Efektifitas Musikalisasi Konseling terhadap Sikap Pengendalian Diri Siswa di SMP Negeri 6 Medan

Guntur Anugrah Sembiring

Abstract


Pengendalian diri dapat diartikan sebagai kemampuan untuk membimbing tingkah laku sendiri dalam artian kemampuan seseorang untuk menekan atau merintangi impils-impuls atau tingkah laku impuls kepercayaan untuk dijadikan acuan ketika bertindak atau mengambil sebuah keputusan. Penelitian ini memiliki acuan pada kemampuan pengendalian diri adalah seseorang cenderung kesulitan dalam menyikapi sebuah peristiwa dikarenakan adanya ketidak sesuaian antara pikiran dan tindakan yang menyebabkan kerugian untuk dirinya maupun orang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII pada SMP Negeri 6 Medan sebanyak 90 siswa dan teknik penarikan sampel menggunakan proportional random sampling menghasilkan 4 siswa sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah instrumen dengan lembar observasi dan lembar wawancara yang didistribusikan pada saat sebelum dan sesudah pelayanan musikalisasi konseling. Perubahan terjadi sebesar 88% pada siswa setelah dilaksanakan musikalisasi konseling, yang dimana siswa mulai berupaya meningkatkan pengendalian dirinya dalam kehidupannya. Maka dengan hal ini dikatakan bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling memang sangat dibutuhkan dan sangat berperan penting bagi siswa dalam mengentaskan permasalahannya termasuk peningkatan pengendalian diri.


Keywords


Layanan musikalisasi konseling dan pengendalian diri.

Full Text:

PDF

References


Asbi, A., Hasibuan, M. F., & Sari, M. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Acceptence and Commitment untuk Mengurangi Gaya Hidup Konsumtif. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 5(2), 156-170.

Bakar, A., & Luddin. (2010). Dasar Dasar Konseling. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.

Baumeister, & Boden. (1998). Relation of Theatened Egoistm to Violence and Aggression: Thedark side of High Self-Esteem . Psychological Review.

Chaplin. (2001). Kamus Lengkap Psikologi (Terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: Raja Graindo Perkasa.

Deliati, D., & Lesmana, G. (2019). The Increase of Student Learning Interest through the Application of Recitation Methods Assisted by Cyber Counseling Media. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 448-453.

Deliati, D., & Muharmi, T. (2019). Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1-13.

Enriati, Umari, T., & Asyarik, A. (2014). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Peningkatan Pengendalian Diri Siswa Kelas X SMAN 4 Penbaru T.P 2014/2015. Bimbingan dan Konseling.

Gladding, S. (2016). The Creative Arts and Counseling. America: America Counseling Association.

Goldfried, M., & Merbau. (1973). Behavior Change Through Self-Control. APA.

Ghoffar, H. (2019). Analysis of self-consciousness based on the multi-theory perspective. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 3(1), 15-26.

Gufron, M. N., & Rini, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media .

Hasibuan, M. F., Asbi, A., Wastuti, S. N. Y., & Izar, S. L. (2023). Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah Percut Medan. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN, 9(1), 83-90.

Helmi, G. (2017). Upaya guru mata pelajaran dan guru BK dalam mencegah perilaku menyontek (Studi Pada SMA Negeri Se-Kota Padangsidimpuan). Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(3).

Lesmana, G., & Deliati, D. (2022). Parenting Patterns Based on Character Education Against Early Childhood Discipline. Indonesian Journal Education, 1(1), 18-24.

Lesmana, G. (2019). Efforts To Increase Through Self Efficacy With Counseling Services Technical Self Management To Convicted Criminal in Jail Ii B Class Labuhan Deli 2018. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 5(1), 43-47.

Lubis, S., Asbi, A., & Lesmana, G. (2023). PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERSON CENTERED THERAPY UNTUK MENINGKATKAN ETIKA KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(1), 10-20.

Sari, M., Sari, S. P., & Asbi, A. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DAN BLOG TERHADAP KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA. JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, 21(2), 192-198.

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Sulasmi, E., Prasetia, I., & Rahman, A. A. (2023). Government Policy Regarding Education Budget on The Posture of The State Budget (APBN). Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 142-151.

Tanjung, B. N., Dongoran, F. R., & Elfrianto, E. (2023). Efforts To Improve The Quality Of Madrasa Graduates Through Curriculum Management In Islamic Boarding School KH Ahmad Dahlan Sipirok. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats