Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Harapan Mekar Medan

Winda Novita Sari

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Missouri Mathematics Project Pada materi segitiga dan segiempak pokok bahasan keliling dan luas segitiga di SMP Harapan Mekar Medan yang memenuhi kriteria sangat valid.Model pengembangan yang digunakan yaitu 4-D yang meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development),dan penyebarluasan (desseminate). Namun peneliti hanya sampai tahap pengembangan (development). Dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan LKPD adalah angket penilaian RPP, penilaian oleh ahli media, penilaian ahli materi, dan penilaian angket respon peserta didik.. Berdasarkan hasil dari penilaian validator Lembar Kerja Peserta Didik diperoleh nilai dari ahli media sebesar 85,00 % dengan kriteria sangat valid, penilaian oleh ahli materi diperoleh sebesar 90,5 % dengan kriteria sangat valid, penilaian angket respon peserta dididik tertinggi diperoleh 90 % termasuk dalam ranah sangat positif dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) diperoleh sebesar 84,50 % dengan kategori valid.


Keywords


Pengembangan LKPD, Missouri Mathematics Project (MMP), Keliling dan Luas Segitiga, Pemecahan Masalah Matematis.

Full Text:

PDF

References


Afifah, N., Batubara, I. H., & Harahap, T. H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Investigasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Algustinal, T., Sualstikal, I. K., & Triwalhyuningtyals, D. (2019). Pengalruh Penggunalaln Lembalr Kerjal Pesertal Didik (LKPD) Berbalsis Contextuall Tealching alnd Lealrning (CTL) Terhaldalp Halsil Belaljalr Siswal Malteri Lingkalraln Kelals 5 SDN Talnjungrejo 2 Mallalng. Prosiding Seminalr Nalsionall PGSD UNIKAlMAl, 3(1), 238–248.

Alinin, M. (2013). Penelitialn Pengembalngaln Dallalm Pembelaljalraln Balhalsal Alralb. Okalral, 2(8), 96.

Amri, Z., & Hadi, R. (2020). Pembentukan Graf Berdasarkan Benda Langit (Bintang) dengan Selisih Nilai MagnitudeTertentu di OIF UMSU. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(1), 24-33.

Amri, Z., Aulia, A., Syella, A., Pratamal, H., & Ramadhani, S. (2018). PELABELAN HARMONIS GANJIL PADA GRAF 2S_n [(C] _4, n). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(1).

Azis, Z., Panggabean, S., & Sumardi, H. (2021). EFEKTIVITAS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 PAHAE JAE. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 19-24.

Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 13-17.

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 43-53.

Dalchi, S. W., Maltemaltikal, J. P., & Peralgal, Al. (2017). No Title. 6(1).

Faluzialh, Al., & Sukalsno, S. (2015). Pengalruh Model Missouri Malthemaltics Project (Mmp) Terhaldalp Kemalmpualn Pemalhalmaln Daln Pemecalhaln Malsallalh Maltemaltikal Siswal Smal N I Lubuklinggalu. Infinity Journall, 4(1), 10. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.67

Faluzialh, S., Alminalh, N., & Nalsir, F. (2019). Pengembalngaln Peralngkalt Pembelaljalraln Maltemaltikal Berbalsis Model Missouri Malthemaltics Project (Mmp) Untuk Meningkaltkaln …. Prosiding Seminalr Nalsionall …, 271–284. http://www.fkip-unswalgalti.alc.id/ejournall/index.php/snpm/alrticle/view/826

Halralhalp, T. H. (2015). Peneralpaln Contextuall Tealching Alnd Lealrning Untuk Meningkaltkaln Kemalmpualn Koneksi daln Representalsi Maltemaltikal Siswal Kelals VII-2 SMP Nurhalsalnalh Medaln Talhun Pelaljalraln 2012/2013. Journall of Chemicall Informaltion alnd Modeling, 53(9), 1689–1699.

Harahap, T. H., Muslihuddin, R., & Afifah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Halrdialnti, T., Syalchruroji, Al., & Hendralciptal, N. (2003). Pengembalngaln Lkpd Berbalsis Contextuall Tealching alnd Lealrning Paldal Pembelaljalraln Perubalhaln Energi Ipal Kelals Iv Sd Negeri Malrgalgiri 2. VII(2), 10–15.

Herdalwalti. (2022). Alnallisis Peneralpaln Model Pembelaljalraln Missouri Malthemaltics Project di MTs.N 1 Pekalnbalru. Jurnall Pendidikaln Talmbusali, 6(1), 547–551. https://jptalm.org/index.php/jptalm/alrticle/view/2944.

Panggabean, S., Nasution, E., & Batubara, I. H. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 238-247.

Sari, I. P., Al-Khowarizmi, A. K., & Batubara, I. H. (2021). Cluster Analysis Using K-Means Algorithm and Fuzzy C-Means Clustering For Grouping Students' Abilities In Online Learning Process. Journal of Computer Science, Information Technology and Telecommunication Engineering, 2(1), 139-144.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats