Efektifitas Musikalisasi Konseling terhadap Sikap Pengendalian Diri Siswa di SMP Negeri 6 Medan
Abstract
Pengendalian diri dapat diartikan sebagai kemampuan untuk membimbing tingkah laku sendiri dalam artian kemampuan seseorang untuk menekan atau merintangi impils-impuls atau tingkah laku impuls kepercayaan untuk dijadikan acuan ketika bertindak atau mengambil sebuah keputusan. Penelitian ini memiliki acuan pada kemampuan pengendalian diri adalah seseorang cenderung kesulitan dalam menyikapi sebuah peristiwa dikarenakan adanya ketidak sesuaian antara pikiran dan tindakan yang menyebabkan kerugian untuk dirinya maupun orang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII pada SMP Negeri 6 Medan sebanyak 90 siswa dan teknik penarikan sampel menggunakan proportional random sampling menghasilkan 4 siswa sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah instrumen dengan lembar observasi dan lembar wawancara yang didistribusikan pada saat sebelum dan sesudah pelayanan musikalisasi konseling. Perubahan terjadi sebesar 88% pada siswa setelah dilaksanakan musikalisasi konseling, yang dimana siswa mulai berupaya meningkatkan pengendalian dirinya dalam kehidupannya. Maka dengan hal ini dikatakan bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling memang sangat dibutuhkan dan sangat berperan penting bagi siswa dalam mengentaskan permasalahannya termasuk peningkatan pengendalian diri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nurlinda, E., Azis, Z., & Nasution, M. D. (2024). Students' Mathematical Reasoning Ability and Self-Efficacy Viewed from the Application of Problem Based Learning and Contextual Teaching and Learning Models Assisted. JMEA: Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 54-61.
Azis, Z., Muslihuddin, R., & Irvan, I. (2024). Pelatihan Penelitian Tindak Kelas Untuk Guru Muhammadiyah Di Kecamatan Binjai Kota. Jurnal Pengabdian Masyarakat Larisma, 1(1), 36-39.
Ardiningtyas, M., Azis, Z., & Irvan, I. (2024). The Development of Augmented Reality-based Geometry Module (AR-Geo) to Improve Spatial Ability in Learning 3D Geometry Material in SMA Negeri 3 Medan. Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 5(2), 142-150.
Azis, Z. (2024). Development of Jumanji Mathematics Cultural Diversity-Based Board Game Learning Media. AlAdzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 5(1), 1-11.
Nasution, H. S., & Azis, Z. (2024). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (TEACHING ENGLISH FOR SPECIAL PURPOSES) MENGGUNAAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PEMBELAJARAN ISTILAH MATEMATIKA DASAR (BASIC MATHEMATICS TERMS) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA SEMESTER SATU FKIP UMSU. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 5(1), 77-90.
Fatharani, C., Irvan, I., & Azis, Z. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 5(1), 36-46.
Ananta, A. S., Azis, Z., & Amri, Z. (2023). Pengaruh Free Discovery Learning dan Collaborative Inquiry pada Berpikir Kritis dan Kolaborasi Siswa. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 64-73.
Agustin, A., & Basri, A. (2024). PENGEMBANGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 25. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(2), 295-301.
Basri, A. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR. PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ), 8(1), 29-33.
Faralia, D., & Basri, A. (2024). Development of Alphabet Word Card Media on Thematic Learning for Elementary School Students. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 868-878.
Faralia, D., & Basri, A. (2024). Development of Alphabet Word Card Media on Thematic Learning for Elementary School Students. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 868-878.
Lubis, N. A. P., Basri, A., & Sari, S. P. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Nida Suksasat Islamic Priciple School. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 405-412.
Mitha, E. D., & Basri, A. (2024). The Effect of Using Flipbook Media on Imaginative Description Paragraph Writing Skills in Elementary School Students. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(3), 1271-1281.
Mitha, E. D., & Basri, A. (2024). The Effect of Using Flipbook Media on Imaginative Description Paragraph Writing Skills in Elementary School Students. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(3), 1271-1281.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats