Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievment Division DAN TIPE Numbered Head together Di SMA PAB 6 Helvetia

Dwi Andhika Riandi

Abstract


Tinjauan ini bertujuan untuk menegaskan bahwa kemampuan relasional numerik siswa yang belajar dengan model pembelajaran tipe numbered head together lebih unggul daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran tipe pembagian prestasi belajar kelompok di kelas X SMA PAB 6 Helvetia. Jumlah penduduk dalam eksplorasi ini adalah seluruh kelas X IPA yang terdiri dari X ipa-1 sebagai kelas eksplorasi I yang mengetahui bagaimana memanfaatkan model pembelajaran tipe numbered head together dan kelas X ipa-2 sebagai kelas uji coba kedua yang terbiasa menggunakan model pembelajaran tipe siswa teams achievment division. Alat sebagai pretest dan posttestd berupa essay dan sudah validasi oleh guru mathematika. SMA PAB 6 Helvetia dan 2 dosen.jurusan.pendidikan.matematika. FKIP UMSU. Nilai normal pretest kelas uji coba I adalah 42,90123457 dan nilai normal pretest dari uji coba kelas II adalah 41.35802469 dari hasil penyelidikan informasi pretest yang biasanya tersebar dan homogen. Nilai normal. Tes akhir. Uji coba kelas I adalah 87.030703704 dan nilai normal posttest untuk kelas eksplorasi II adalah 78.08641975. Dari konsekuensi pemeriksaan, informasi posttest biasanya disesuaikan dan homogen. Setelah menunjukkan spekulasi di pretest, thitung (0,38861038) diperoleh tergantung pada langkah-langkah – t tabel (- 2,21) < t hitung (0,38861038)< t tabel (2,21). Selanjutnya H0 diakui sehingga tidak ada perbedaan antara uji coba kelas I   dan uji coba kelas II. Pengujian spekulasi diarahkan pada posttest , diperoleh t hitung (2,2714553065) berdasarkan   standar t hitung (2,2714553065) < t tabel (2,21). Jadi H0 ditolak dan Ha diakui sehingga cenderung beralasan bahwa kemampuan   relasional numerik siswa yanga belajar dengan model pembelajaran   numbered   head   together lebih   unggul daripada  siswa yang belajar dengan model pembelajaran pembagian prestasi kelompok siswa.

Keywords


NHT; STAD; Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus, & Mulyati.T. (2018). Pembelajaran Literasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Anglada, D. 2007. ”An Introduction to Instructional Design: Utilizing a Basic Design Model”. Tersedia pada http://www.pace.edu/ctlt/newsletter (diakses tanggal 17 Sepember 2007).

Batubara, I. H., Nasution, M. D., & Wahyuni, S. (2020, October). Improving Mathematical Reasoning Ability Through Guided Discovery Methods Assisted By Autograph Software. In Proceeding on International Conference of Science Management Art Research Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 71-77).

BNSP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: Nasional Standar Pendidikan.

Doly, N. M. (2021, February). Students’ perception on learning mathematic during the time of covid 19. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1778, No. 1, p. 012036). IOP Publishing.

Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp). Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 8-12.

Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2015). Penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Refresentasi Matematika Siswa. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Lailatul Fajriyah, Y. N. (februari). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal On Education , hal 288-296.

Nasution, M. D., & Nasution, E. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH METODE NUMERIK DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBANTUAN MATLAB. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Nasution, M. D., Nasution, E., & Haryati, F. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan MATLAB. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 69-80.

Nasution, M. D. (2021). Beliefs of mathematics teachers on motivation and action learning models in classroom learning process: indonesian perspective. Educational Sciences: Theory & Practice, 21(1), 155-166.

Nasution, M. D. (2008). Pengembangan Metode Data Envelopment Analysis Untuk Menentukan Efisiensi.

Nasution, M. D., Ahmad, A., & Mohamed, Z. (2021). PRE SERVICE TEACHERS’PERCEPTION ON THE IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING IN MATHEMATIC CLASS. Infinity Journal, 10(1), 109-120.

Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Pab 9 Klambir V TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(2), 46-54.

Nasution, M. D., & Sari, E. T. (2019). The Influence of Cycle Learning Model on Mathematics Learning Motivation in Private Vocational School Students Harapan Mekar Medan Marelan TP 2017/2018. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1), 44-57.

Nasution, M. D. (2017, October). Approaches to School Supervision in Indonesian Context. In 4th Asia Pacific Education Conference (AECON 2017) (pp. 6-9). Atlantis Press.

Nasution, M. D., Mawengkang, H., Kamil, A. A., Efendi, S., & Sutarman. (2020). Sample median approximation on stochastic data envelopment analysis. International Journal of Agile Systems and Management, 13(3), 279-295.

Nasution, M. D. (2020). Pendekatan Sampel Median (Sample Median Approximation) pada Stochastic Data Envelopment Analysis (SDEA).

Nasution, M. D., Batubara, I. H., Siregar, Z., & Rimbawati, R. (2021). Pemberdayaan Kelompok Pembatik Sebagai Upaya Pengembangan Kearifan Lokal Di Desa Perjaga Pakpak Bharat. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(2), 213-219.

Nasution, M. D., & Prastika, C. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make-A Match (Mam) Pada Materi Limit Fungsi Di Kelas XI MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 8-15.

Novriani, M. R., Nasution, M. D., & Surya, E. (2017). Implementation Strategy Instant Assessment To Increase Activity and Result of Learning Mathematics of Al Maksum Junior High School Student. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 53-60.

Panggabean, S., Nasution, E., Nasution, M. D., & Harahap, T. H. (2020). Mathematical Concepts in “Desa Na Ualu” Batak Toba Tribe. In Proceeding International Conference on Language and Literature (IC2LC) (pp. 151-157).

Akrim, A. (2021). An Investigation Of Islamic Students' Learning Habits. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2301-2308.

Akrim, A. (2022). A new direction of Islamic education in Indonesia: Opportunities and challenges in the Industrial Revolution Era 4.0. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 35-48.

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

asaribu, M., & Harfiani, R. (2021). Vocational Education At Special School In North Sumatra. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1335-1347.

Pratiwi, S. N., Prasetia, I., & Gajah, N. (2022). Literacy Culture in Elementary Schools: The Impact of the Literacy Movement Program and Library Facilities. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 786-794.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats