Peningkatan Sikap Nasionalisme pada Siswa Kelas V melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Metode Problem Based Learning di SDS Bina Satria Mulia

Tsabitah Humairah Azzahra, Cut Fathimah Nur Afifah

Abstract


Penelitian ini didorong oleh pengalaman lapangan keterbatasan guru dalam menerapkan metode pembelajaran. Pembelajaran di kelas lebih menekankan aspek kognitif, sehingga aspek-aspek afektif dan konatif seolah diabaikan. Hal tersebut diduga merupakan penyebab dari rendahnya sikap nasionalisme pada pembelajaran PKn.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap nasionalisme siswa kelas V SDS Bina Satria Mulia tahun ajaran 2023/2024 semester ganjil pada mata pelajaran PKn melalui metode Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDS Bina Satria Mulia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, aksi, observasi dan refleksi. Peneliti menggunakan metode Problem Based Learning untuk mengatasi masalah rendahnya sikap nasionalisme. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala sikap untuk mengetahui sikap nasionalisme siswa dan didukung dengan observasi. Berdasarkan hasil skor yang diperoleh dari penelitian kondisi awal adalah 62,7, kemudian pada siklus I sebesar 76,3 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 88,8. Selisih dari kondisi awal ke siklus I sebesar 13,6 dan selisih dari kondisi awal ke siklus II sebesar 26,1. Persentase jumlah siswa yang memiliki sikap nasionalisme minimal cukup pada kondisi awal adalah 26,47%, meningkat pada siklus 1 menjadi 97,06% dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap nasionalisme kelas V SDS Bina Satria Mulia.


Keywords


Sikap Nasionalisme, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Aqib, Z. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya

Arikunto, S. 2006. Manajemen Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta

Aulannida, A. M., &Dahnial, I. (2022). The The Influence Of Mind Mapping Method To Increase Learning Motivation Of VI Grade Students In Citizenship Lessons In Al-Munaya Integrated Islamic Elementary School Academic Year 2021-2022. Journal of Elementary School Education, 1-10.

Budiyono, K. 2007. Nilai-Nilai Kepribadian dan Kejuangan Bangsa Indonesia. Bandung: Alfabeta

Dahnial, I., &Syamsuyurnita, S. (2022). Educational Technology Resilience in Building Character in Elementary School Teacher Education Study Program in the 21st Century. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 2948-2958.

Dahnial, I. (2021). The Effect of Online Learning Based On Socio Scientific Issues (SSi) On Improving Learning Independence and Critical Thinking Students Faculty of Education and Education Science UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara in The Pandemic Covid-19. EduTech: JurnalIlmuPendidikandanIlmuSosial, 7(1), 377098.

Habibi., Pitana, T.S., Susanto. (2018). Protecting National Identity Based On The Value Of Nation Local Wisdom. International Journal of Malay-Nusantara Studies,1(2), 24-40.

Hamruni. 2012. Startegi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani. par.ac.id/index.php/melintas/article/view/266

Hanafiah, Nanang. 2009. Konsep Metode pembelajaran. Bandung: Refika Utama

Kemendiknas. (2010). Rencana Aksi Pendidikan Nasional Pendidikan Karakter. Jakarta

Rokhman, F., Syaifudin, A., Yulianti. (2013). Character Education For Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161-1165

Sriwilujeng, D. 2017. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Esensi.

Prasetia, I., Akrim, A., & Sulasmi, E. (2022). Developing Collaborative-Based Supervision Model Which Accentuates Listening and Responding Skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 709-720.

Prasetia, I., & Adlan, M. (2022). Management of the Literacy Movement Program (LMP) to Improve Reading Culture in Elementary Schools. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 316-322.

Prasetia, I., Lisnasari, S. F., Gajah, N., Sekali, P. B. K., & Rahman, A. A. (2022). Influence of early childhood programs literacy movement on students’ interest and reading ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173-7185.

Prasetia, I., Lisnasari, S. F., Gajah, N., Sekali, P. B. K., & Rahman, A. A. (2022). Influence of early childhood programs literacy movement on students’ interest and reading ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173-7185.

Sulasmi, E., Prasetia, I., & Rahman, A. A. (2023). Government Policy Regarding Education Budget on The Posture of The State Budget (APBN). Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 142-151.

Tanjung, B. N., Dongoran, F. R., & Elfrianto, E. (2023). Efforts To Improve The Quality Of Madrasa Graduates Through Curriculum Management In Islamic Boarding School KH Ahmad Dahlan Sipirok. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).

Amini, A., Marliani, M., Elfrianto, E., & Kemal, I. (2022). Work Motivation and Work Discipline on Teachers’ Performance in State Vocational Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2271-2280.

Sulasmi, E. (2022). Primary school teachers’ digital literacy: An analysis on teachers’ skills in using technological devices. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 140-145.

Sulasmi, E. (2022). IMPLEMENTATION OF FACE-TO-FACE LEARNING (Analysis of Readiness of Parents, Learners and Education Units in Bengkulu city). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).

Amini, A., & Kemal, I. (2021). The effect of trust and job satisfaction on citizenship organizational behavior in high school. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1348-1357.

Amini, A. (2022). Analysis of islamic education institutional management. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats