Analisis Kajian Sosiologi Sastra Novel I Am In Danger Karya Zaeem

Aica Fahleni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah sosial berupa kemiskinan, kejahatan, dan disorganisasi keluarga dalam novel I Am In Danger karya Zaeem dengan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel I Am In Danger karya Zaeem. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mendeskripsikan data, dan selanjutnya menganalisis data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman dokumantasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah membaca berulang-ulang novel, memahami, mengumpulkan data, menggarisbawahi, dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini adalah dapat menjawab dari pernyataan penelitian yaitu terdapat masalah sosial berupa kemiskinan, kejahatan, dan disorganisasi keluarga dengan pendekatan sosiologi sastra. Adapun data yang diperoleh dari masalah kemiskinan memperoleh data sebanyak 11 data, masalah kejahatan memperolah data sebanyak 9 data, dan masalah disorganisasi keluarga memperoleh data sebanyak 6 data. Dapat disimpulkan bahwa terdapat masalah sosial berupa kemiskinan, kejahatan, dan disorganisasi keluarga dalam novel I Am In Danger karya Zaeem dengan pendekatan sosiologi sastra.


Keywords


Kajian sosiologi sastra, masalah sosial, novel i am in danger.

Full Text:

PDF

References


Abu bakar M. Luddin, 2010 Dasar-Dasar Konseling, Bandung: Cita pustaka Media Perintis.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. 2008. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Deliati, D., & Muharmi, T. (2019). Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1-13.

Deliati, D., Yusnandar, W., & Muslih, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menggunakan Pipa Paralon Sebagai Tempat Tanaman Hidrofonik Sayur-Mayur Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66-78.

Deliati, D., Sakinah, N., & Naimi, N. (2019). Development of Administration Quality In Madrasah Tsanawiyah Aisyiyah, Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 538-541.

Deliati, D. (2022). Faktor Pendidikan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 3(1), 9-13.

Deliati, D., Dewi, R. S., & Lesmana, G. (2019). Spirografh Media for Kindergarten Teachers of Aisyiyah in Tanjung Sari Village. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 468-471.

Deliati, D., & Lesmana, G. (2019). The Increase of Student Learning Interest through the Application of Recitation Methods Assisted by Cyber Counseling Media. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 448-453.

Febriyana, M., Amalia, N., & Deliati, D. (2018). The Management of School Libraries Muhammadiyah.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Deliati, D., & Muharmi, T. (2019). Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1-13.

Hasibuan, M. F. (2019). Pemanfaatan ICT sebagai media atau teknologi terhadap pelaku industri rumahan untuk memajukan usahanya melalui layanan bimbingan dan konseling. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(2), 72-77.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hasibuan, M. F., Jamila, J., & Nasution, I. S. (2020). Pelatihan Penyusunan Program Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Kompetensi Bagi Guru Bimbingan dan Konseling di SMP. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1), 49-53.

Minarni, S., & Nur, Z. (2018). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Siswa yang Klepto. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 17-21.

Hasibuan, M. F., & Batubara, I. H. (2019, October). Counseling Guidance Module to Prevent Students' Hedonism Lifestyle Attitude. In 4th Progressive and Fun Education International Conference (PFEIC 2019) (pp. 59-62). Atlantis Press.

Nasution, K. P., Zainuddin, Z., & Rahman, A. (2020). The Influence of Individual Caring and Organizational Trust on Organizational Commitment of Private LPTK Lecturers in Medan City. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), 1537-1550.

Nasution, K. P. (2009). Model Penerapan Hukuman Sekolah dalam Memperbaiki Perilaku Siswa Bermasalah (Studi Kasus Model Penjara Sekolah di Yayasan Pendidikan Mulia Medan).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats