Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar bagi Siswa SMK Dharma Patra Kelas XI Tahun Pembelajaran 2020/2021

Alif Akbar Hermawan

Abstract


Peran guru dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa di SMKS Dharma Patra P.Brandan. Skripsi Program Strata Satu (S-1) Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan sejauh mana peran guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa di SMKS  Dharma Patra P.Brandan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif     dalam bentuk metode deskriptif, melalui metode ini akan di deskriptif dengan data kuantitatif tentang peran guru bimbingan konseling dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa di SMKS  Dharma Patra P.Brandan”. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi di SMKS  Dharma Patra P.Brandan sebanyak 656 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampling acak (random sampling), dengan penentuan besar sampelnya sebesar 15% dari populasi. Dari jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 656 siswa muncul sampel sebanyak 30 siswa. Setelah pengumpulan data dilakukan maka selanjutnya adalah proses analisis data dengan analisis kuantitatif secara deskriptif yang telah dilakukan persentasenya, dan didapat hasil dari penelitian peran guru di SMKS  Dharma Patra P.Brandan adalah baik dengan hasil persentase 72,4%.


Keywords


Kreativitas, kuantitatif, dan pengembangan.

Full Text:

PDF

References


Adhayuda Prabowo, A. D. (2020). Upaya guru bimbingan konseling dalam mengembangkan kreativitas siswa. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 61. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2302.

Asbi, A., Hasibuan, M. F., & Sari, M. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Acceptence and Commitment untuk Mengurangi Gaya Hidup Konsumtif. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 5(2), 156-170.

Deliati, D., & Lesmana, G. (2019). The Increase of Student Learning Interest through the Application of Recitation Methods Assisted by Cyber Counseling Media. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 448-453.

Deliati, D., & Muharmi, T. (2019). Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1-13.

Ghoffar, H. (2019). Analysis of self-consciousness based on the multi-theory perspective. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 3(1), 15-26.

Hasanah, A., Ilyas, A., & Afdal, A. (2018). Kreativitas Siswa dan Upaya Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dalam Pengembangannya. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/insight.071.01.

Hasibuan, M. F., Asbi, A., Wastuti, S. N. Y., & Izar, S. L. (2023). Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah Percut Medan. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN, 9(1), 83-90.

Heldanita. (2018). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1).

Hidayat, T. (2017). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Program Pilihan Studi Keterampilan di SDIT Loqman Al-Hakim Yogyakarta [UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26558/2/1520310113_BAB-I_IV-atau-V_.pdf.

Helmi, G. (2017). Upaya guru mata pelajaran dan guru BK dalam mencegah perilaku menyontek (Studi Pada SMA Negeri Se-Kota Padangsidimpuan). Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(3).

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 447. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.40.

Kau, M. A. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling2017,157–166.

Lesmana, G., & Deliati, D. (2022). Parenting Patterns Based on Character Education Against Early Childhood Discipline. Indonesian Journal Education, 1(1), 18-24.

Lesmana, G. (2019). Efforts To Increase Through Self Efficacy With Counseling Services Technical Self Management To Convicted Criminal in Jail Ii B Class Labuhan Deli 2018. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 5(1), 43-47.

Lubis, S., Asbi, A., & Lesmana, G. (2023). PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERSON CENTERED THERAPY UNTUK MENINGKATKAN ETIKA KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(1), 10-20.

Sari, M., Sari, S. P., & Asbi, A. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DAN BLOG TERHADAP KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA. JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, 21(2), 192-198.

Tanjung, B. N., Dongoran, F. R., & Elfrianto, E. (2023). Efforts To Improve The Quality Of Madrasa Graduates Through Curriculum Management In Islamic Boarding School KH Ahmad Dahlan Sipirok. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.

Sulasmi, E., Prasetia, I., & Rahman, A. A. (2023). Government Policy Regarding Education Budget on The Posture of The State Budget (APBN). Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 142-151.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats