Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah

Cut Nur Aini Rahmatillah, Ardilla Azzahra Siregar

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa. Namun dalam proses pembelajaran, siswa cenderung kesulitan mengembangkan kemampuannya dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, dan menelusuri faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, angket, tes dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa tertinggi terdapat pada pelaksanaan pemecahan masalah matematika. Sedangkan kesalahan siswa yang paling rendah terdapat pada koreksi pemecahan masalah. Sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, melakukan perhitungan matematis, gaya belajar guru, dan kurangnya respon siswa. Selain itu, kesulitan siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Jadi dapat disimpulkan bahwa masih banyak permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V.


Keywords


Matematika, Pembelajaran, dan Pemecahan.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar (1st ed.). Rineka Cipta.

Agustin, A., Hasibuan, F. S., &Dahnial, I. (2023). THE ROLE OF THE TEACHER IN IMPROVING THE SENSE OF LOVE FOR THE MOTHERLAND IN STUDENTS. International Journal of Students Education, 2(1), 41-44.

Agustin, P. R., & Yuliastuti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(2), 63–70. https://doi.org/10.24269/silogisme.v3i2.1270

Amin, Z., &Dahnial, I. (2021). Utilization of the Kahoot-it Application as a Learning Vehicle Based on Massive Open on Line Course (MOOC) during the Covid-19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4).

Amin, Z., &Dahnial, I. (2022). Media Zoom as an Active Debate Method to Improve Learning Activities in Anthropology Courses at Elementary School Teacher Education Study Program. EduTech: JurnalIlmuPendidikandanIlmuSosial, 8(1), 88-93.

Aulannida, A. M., &Dahnial, I. (2022). The The Influence Of Mind Mapping Method To Increase Learning Motivation Of VI Grade Students In Citizenship Lessons In Al-Munaya Integrated Islamic Elementary School Academic Year 2021-2022. Journal of Elementary School Education, 1-10.

Citroremi Nindy, & Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal

Dahnial, I. (2017). AnalisisKompetensi Guru PKn dalamMenerapanKurikulum 2013 di SMP NegeriSekecamatanStabat. JurnalTematik, 6(4), 32-45.

Dahnial, I. (2020). Penerapan model pembelajaran picture and picture terhadappendidikanlingkunganhidup (PLH) untukmeningkatkankomptensi guru di SD negerisekecamatan STABAT. JurnalBerbasisSosial, 1(1), 81-90.

Dahnial, I. (2021). The Effect of Online Learning Based On Socio Scientific Issues (SSi) On Improving Learning Independence and Critical Thinking Students Faculty of Education and Education Science UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara in The Pandemic Covid-19. EduTech: JurnalIlmuPendidikandanIlmuSosial, 7(1), 377098.

Dahnial, I., &Syamsuyurnita, S. (2022). Educational Technology Resilience in Building Character in Elementary School Teacher Education Study Program in the 21st Century. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 2948-2958.

Dahnial, I., Dwiningrum, S. I. A., &Wuryandani, W. (2021). Development of Educational Values & Citizenship of Pancasila in Elementary Schools as a Pillar of Character Education in the Disruptive Era 4.0. In PROCEEDING BOOK OF International Virtual Conference on Democracy and Education, hal (pp. 14-22).

Dahnial, I., Hasibuan, S. H., Nasution, D. K., & Daniela, I. R. (2023). Technology Pedagogical Content Knowledge-based learning model in Citizenship Education courses. Jurnal Civics: Media KajianKewarganegaraan, 20(1), 15-25.

Dahnial, I., Nasution, I. S., &Hasibuan, M. F. (2021). Readiness of Parents of Students Against Vaccination During the Covid 19 Pandemic. International Journal of Economic, Technology and Social Sciences (Injects), 2(2), 629-639.

Dahnial, I., Setiawan, D., &Daulat, S. (2017). The Weakness of Civic Education Teacher’s Competency in Curriculum at Senior High School, Stabat, Medan, Indonesia. British Journal of Education, 5(10), 51-61.

Dongoran, A. R., Siregar, S. M., &Dahnial, I. (2023). IMPLEMENTATION OF PANCASILA EDUCATION TO SHAPE THE CHARACTER OF THE NATION'S CHILDREN IN THE ERA OF GLOBALIZATION. International Journal of Students Education, 2(1), 5-8.

Elfrianto, E., Dahnial, I., &Tanjung, B. N. (2020). The competency analysis of principal against teachers in conducting distance learning in Covid-19 pandemic. JurnalTarbiyah, 27(1).

Irfan, A., Juniati, D., & Lokito, A. (2018). Profil Pemecahan Masalah Pecahan Siswa SD Berdasarkan Adversity Quotient. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 1–9. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/288

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya (1st ed.). Ghalia Indonesia.

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93– 106. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713

Kurniasari, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Make A Match Berbantuan Media Konkret Kelas 4 SD. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.761

Kurniawan, B. R., Reyza, M., & Taqwa, A. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1451–1457.

Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775

Palupi, H. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Segiempat. Unnes Journal of Mathematics Education., 5(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11400

Pendidikan Matematika Indonesia, 13–18.

Riadi, A., & Retnawati, H. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan HOTS pada Kompetensi Bangun Ruang Sisi Datar Developing Learning Kit to Improve HOTS for Flat Side of Space Competence. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 126–135. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanti, Musdi, E., & Syarifuddin, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Statistika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Statistika. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 305–319.

Umaya, B., Wardhana, M. A., & Setia, Y. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Materi FPB Melalui Media Sandal FPB dalam Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas IV Pembelajaran Secara Daring. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) II. http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/1052

Untari, E. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, 13(1), 1–8.

Prasetia, I., Akrim, A., & Sulasmi, E. (2022). Developing Collaborative-Based Supervision Model Which Accentuates Listening and Responding Skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 709-720.

Prasetia, I., Akrim, A., & Sulasmi, E. (2022). Developing Collaborative-Based Supervision Model Which Accentuates Listening and Responding Skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 709-720.

Prasetia, I., & Adlan, M. (2022). Management of the Literacy Movement Program (LMP) to Improve Reading Culture in Elementary Schools. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 316-322.

Prasetia, I., Lisnasari, S. F., Gajah, N., Sekali, P. B. K., & Rahman, A. A. (2022). Influence of early childhood programs literacy movement on students’ interest and reading ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173-7185.

Prasetia, I., Lisnasari, S. F., Gajah, N., Sekali, P. B. K., & Rahman, A. A. (2022). Influence of early childhood programs literacy movement on students’ interest and reading ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173-7185.

Sulasmi, E., Prasetia, I., & Rahman, A. A. (2023). Government Policy Regarding Education Budget on The Posture of The State Budget (APBN). Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 142-151.

Tanjung, B. N., Dongoran, F. R., & Elfrianto, E. (2023). Efforts To Improve The Quality Of Madrasa Graduates Through Curriculum Management In Islamic Boarding School KH Ahmad Dahlan Sipirok. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).

Amini, A., Marliani, M., Elfrianto, E., & Kemal, I. (2022). Work Motivation and Work Discipline on Teachers’ Performance in State Vocational Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2271-2280.

Sulasmi, E. (2022). Primary school teachers’ digital literacy: An analysis on teachers’ skills in using technological devices. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 140-145.

Sulasmi, E. (2022). IMPLEMENTATION OF FACE-TO-FACE LEARNING (Analysis of Readiness of Parents, Learners and Education Units in Bengkulu city). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).

Amini, A., & Kemal, I. (2021). The effect of trust and job satisfaction on citizenship organizational behavior in high school. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1348-1357.

Amini, A. (2022). Analysis of islamic education institutional management. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats