Efektivitas Layanan Informasi sebagai Tindakan Preventif terhadap Bahaya Merokok Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun ajaran 2021/2022

Rinaldi Muchtar

Abstract


Layanan informasi adalah kegiatan untuk membekali individu pengetahuan tentang lingkungan yang diperlukan dalam memecahkan masalah yang dihadapinya  dan memberikan pemahaman tentang berbagai hal yang diperlukan untuk menjalani suatu tugas atau kegiatan,untuk menentukan arah suatu tujuan atau rencana yang dikehendaki. Penelitian ini bertujuan sebagai tindakan preventif terhadap bahaya merokok siswa di SMP Muhammadiyah 1 Medan. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 yang ingin dicegah terhadap bahaya merokok yang berjumlah 27 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil dalam penelitian adalah pada saat sebelum diberi layanan informasi mencegah bayaha merokok siswa berkisar antara 30%. Pada layanan I pencegahan bahaya merokok siswa mengalami peningkatan sebesar 31% sehingga menjadi rata-rata 61%. Namun, pada pertemuan I pencegahan bahaya merokok belum berada pada kategori baik. Kemudian diterapkan layanan informasi II sebagai tindak lanjut dari hasil refleksi pertemuan I. Seluruh siswa yang menjadi subjek penelitian mengalami peningkatan dalam pencegahan bahaya merokok sebesar 28% sehingga menjadi 89%. Jika dibandingkan dengan data sebelum diterapkan layanan informasi dan pada pertemuan I, pada pertemuan II Seluruh siswa telah berada pada kategori baik, dengan skornya mencapai 89%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Layanan Informasi Sebagai Tindakan Preventif terhadap Bahaya Merokok  Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 dapat dikatakan efektif.

Keywords


Bahaya meroko dan layanan Informasi.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, R. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Padang: UNP Press

Arikunto Suharsimi, dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asbi, A., Hasibuan, M. F., & Sari, M. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Acceptence and Commitment untuk Mengurangi Gaya Hidup Konsumtif. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 5(2), 156-170.

Azkiati, Ade Maya. (2012). “Hubungan Perilaku Merokok dengan Harga Diri Remaja Laki-laki yang Merokok di SMK Putra Bangsa.” Skripsi. Universitas Indonesia.

Deliati, D., & Lesmana, G. (2019). The Increase of Student Learning Interest through the Application of Recitation Methods Assisted by Cyber Counseling Media. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 448-453.

Deliati, D., & Muharmi, T. (2019). Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1-13.

Erismawati. ( 2019) “Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Memberikan Layanan Informasi Sebagai Tindakan Preventif Untuk Mengatasi Kenakalan Remaja Di Mtsn 2 Banda Aceh” Skripsi

Fatimah, Enung. (2006). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia

Fikriyah Samrotul dan Yoyok Febrijanto. (2012) ”Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku merokok pada Mahasiswa laki-laki di asrama putra” dalam jurnal STIKES volume 5 (halaman 100).STIKES RS. Baptis Kediri.

Ghoffar, H. (2019). Analysis of self-consciousness based on the multi-theory perspective. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 3(1), 15-26.

Hasibuan, M. F., Asbi, A., Wastuti, S. N. Y., & Izar, S. L. (2023). Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah Percut Medan. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN, 9(1), 83-90.

Helmi, G. (2017). Upaya guru mata pelajaran dan guru BK dalam mencegah perilaku menyontek (Studi Pada SMA Negeri Se-Kota Padangsidimpuan). Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(3).

Lesmana, G., & Deliati, D. (2022). Parenting Patterns Based on Character Education Against Early Childhood Discipline. Indonesian Journal Education, 1(1), 18-24.

Lesmana, G. (2019). Efforts To Increase Through Self Efficacy With Counseling Services Technical Self Management To Convicted Criminal in Jail Ii B Class Labuhan Deli 2018. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 5(1), 43-47.

Lubis, S., Asbi, A., & Lesmana, G. (2023). PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERSON CENTERED THERAPY UNTUK MENINGKATKAN ETIKA KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(1), 10-20.

Sari, M., Sari, S. P., & Asbi, A. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DAN BLOG TERHADAP KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA. JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, 21(2), 192-198.

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Amini, A. (2022). Analysis of islamic education institutional management. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).

Amini, A., & Kemal, I. (2021). The effect of trust and job satisfaction on citizenship organizational behavior in high school. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1348-1357.

Sulasmi, E., Prasetia, I., & Rahman, A. A. (2023). Government Policy Regarding Education Budget on The Posture of The State Budget (APBN). Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 142-151.

Tanjung, B. N., Dongoran, F. R., & Elfrianto, E. (2023). Efforts To Improve The Quality Of Madrasa Graduates Through Curriculum Management In Islamic Boarding School KH Ahmad Dahlan Sipirok. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats