Analisis Stilistika Kumpulan Puisi Catatan dari Kamar Tua Karya n.a. Hadian

Titan Sadewo

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya bahasa dalam kumpulan puisi Catatan dari Kamar Tua karya N.A. Hadian. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan puisi Catatan dari Kamar Tua karya N.A. Hadian berjumlah 98 halaman diterbitkan oleh Obelia Publisher di Medan, cetakan pertama Agustus 2019. Data penelitian ini adalah kumpulan puisi Catatan dari Kamar Tua karya N.A. Hadian yang di dalamnya terdapat gaya bahasa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan cara mengumpulkan data, mendeskripsikan data, dan menganalisis data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah membaca berulang-ulang puisi, menghayati, memahami, mengumpulkan data, mendeskripsikan dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini ditemukan gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat yang terdiri dari repetisi anadiplosis dalam 4 puisi yaitu Tanpa Judul, Bisul dalam Bisul, Badai dan Di Balik Rahasia itu Kau dan repetisi anafora dalam 3 puisi yaitu Detik Jam, Badai, Jalan-jalan di Hari Tua. Ditemukan juga gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna yang terdiri dari gaya bahasa kiasan yaitu Simile dalam 1 puisi yaitu Senja di Tanjung Morawa. Metafora dalam 4 puisi yaitu Pertarungan, Hutan Kelam, Ruang-ruang kelam, Detik Jam. Personifikasi dalam 1 puisi yaitu Senja di Tanjung Morawa. Alusi dalam 4 puisi yaitu Pertarungan, Hutan Kelam, Senja di Tanjung Morawa, Jalan-jalan di Hari Tua.


Full Text:

PDF

References


Anindita, dkk. 2017. "Kritik Sosial Dalam Surat Kopi Karya Joko Pinurbo”. Dalam Jurnal LIPI Jurnal Masyarakat Dan Budaya. Vol. 21 No. 1. Publikasi: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewirsyah, A. R. (2022). Pengaruh Metode Copy The Master terhadap Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas VII MTs PAB 2 Sampali. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 152-155.

Fansori, Arinah. 2017. “Analisis Stilistika Pada Puisi ‘Kepada Peminta-Minta’ Karya Chairil Anwar”. Dalam Jurnal Deiksis Vol. 09, No. 01, Januari 2017.

Publikasi: Universitas Indraprasta PGRI.

Fitriani, dkk. 2020. Apresiasi dan Kritik Sastra. Medan. Obelia Publisher. Hadian, N.A. 2019. Catatan Dari Kamar Tua. Medan: Obelia Publisher. Keraf, Gorys. 2006. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Pustaka Utama.

Irani, A., & Febriyana, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Outdoor Learning Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 147-153.

Isman, M., & Sitepu, T. (2022). Pengaruh Model Project-based Learning (PjBL) dengan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Puisi kelas X SMA. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 256-265.

Ruser, I., Syamsuyurnita, S., & Manurung, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Pada Peserta Didik Kelas VII-9 SMP Negeri 11 Medan. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(3), 19-27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats