Analisis Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Pada Siswa

Fiska Rezeki Wiranti

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metodologi penelitian Library Research, dengan tujuan mengetahui hasil Analisis Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa. Penelitian ini didasarkan atas terjadinya siswa yang kurang paham akan meningkatkan berfikir kritis. Berdasar pada hasil analisis terhadap jurnal tersebut menyatakan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran pada siswa, dengan adanya pemecahan berfikir kritis/kreatif tersebut siswa mudah menanggapkan permasalahan dengan baik dan mendapatkan hal yang positif, dan layak untuk siswa tersebut menggunakan model itu untuk dapat memecahkan permasalahan yang ada. Hasil Penelitian menyatakan bahwa Creative Problem Solving untuk meningkatkan berfikir kritis siswa sangat bagus untuk memecahkan permasalahan pada siswa dan ada hal positif terlihat pada penelitian-penelitian di atas. Model itu sangat mempunyai peran yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya model pembelajaran ini, siswa diharap dapat terbantu dalam memecahkan permasalahan yang ada pada siswa tersebut. Maka dari penggunaan model creative problem solving sangat layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Model ini juga sudah di uji adanya hal positif oleh peneliti sebelumnya dan mendapatkan hasil yang layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar guna untuk memecahkan permasalahan.


Keywords


Creative Problem Solving, Berfikir Kritis Pada Siswa.

Full Text:

PDF

References


Adynyana,Gege Putra. 2012. Keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa pada model siklus belajar hipotesis deduktif. Jurnal pendidikan dan pengajaran, jilid 45, nomor 3, hlm.201-2019.

Anggriani, T. U., & Effendi, S. (2019). PENGGUNAAN MEDIA KOMISI (KOTAK MISTERI AKUNTANSI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(1), 53-67.

Aris,Shoimin. (2014). model pembelajaran inovatif dan kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Artha, D. J., Sitompul, D. N., & Hariani, P. P. (2020). Pelatihan Usaha Quilling Paper Bagi Guru Dalam Rangka Meningkatkan Sumber Daya Manusia Unggul Dan Kreatif. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15-20.

Dewirsyah, A. R., & Hariani, P. P. (2018). PENGARUH METODE PENYELESAIAN MASALAH (Problem Solving) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Effendi, S., & Siregar, S. A. (2018). Penerapan Strategi Giving Question And Getting Answer Sebagai Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 125-137.

HANI, S., MARIATI, M., & HARAHAP, R. U. (2018). MODEL LAPORAN KEUANGAN SYARIAH BAGI UKM. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Hariani, P. P., Wiranda, A., & Sihotang, I. M. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Minat Belajar. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 38-49.

Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2021). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-57.

Saehu, U. A., & Rohani, S. (2021). Penerapan Model Explicit Instruction Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 50-64.

Santrock, (2011).Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2. (Terjemahan:Sarah Genis B) Jakarta: Erlangga.

Sapriya, (2011).Pendidikan IPS.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Situmorang, H. F. (2019). PERAN MAHASISWA DALAM MENERAPKAN KOMUNIKASI INTERPESONAL DI PERKULIAHAN. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(2), 146-161.

Soyomukti, Nurani.2016. Teori-teori pendidikan.Yogyakarta : Ar-ruzz Media.

Tatag, (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta didik Melalui dalam Matematika.

Wijaya, Cece. (2010). Pendidikan Remidial. Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats