Analisis Antropologi Sastra Novel Kkn Desa Penari Karya Simpleman
Abstract
Penalitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral dalam novel KKN di Desa Penari Karya Simpleman. Sumber data penelitian ini adalah novel KKN di Desa Penari Karya Simpleman yang memiliki 260 halaman diterbitkan oleh PT Bukune Kreatif Cipta, cetakan kedua Oktober 2019. Data penelitian ini adalah nilai moral dalam novel KKN Desa Penari Karya Simpleman. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan cara mengumpulkan data, mendeskripsikan data, dan menganalisis data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah membaca berulang-ulang novel, menghayati, memahami, mengumpulkan data, menggaris bawahi, mendeskripsikan, dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ditemukan nilai moral yang di dalamnya terdiri atas nilai moral hubungan antara manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan manusia. Pada penelitian ini nilai moral hubungan manusia dengan manusia yang paling banyak ditemukan, adalah moral baik tolong menolong.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N. (2021). APLIKASI FLASH PLAYER BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE READER. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).
Amini, A., SYAMSUYURNITA, S., & HASNIDAR, H. (2018). MODEL MANAJEMEN PEMBERDAYAAN TABUNGAN SISWA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Amini, A., Syamsuyurnita, S., & Hasnidar, H. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Terintegrasi Pada Tingkat Pendidikan Dasar di Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Aztry, A. (2020). Model Student Facilitator and Explaining dalam Kemampuan Menulis Argumentatif. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 7-14.
Aztry, A., & Winarti, W. (2018). PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Aztry, A., & Winarti, W. (2018). PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1)
Butar-butar, C., Syamsuyurnita, S., & Isman, M. (2018). REKONSTRUKSI DAN REVITALISASI CERITA RAKYAT SEBAGAI PEWARIS BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL DENGAN PENDEKATAN SITUS MITOS PADA MASYARAKAT BATAK TOBA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Fananie, Zainuddin. 2001. Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Hayati, F., Amri, Y. K., & Amalia, N. (2020). Pembinaan Karya Ilmiah Remaja Dengan Menggunakan Metode Tutorial Pada Guru SMA Sekolah Muhammadiyah Sektor Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 27-34.
Ihsan, Bisarul (dkk). 2018. Kajian Antropologi Sastra dalam Novel Ranggalawe: Mendung di Langit Majapahit Karya Gesta Bayuadhy. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 4 (1). Hal. 33-40.
Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kosasih, Engkos. 2006. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Ratna, Nyoman Kutha. 2017. Antropologi Sastra Peranan Unsur-unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sastromiharjo, Andoyo. 2011. Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Yudhistira.
Siregar, F. S., & Aztry, A. (2018). STUDI KOMPARASI BAHASA MELAYU DELI DENGAN BAHASA INGGRIS PADA TINDAK TUTUR ILOKUTIF KOMUNIKASI UJARAN BERBASA-BASI. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Wicaksono, Andri. 2017, Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawacana.
Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Audiovisual Dan Nonaudiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 61-67.
Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Audiovisual Dan Nonaudiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 61-67.
Winarti, W., & Izar, S. L. (2020). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA KULIAH MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS PUISI DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-6.
Winarti, W., & AZTRY, A. (2018). Penanaman Konsep Ilmu Keguruan Dan Pembentukan Karakter Calon Guru Bahasa Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Berbasis Rumpun Model Sosial. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats