layak digunakan. Kelayakan diperoleh dari validasi ahli materi dan validasi ahli media menyatakan layak dengan skor rata - rata penilaian ahli materi 3,6 dan skor rata – rata penilaian ahli media 3,6. Respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan memiliki skor rata – rata penilaian 3,6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar elektronik modul (e-modul) matematika berbasis aplikasi flip book pdf corporate edition melalui scan qr digital untuk siswa SMP kelas VIII layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam | Computer Based Information System Journal. CBIS Journal, 3(2), 1–13.
Endang Nuryasana, N. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 1 No.5(Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa).
Haryono. (2021). Terapan Teknologi Pendidikan dalam Praksis Kurikulum 2013 : 1(1), 132–139.
Irawan, J. D., & Adriantantri, E. (2018). Pemanfaatan QR-Code Sebagai Media Promosi Toko. Jurnal MNEMONIC, 1(2), 57.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Kholil, M., & Safianti, O. (2019). Efektivitas Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Barisan dan Deret. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 89–98. https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.246.
Wati, E. M. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Builder Materi Perkalian Pada Siswa Kelas II SD. Scholastica Journal, 2(2), 24–30. https://www.flipbuilder.com/flip-pdf-pro/
Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. In Skripsi. http://repository.radenintan.ac.id/3420/1/SKRIPSI FIX EDI.pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats