Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD

Elvina Syavhira, Fadillah Ramadhani Nasution

Abstract


Masih banyak guru yang menggunakan metode pembelajaran konvensional saat melaksanakan proses pembelajaran dan masih kurangnya kemampuan guru dalam mengevaluasi materi yang telah disampaikanmenyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi PKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian Belajar PKn Siswa Kelas V melalui penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas V SD yang berjumlah 34 orang, terdiri atas 15 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Data yang diperoleh/dikumpulkan berupa data yang langsung tercatat selama pembelajaran di kelas. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil temuan menunjukkan nilai rata-rata klasikal yang dicapai pada data awal adalah 68,24 dengan ketuntasan yang dicapai 65%, meningkat pada siklus I menjadi 76,47 dengan ketuntasan yang dicapai 76% dan nilai rata-rata klasikal yang dicapai siklus II yaitu 84,12 dengan ketuntasan 100%. Maka, Model Pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran PKn di Kelas V. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa.


Keywords


Cooperative Learning, Konvensional, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Full Text:

PDF

References


Astriana, M., Murdani, E., & Mariyam, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Operasi Bilangan Pecahan. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 27 – 31. https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i1.206.

Ayala, A. P. (2021). A Learning Design Cooperative Framework to Instill 21st Century Education. Telematics and Informatics, 62. https://doi.org/10.1016/j.tele.2021.101632.

Dahnial, I. (2017). AnalisisKompetensi Guru PKndalamMenerapanKurikulum 2013 di SMP NegeriSekecamatanStabat. JurnalTematik, 6(4), 32-45.

Dahnial, I. (2020). Penerapan model pembelajaran picture and picture terhadappendidikanlingkunganhidup (PLH) untukmeningkatkankomptensi guru di SD negerisekecamatan STABAT. JurnalBerbasisSosial, 1(1), 81-90.

Dahnial, I. (2021). The Effect of Online Learning Based On Socio Scientific Issues (SSi) On Improving Learning Independence and Critical Thinking Students Faculty of Education and Education Science UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara in The Pandemic Covid-19. EduTech: JurnalIlmuPendidikandanIlmuSosial, 7(1), 377098.

Dahnial, I., Dwiningrum, S. I. A., &Wuryandani, W. (2021). Development of Educational Values & Citizenship of Pancasila in Elementary Schools as a Pillar of Character Education in the Disruptive Era 4.0. In PROCEEDING BOOK OF International Virtual Conference on Democracy and Education, hal (pp. 14-22).

Dahnial, I., Hasibuan, S. H., Nasution, D. K., & Daniela, I. R. (2023). Technology Pedagogical Content Knowledge-based learning model in Citizenship Education courses. Jurnal Civics: Media KajianKewarganegaraan, 20(1), 15-25.

Dahnial, I., Nasution, I. S., &Hasibuan, M. F. (2021). Readiness of Parents of Students Against Vaccination During the Covid 19 Pandemic. International Journal of Economic, Technology and Social Sciences (Injects), 2(2), 629-639.

Dahnial, I., Setiawan, D., &Daulat, S. (2017). The Weakness of Civic Education Teacher’s Competency in Curriculum at Senior High School, Stabat, Medan, Indonesia. British Journal of Education, 5(10), 51-61.

Daryanti, D., & Taufina, T. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 484–490. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.368.

Diana Sari, N. L. S., Sudana, D. N., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh VCT Berbantuan Media Sederhana terhadap Hasil Belajar PKn. Journal of Education Technology, 3(2), 49. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21701.

Dongoran, A. R., Siregar, S. M., &Dahnial, I. (2023). IMPLEMENTATION OF PANCASILA EDUCATION TO SHAPE THE CHARACTER OF THE NATION'S CHILDREN IN THE ERA OF GLOBALIZATION. International Journal of Students Education, 2(1), 5-8.

Elfrianto, E., Dahnial, I., &Tanjung, B. N. (2020). The competency analysis of principal against teachers in conducting distance learning in Covid-19 pandemic. JurnalTarbiyah, 27(1).

Fadlan, M. N., Landong, A., Anshor, A. S., &Dahnial, I. (2023). Socialization and training on the use of digital media and digital applications for teracher personality branding in the challenges of Generation Z Era Society 5.0 in Tembung Village, Deli Regency Serdang Province of North Sumatra. Journal of Community Service For Indonesian Society, 1(2), 65-70.

Harni, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw pada Siswa Kelas IV SDN 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 7(2), 108–114. https://doi.org/10.33394/jp.v7i2.2503.

Haromain, Tamba, W., & Suarti, ni ketut alit. (2020). Kemitraan Sekolah dengan Orang Tua dalam Pelaksanaan Pembelajaran dalam Jaringan (Daring). Jurnal Transformasi, 6(2), 82–88. https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/transformasi/article/view/3311.

Hasibuan, A., Wulandari, L., Azhari, P. A., &Dahnial, I. (2023). PenerapanNilai Pancasila PadaSiswa SD GunaMeningkatkanSikapPatriotismeCinta Tanah Air. JurnalInovasiPembelajarandanPendidikan Islam [JIPPI], 1(2).

Hasibuan, H. A., & Indonesia, U. P. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan : Internalisasi Nilai Toleransi untuk Mencegah Tindakan Diskriminatif. Jurnal Pendidikan Kewarganegaran, 9(2), 440–453. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34146.

Hasri, H. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran PKn SMP. Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 109–114.

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359.

Ikhwati, H., Sudarmin, S., & Parmin, P. (2014). Pengembangan Media Flashcard IPA Terpadu dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) Tema Polusi Udara. Unnes Science Education Journal, 3(2).

Prasetia, I., Akrim, A., & Sulasmi, E. (2022). Developing Collaborative-Based Supervision Model Which Accentuates Listening and Responding Skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 709-720.

Prasetia, I., & Adlan, M. (2022). Management of the Literacy Movement Program (LMP) to Improve Reading Culture in Elementary Schools. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 316-322.

Prasetia, I., Lisnasari, S. F., Gajah, N., Sekali, P. B. K., & Rahman, A. A. (2022). Influence of early childhood programs literacy movement on students’ interest and reading ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173-7185.

Prasetia, I., Lisnasari, S. F., Gajah, N., Sekali, P. B. K., & Rahman, A. A. (2022). Influence of early childhood programs literacy movement on students’ interest and reading ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173-7185.

Sulasmi, E., Prasetia, I., & Rahman, A. A. (2023). Government Policy Regarding Education Budget on The Posture of The State Budget (APBN). Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 142-151.

Tanjung, B. N., Dongoran, F. R., & Elfrianto, E. (2023). Efforts To Improve The Quality Of Madrasa Graduates Through Curriculum Management In Islamic Boarding School KH Ahmad Dahlan Sipirok. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).

Amini, A., Marliani, M., Elfrianto, E., & Kemal, I. (2022). Work Motivation and Work Discipline on Teachers’ Performance in State Vocational Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2271-2280.

Sulasmi, E. (2022). Primary school teachers’ digital literacy: An analysis on teachers’ skills in using technological devices. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 140-145.

Sulasmi, E. (2022). IMPLEMENTATION OF FACE-TO-FACE LEARNING (Analysis of Readiness of Parents, Learners and Education Units in Bengkulu city). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).

Amini, A., & Kemal, I. (2021). The effect of trust and job satisfaction on citizenship organizational behavior in high school. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1348-1357.

Amini, A. (2022). Analysis of islamic education institutional management. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats