Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Mts Ar-Ridha Medan

Suhamri Nasution

Abstract


Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan representasi matematis siswa Mts Ar-Ridha Medan T.P 2022/2023 dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Alat yang digunakan adalah tes dan observasi kegiatan belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan Kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen Mts At-Ridha Medan  T.P 2022/2023 yang terdiri dari 27 siswa serta 28 siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan ekpresif siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa: (1) Penerapan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dengan nilai rata-rata N-Gain 0.43 yang tergolong “sedang”. (2) Dari hasil uji t sampel indenpenden nilai  atau 7,0>1,675. Dengan demikian dapat disimpulkan kemampuan representasi matematis siswa yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang mendapat perlakuan pembelajaran konvensional.


Full Text:

PDF

References


Afifah, N., Batubara, I. H., & Harahap, T. H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Investigasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Afifah, N., Harahap, E. M., & Nasution, D. Y. (2021). ANALISIS MAKNA SEMANTIK BAHASA JAWA TERHADAP BAHASA INDONESIA DI DESA HAPESONG BARU. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(1), 66-77.

Al Krismanto. (2013). Beberapa Teknik, Model, Dan Strategi Dalam Pembelajaran Matematika. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika,.

Amri, Z., & Hadi, R. (2020). Pembentukan Graf Berdasarkan Benda Langit (Bintang) dengan Selisih Nilai MagnitudeTertentu di OIF UMSU. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(1), 24-33.

Amri, Z., Aulia, A., Syella, A., Pratamal, H., & Ramadhani, S. (2018). PELABELAN HARMONIS GANJIL PADA GRAF 2S_n [(C] _4, n). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(1).

Andi Hakim Nasution. (1982). Landasan Matematika. Bhratara.

Andri Suryana. (2012). Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (Advanced Mathematical Thinking) dalam Mata Kuliah Statistika Matematika 1. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UNY.

Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 13-17.

Batubara, I. H. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Sofware Geogebra. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 43-53.

Caroline Hodges Persell. (1979). Educations and Inequality (The Free Press (ed.)). The Roots and Results of Strattification in America’s Schools.

Chung Shan. (n.d.). “Applying Problem-based Learning (PBL) in University English Translation Classes. The Journal of International Management Studies, Vol 7.

Darhim. (1991). Pendidikan Matematika 2. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.

Duch. (2001). The power of problembased learning. Sterling. VA: Stylus.

Goldin, G. (2002). Representation in Mathematical Learning and Problem Solving, dalam Lyn D. English. Lawrence Erlbaum Associates.

Prasetia, I., Akrim, A., & Sulasmi, E. (2022). Developing Collaborative-Based Supervision Model Which Accentuates Listening and Responding Skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 709-720.

Prasetia, I., & Adlan, M. (2022). Management of the Literacy Movement Program (LMP) to Improve Reading Culture in Elementary Schools. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 316-322.

Prasetia, I., Lisnasari, S. F., Gajah, N., Sekali, P. B. K., & Rahman, A. A. (2022). Influence of early childhood programs literacy movement on students’ interest and reading ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173-7185.

Prasetia, I., Lisnasari, S. F., Gajah, N., Sekali, P. B. K., & Rahman, A. A. (2022). Influence of early childhood programs literacy movement on students’ interest and reading ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173-7185.

Sulasmi, E., Prasetia, I., & Rahman, A. A. (2023). Government Policy Regarding Education Budget on The Posture of The State Budget (APBN). Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 142-151.

Tanjung, B. N., Dongoran, F. R., & Elfrianto, E. (2023). Efforts To Improve The Quality Of Madrasa Graduates Through Curriculum Management In Islamic Boarding School KH Ahmad Dahlan Sipirok. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).

Amini, A., Marliani, M., Elfrianto, E., & Kemal, I. (2022). Work Motivation and Work Discipline on Teachers’ Performance in State Vocational Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2271-2280.

Sulasmi, E. (2022). Primary school teachers’ digital literacy: An analysis on teachers’ skills in using technological devices. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 140-145.

Sulasmi, E. (2022). IMPLEMENTATION OF FACE-TO-FACE LEARNING (Analysis of Readiness of Parents, Learners and Education Units in Bengkulu city). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).

Amini, A., & Kemal, I. (2021). The effect of trust and job satisfaction on citizenship organizational behavior in high school. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1348-1357.

Amini, A. (2022). Analysis of islamic education institutional management. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats