Analisis Umpasa “Marhata Sinamot” dalam Prosesi Pernikahan Adat Batak Toba

Devina Napitupulu

Abstract


Umpasa adalah puisi jenis pantun dalam kesusastraan suku Batak Toba. Umpasa Batak Toba ini adalah karya sastra dalam bentuk syair/puisi yang berisi pernyataan restu, nasihat, dan doa bagi orang yang mendengarnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai Batak Toba yang terdapat dalam Umpasa “Marhata Sinamot” dalam Prosesi Pernikahan Adat Batak Toba. Sumber data dalam penelitian ini adalah keseluruhan isi Umpasa “Marhata Sinamot” pada tayangan video M.Manik yang publish di Channel Youtube, pada tanggal 12 April 2020. Judul dari tayangan tersebutHatahon Umpasa Tingki Marhata Sinamot. Adapun data penelitian ini berupa kata, kalimat, dan dialog yang terdapat dalamtayangan video tersebut. Dalam Umpasa “Marhata Sinamot” dalam Prosesi Pernikahan Adat Batak Tobadengan menggunakan teori nilai-nilai Adat Batak Toba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan dianalisis berdasarkan data kualitatif. Variabel yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah nilai-nilaibudaya dalam umpasa marhata sinamot.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah instrumen dokumentasi visual melalui tayangan video youtube dengan menganalisis tentang nilai-nilai budaya yang terkandung di dalam video tersebut. Teknik analisis data diawali denganmenyaksikan tayangan video youtube M.Manik yang berjudul Hatahon Umpasa Tingki Marhata Sinamot,menganalisis berupa makna umpasa, menyimak tayangan video, menganalisis nilai-nilai budaya yang berada di video.Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa benar terdapat nilai kebudayaan pada umpasa marhata sinamot yang terdapat di dalam video youtube tersebut.


Keywords


Umpasa, Nilai-nilai kebudayaan, Marhata Sinamot, Pernikahan Adat Batak Toba

Full Text:

PDF

References


Amalia, F., & Febriyana, M. (2023). Pengaruh Metode Fishbowl Berbantuan Media Audiovisual terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Tritech Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21278-21287.

Harahap, E. P. H., & Izar, S. L. (2022). ANALISIS HERMENEUTIKA NILAI-NILAI PENDIDIKAN FILM RIKO THE SERIES DI CHANNEL YOUTUBE. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(2), 126-133.

Irmawati, I., & Kemal, I. (2023). ANALISIS PESAN MORAL PADA NOVEL BUMI KARYA TERE LIYE. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 11-15.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi.Rineka Cipta: Jakarta.

Koentjaraningrat. 1981.Pengantar Ilmu Antropologi.Rineka Cipta: Jakarta.

Lesmana, G., & Deliati, D. (2022). Parenting Patterns Based on Character Education Against Early Childhood Discipline. Indonesian Journal Education, 1(1), 18-24.

Sibarani,Robert. (2012). Kearifan Lokal: Hakikat, Peran, dan Metode Tradisi Lisan. Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan (ATL).

Simbolon,dkk.1986. Peranan Umpasadalam Masyarakat Batak Toba.Jakarta: Pusat Pembinaan danPengembangan Bahasa DepartemenPendidikan dan Kebudayaan.

Oetomo, Hasan. 2012. Pedoman Dasar Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta: PT. Presatasi Pustakaraya.

Panjaitan, R. A., & Butar-butar, C. (2022). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA BUKU PANDUAN MC DAN PIDATO KARYA MOH. SAKHOWI ELQUDS DAN ZIEDAN MAULANA. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 174-184.

Rindayu, A. S., & Syamsuyurnita, S. (2022). ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL DIKTA & HUKUM KARYA DHIA’AN FARAH: ANALYSIS OF THE VALUE OF CHARACTER EDUCATION IN DHIA'AN FARAH'S NOVEL DIKTA & LAW. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(3), 145-154.

Viola, O., & Kemal, I. (2022). ANALISIS NILAI-NILAI SOSIAL PADA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA: KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK. Jurnal Metamorfosa, 10(2), 46-65.

Winarti, W., Febriyana, M., & Izar, S. L. (2022). ANALISIS MAKNA GAYA BAHASA PADA KATA PULANG DALAM STATUS INSTAGRAM RIDWAN KAMIL. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 222-228.

Zain, F. W., Syamsuyurnita, S., Sari, S. P., & Nasution, I. S. (2023). Analisis Penggunaan Media Pipa Puzzle dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa PAUD Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 25237-25245.

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Tanjung, B. N., Dongoran, F. R., & Elfrianto, E. (2023). Efforts To Improve The Quality Of Madrasa Graduates Through Curriculum Management In Islamic Boarding School KH Ahmad Dahlan Sipirok. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).

Sulasmi, E., Prasetia, I., & Rahman, A. A. (2023). Government Policy Regarding Education Budget on The Posture of The State Budget (APBN). Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 142-151.

Prasetia, I., Akrim, A., & Sulasmi, E. (2022). Developing Collaborative-Based Supervision Model Which Accentuates Listening and Responding Skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 709-720.

Prasetia, I., Lisnasari, S. F., Gajah, N., Sekali, P. B. K., & Rahman, A. A. (2022). Influence of early childhood programs literacy movement on students’ interest and reading ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173-7185.

Prasetia, I., Lisnasari, S. F., Gajah, N., Sekali, P. B. K., & Rahman, A. A. (2022). Influence of early childhood programs literacy movement on students’ interest and reading ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173-7185.

Sulasmi, E. (2022). IMPLEMENTATION OF FACE-TO-FACE LEARNING (Analysis of Readiness of Parents, Learners and Education Units in Bengkulu city). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).

Amini, A. (2022). Analysis of islamic education institutional management. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats