Efek Layanan Informasi Terhadap Keterbukaan Diri Dalam Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas VIII Smp Muhammadiyah 48 Medan T.A 2019/2020

Desi Ulan Utari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Layanan Informasi Terhadap Keterbukaan Diri Dalam Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 48 Medan Tahun Ajaran 2019-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa dan sampel yang diambil dengan menggunakan teknik samplig purposive yaitu sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi dan angket. Keterbukaan diri dalam komunikasi interpersonal pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 48 Medan 2019-2020 sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dapat dikatakan keterbukaan diri dalam komunikasi interpersonal siswa berada pada tingkat cenderung rendah yaitu berada pada skor rata-rata 53,6. Setelah diberikan perlakuan (post-test) keterbukaan diri dalam komunikasi interpersonal siswa mengalami peningkatan yang cenderung tinggi yaitu berada pada skor rata-rata 66. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa thitung = 4,90. Harga thitung tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel yaitu 1,699 dengan d.b = n-1 = 30-1 pada taraf nyata a = 0,05. Selanjutnya Ha diterima jika thitung > ttabel. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa thitung = 4,90 dan ttabel = 1,699, maka berarti tthitung > ttabel (4,90 > 1,699). Jadi dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Dengan demikian maka diperoleh hasil bahwa Pengaruh Pemberian Layanan Informasi Terhadap Keterbukaan Diri Dalam Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 48 Medan Tahun Ajaran 2019-2020.


Keywords


Layanan Informasi, Keterbukaan Diri Dalam Komunikasi Interpersonal

Full Text:

PDF

References


Abidin Zainal & Sugeng Purbawanto. 2015. Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di SMK Negeri 4 Semarang. Jurnal Edu Elektrika Journal. Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Febriyana, M., & Winarti, W. (2018, November). The Influence Of The Power Of Two Learning Strategy On The Writing Pantun Ability Of Students Of Indonesian Language And Literature Education Program FKIP UMSU. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 195-198).

Febriyana, M., Amalia, N., & Deliati, D. (2018, December). The Management of School Libraries Muhammadiyah. In International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2018) (pp. 578-582). Atlantis Press.

Ferbriyana, M., Artha, D. J., & Sitompul, D. N. (2020). Pelatihan Penyusunan Individualized Education Program (IEP) untuk Peningkatan Profesionalisme Guru-Guru Sekolah Sahabat Al Quran Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 179-186.

Gainau, Maryam B. 2009. Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Siswa dalam Perspektif Budaya dan Implikasinya bagi Konseling. E-Journal STAKPN Papua, (Online), Vol. 33, No. 1.

Hanifa, Sania Nur. 2013. Meningkatkan Keterbukaan Diri dalam Komunikasi Antar Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Johari Window pada Siswa Kelas XI IS 1 SMA Walisongo Pecangaan Jepara Tahun Ajaran 2011/2012.Skripsi tidak dipublikasikan. Jepara: Universitas Negeri Semarang

Hariani, P. P., Wastuti, S. N. Y., Mahdalena, L., & Barus, W. I. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hayati, I., Wastuti, S. N. Y., & Manik, J. R. (2021). Peningkatan Ketahanan Pangan Keluarga Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Berkale(Ember Kangkung Dan Lele) Di Wilayah Pimpinan Cabang Aisyiyah Percut Sei Tuan. Prosiding SNasPPM, 6(1), 697-701.

Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jamila, M., Hasibuan, M. F., Wastuti, S. N. Y., & Psi, S. (2021). Bimbingan Dan Konseling Untuk Studi Kasus Siswa Di Sekolah:(Panduan Teori Dan Praksis Bagi Guru/Konselor Di SMP). umsu press.

Karina, Septalia M. 2012. Pengaruh Keterbukaan Diri terhadap Peneriman Sosial pada Anggota Komunitas Backpacker Indonesia Regional Surabaya dengan Kepercayaan terhadap Dunia Maya sebagai Intervening Variabel. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, (Online), Vol.1 No. 2.

Lahmuddin, L., Wastuti, S. N. Y., & Jamila, J. (2021). Application of the Five-Soul Philosophy of Values in Forming Responsive and Active Individuals in Anticipating the Covid 19 Outbreak. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(1), 110-116.

Lesmana, G., & Wastuti, S. N. Y. (2021, September). Optimization of Student Career Planning through Self-Management Guidance Technique Based on Mindmapping Imindmap V4. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 3, pp. 59-63).

Maysaroh, 2020. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Terhadap Berpikir Positif Dalam Pembelajaran Siswa SMA Negeri 21 Medan. Jurnal Empathy: Guidance and Counseling Journal. Vol1, Maret 2020, ISSN 2722-0893.

Pratiwi, S. N., Wastuti, S. N. Y., & Jamila, J. (2021). Self Management in Improving the Quality of Lecturers. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(3), 247-253.

Pratiwi, S. N., Wastuti, S. N. Y., & Jamila, J. (2022). Kepemimpinan Transformasional dalam Menghadapi Era Digitalisasi. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 5(1).

Rahayu, E., Febriyana, M., & Tussadiah, H. (2019). Analysis of Powtoon-Based Learning Media Development in Indonesian Language Subjects.

Shurur, Miftachush. 2016. Hubungan Antara Keterbukaan Diri (Self Disclosure) dan Intensi Memanfaatkan layanan bimbingan konseling terhadap perilaku agresif pada remaja. E-Journal Psikologi. (online) Vol. 4 NO. 3.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suranto, Aw. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tohirin. 2017. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Tussadiah, H., & Febriyana, M. (2021). The Analysis of the Effectiveness of Team Type Cooperative Learning Model Tournament (TGT) Based on the Snake and Ladder Game Media in Indonesian Literature Online Material during the Covid-19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute(BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 780-786.

Wastuti, S. N. Y. (2011). Hubungan Komitmen Organisasi, Moril Kerja dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Karyawan PT. Bank Sumut Cabang Utama Medan.

Wastuti, S. N. Y. (2018). Efikasi Diri terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirtanadi Unit Instalasi Pengolahan Air Sunggal. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 35-42.

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.

Wastuti, S. N. Y., & Pangaribuan, A. H. (2020). Upaya Pencegahan Perilaku Konsumtif Melalui Layanan Informasi Menggunakan Teknik Audio Visual. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 43-51.

Wastuti, S. N. Y., & Siregar, I. K. (2021, August). Implementasi Kebijakan SE Kemendikbud No. 4 Tahun 2020 Tentang Pembelajaran Daring Melalui Model Logik Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMP Negeri 2 Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 914-922).

Willis, Sofyan S. 2010. Konseling Individual Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta

Winarti, M., & Febriyana, M. (2019). EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO PADA MATERI MENULIS DONGENG DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UMSU. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 225-231.

Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Audiovisual Dan Nonaudiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 61-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats