Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Android Berbantuan Software Articulate Storyline 3
Abstract
Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dimana penelitian ini menghasil sebuah produk. Produk yang akan dihasilkan pada penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif matematika berbasis android berbantuan software articulate storyline 3. Penelitian yang dilakukan tahapan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif matematika berbasis android berbantuan software articulate storyline 3, untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran interaktid matematika berbasis android berbantuan software articulate storyline 3 pada materi garis dan sudut, untuk mengetahui respos peserta didik terhadap media pembelajaran interaktid matematika berbasis android berbantuan software articulate storyline 3. Dengan mengikuti tahapan penelitian yakni ADDIE maka produk media pembelajaran interaktif matematika berbasis android berbantuan software articulate storyline 3 dapat terselesaikan. Setalah produk terselesaikan berlanjut ketahap validasi dengan melibatkan 2 ahli materi mendapatkan persentase skor 98% dengan kategori “sangat baik”, 2 ahli media mendapatkan persentase skor 95% dengan kategori “sangat baik” dan 2 ahli bahasa mendapatkan persentase skor 88% dengan kategori “sangat baik”. Setalah dilakukan validasi dan revisi produk berdasarkan saran validator selanjutnya adalah implementasi yang dilakukan di tingkat SMP kelas VII dan mendapatkan persentase skor 78% dengan kategori “baik” sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan layak untuk digunakan dan mendapatkan respon yang baik dari para peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17.
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/1866.
Deni Sapitri, A. B. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X. Inovtech, 02.
Erri Wahyu Puspitarini, D. W. P. A. P. N. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1), 46–58. https://doi.org/10.37438/jimp.v1i1.7.
Faqih, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dalam Pembelajaran Puisi. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 27–34. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4556.
Fitri Sukmarini, Mauludiyah, L., Muhammad Ainur Roziqi, & Nurdianto, T. (2021). Interactive Arabic Learning Media based on Articulate Storyline 3 to Increase Students’ Motivation / Pemanfaatan Articulate Storyline 3 sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 106–121. https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071-06.
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919.
Handoyono, N. A., & Mahmud, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pembelajaran Electronic Fuel Injection. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(2), 107–116. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i2.791.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Ulfa, M. (2019). Strategi Preview , Question , Read , Reflect , Recite , Review (PQ4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema Journal, 1(1), 48–55.
Wahyudi, D., & Amry, Z. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Articulate Storyline 3 Berbasis Android. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 12. https://doi.org/10.24114/jfi.v3i1.35077.
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA Developing Android-Based Instructional Media of Solubility to Improve Academic Performance of High School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats