Penjabaran Arti Simbol Illuminati Dalam Video Klip (Suatu Kajian Semiotik Terhadap Simbol Kelompok Illuminati)

Gifiyan Dwi Ananda Sholihin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna di dalam simbol Illuminati yang terdapat dalam video klip. Video klip tersebut adalah video klip Agnez Mo yang berjudul Long As I Get Paid. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori semiotik Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapatnya simbol dari kelompok Illuminati. Simbol tersebut ditunjukan sangat jelas pada aksesori serta gerakan-gerakan tertentu yang mendukung akan simbol kelompok Illuminati. Simbol-simbol tersebut yaitu (1) Baphomet memiliki makna Bahwa simbol tersebut adalah Dewa pagan jahat yang menguasai ilmu-ilmu terlarang, seperti ilmu sihir, satanisme dan okultisme, (2) Pyramid Sign or ROC Symbol (Simbol Piramida atau Simbol ROC) memiliki makna representasi gerakan tangan untuk mewakili salahsatu atau banyak simbol Illuminati, (3) Simbol All Seeing Eye memiliki makna simbol yang merepresentasikan Tuhan, (4) Tangan di atas Payudara memiliki makna tanda tunduknya dan sikap yang mencerminkan seorang budak kepada Tuan nya, (5) Crossed at Wrist (X) memiliki makna mengikat atau terikat, (6) Tangan di atas leher memiliki makna pengorbanan seseorang atau sekelompok orang (7) Ular, Naga dan Reptil memiliki makna memberikan pengetahuan terlarang yang digunakan sebagai umpan Illuminati.


Keywords


Semiotik; Illuminati; Agnez Mo Long As I Get Paid

Full Text:

PDF

References


Butar-butar, Charles. 2018. Semantik: Teori dan Praktek. Medan: Perdana Publishing.

Febriyana, M., Amalia, N., & Deliati, D. (2018, December). The Management of School Libraries Muhammadiyah. In International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2018) (pp. 578-582). Atlantis Press.

Ferbriyana, M., Artha, D. J., & Sitompul, D. N. (2020). Pelatihan Penyusunan Individualized Education Program (IEP) untuk Peningkatan Profesionalisme Guru-Guru Sekolah Sahabat Al Qur’an Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 179-186.

Kemal, I. (2013). Kemampuan Menulis Surat Dinas. Jurnal Metamorfosa, 1(1), 1-10.

Kemal, I. (2013). Makna Kontekstual Bahasa Iklan Rokok di Televisi. Visipena, 4(1), 1-20.

Kemal, I. (2013). Peningkatan kemampuan menganalisis unsur intrinsik teks drama dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Jurnal Metamorfosa, 1(2), 45-55.

Kemal, I. (2015). ANALISIS SWOT SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH. Visipena, 6(1), 122-132.

Kemal, I. (2018). Analisis Tokoh dan Penokohan dalam Hikayat Muda Balia Karya Teuku Abdullah dan M. Nasir. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2).

Kemal, I., & Fitri, R. (2015). Analisis nilai pendidikan karakter dalam novel diantara asa, cinta dan cinta karya isa elfath. Jurnal Metamorfosa, 3(2), 45-57.

Kemal, I., & Hasibuan, R. A. (2017). Manajemen kewirausahaan melalui strategi berbasis sekolah di Islamic Solidarity School. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(1), 71-81.

Kemal, I., & Huda, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Mendongeng Pada Kelompok B di TK Al-Ikhlas Lamlhom Kecamatan Lhoknga Aceh Besar. Jurnal buah hati, 1(2), 51-85.

Kemal, I., & Nurbaya, S. (2017). PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENULIS PANTUN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS IV SD NEGERI 70 BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa, 4(1), 14-29.

Kemal, I., & Rosyidi, U. (2019). Management of Lecturers Resource Development at Higher Education. International Journal of Higher Education, 8(5), 246-256.

Kemal, I., & Setyanto, E. (2017). The effectivenes of managerial skills of state elementary school principals in East Jakarta. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 5(2), 157-168.

Marrs, Texe. 2005. Codex Magic: Secret Signs, Mysterious Symbols, And Hidden Codes of The Illuminati.

Mayasari, L. I., & Kemal, I. (2020). Does Organisational Culture and Creativity Influence Principal’s Decision Making?. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 14(2), 625-639.

Mayasari, L. I., & Kemal, I. (2020). The role of teachers in implementing distance learning in the middle of the covid-19 plague. Systematics Review in Pharmacy, 11(12), 1553-1557.

Mutaleb, A., & Kemal, I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) dalam Meningkatkan Membaca Siswa Kelas V SD Negeri 10 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Tunas Bangsa, 1(2), 44-69.

Rahayu, E., Febriyana, M., & Tussadiah, H. (2019). Analysis of Powtoon-Based Learning Media Development in Indonesian Language Subjects.

Rizka, Rona. 2016. Illuminati Symbol Representation In Desaign Shirt Aye! Denim.

Rusliana, Poppy. Lestari, Puji. 2019. Teori Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press. Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan.

Sahudra, T. M., Taher, A., & Kemal, I. (2021). E-Learning Development Management with The Schoology Improving Geographic Learning Literation. Journal of Education Technology, 5(1), 70-75.

Saragih, Amrin. 2019. Semiotik Bahasa: Tanda, Penandaan dan Petanda dalam Bahasa. Medan: Mahara Publishing.

Seto Wahyu Wibowo, Indiawan. 2013. Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Setyanto, E., Kemal, I., Suryadi, M., & Soefiajanto, T. A. (2020). Management of Culture-Based Education in the Special Region of Yogyakarta. Journal of Talent Development and Excellence, 12(1), 2485-2496.

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Rosda Karya.

Sutanto, T. 2005. Sekitar dunia Desain Grafis/Komunikasi Visual. Jurnal DKV. ITB: Bandung.

Tinarbuko, Sumbo. 2009. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Tussadiah, H., & Febriyana, M. (2021). The Analysis of the Effectiveness of Team Type Cooperative Learning Model Tournament (TGT) Based on the Snake and Ladder Game Media in Indonesian Literature Online Material during the Covid-19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute(BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 780-786.

Wahyu Wiowo, Indiawan. 2013. Semiotika Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Winarti, M., & Febriyana, M. (2019). EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO PADA MATERI MENULIS DONGENG DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UMSU. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 225-231.

Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Audiovisual Dan Nonaudiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 61-67.

Yanuana Ahmad, Samantho. 2017. Illuminati Asia: Sejarah Jaringan Konspirasi Kejahatan Internasional Freemansory Di Asia. Dayt Al Hikmah: Institute Press.

Yulistianti, Ana. 2008. Bekerja Sebagai Desainer Grafis. Jakarta: Erlangga.

Yunita Lestari, Winda. Susanto, Freddy. 2019. Simbol Illuminati dalam Video Klip.

Tanjung, B. N., Dongoran, F. R., & Elfrianto, E. (2023). Efforts To Improve The Quality Of Madrasa Graduates Through Curriculum Management In Islamic Boarding School KH Ahmad Dahlan Sipirok. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).

Amini, A., Marliani, M., Elfrianto, E., & Kemal, I. (2022). Work Motivation and Work Discipline on Teachers’ Performance in State Vocational Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2271-2280.

Sulasmi, E. (2022). Primary school teachers’ digital literacy: An analysis on teachers’ skills in using technological devices. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 140-145.

Amini, A., & Kemal, I. (2021). The effect of trust and job satisfaction on citizenship organizational behavior in high school. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1348-1357.

Amini, A. (2022). Analysis of islamic education institutional management. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.

Akrim, A. (2021). An Investigation Of Islamic Students' Learning Habits. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2301-2308.

Akrim, A. (2022). A new direction of Islamic education in Indonesia: Opportunities and challenges in the Industrial Revolution Era 4.0. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 35-48.

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Nurzannah, N., Syamsuyurnita, S., & Pasaribu, M. (2023). Pengembangan Silabus dan Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Kemuhammadiyahan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats