Implementasi Layanan Informasi Dengan Sarana Audio Visual Untuk Mengatasi Sikap Prokrastinasi Pendidikan Pada Peserta Didik Kelas VIII Di Smp Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak T.A 2020/2021

Eko Kurniawan

Abstract


Layanan informasi adalah kegiatan memberikan pemahaman kepada individuindividu yang berkepentingan tentang berbagai hal yang diperlukan untuk menjalani suatu tugas atau kegiatan,untuk menentukan arah suatu tujuan atau rencana yang dikehendaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Ajaran 2020/2021 yang ingin diatasi prokrastinasi akademiknya yang berjumlah 27 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil dalam penelitian adalah pada saat sebelum diberi layanan informasi pengentasan prokrastinasi akademik berkisar antara 30%. Pada layanan I pengentasan prokrastinasi akademik siswa mengalami peningkatan sebesar 31%% sehingga menjadi ratarata 61%. Namun, pada pertemuan I pengentasan prokrastinasi akademik siswa belum berada pada kategori baik. Kemudian diterapkan layanan informasi II sebagai tindak lanjut dari hasil refleksi pertemuan I. Seluruh siswa yang menjadi subjek penelitian mengalami peningkatan dalam mengentaskan prokrastinasi akademik sebesar 28% sehingga menjadi 89%. Jika dibandingkan dengan data sebelum diterapkan layanan informasi dan pada pertemuan I, pada pertemuan II Seluruh siswa telah berada pada kategori baik, dengan skornya mencapai 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Layanan Informasi Dengan Media Audio Visual Dapat Mengatasi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas VIII di SMP Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Ajaran 2020/2021.


Keywords


Layanan Informasi, Prokrastinasi, SMP Tarbiyah Hamparan Perak

Full Text:

PDF

References


Anggriani, T. U., & Effendi, S. (2019). PENGGUNAAN MEDIA KOMISI (KOTAK MISTERI AKUNTANSI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(1), 53-67.

Axters, R., & Effendi, S. (1991). Standardization and Quality Control Development of Food and Agricultural Products (Coffee and Cocoa), Indonesia. Report, 25 March to 24 May 1991.

Deliati, D., & Muharmi, T. (2019). Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1-13.

Saragih, M., Nst, H. S., Harisma, R., & Hasibuan, M. F. (2021). Desain Model Pembelajaran 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Mahasiswa. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2), 236-244.

Manurung, Purbatua, Tumiyem, Helmi Ghoffar ( 2016).Media Pembelajaran dan Pelayanan BK. Perdana Publishing, Medan

Lesmana, G. (2022). Bimbingan Dan Konseling Belajar. Prenada Media.

Jamila, Jamila. "Konsep Prokratinasi Akademik Mahasiswa." EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 6, no. 2, 2020, doi:10.30596/edutech.v6i2.4935..

Wastuti, S. N. Y., & Pangaribuan, A. H. (2020). Upaya pencegahan perilaku konsumtif melalui layanan informasi menggunakan teknik audio visual. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 43-51.

Prasetia, I., Lisnasari, S. F., Gajah, N., Sekali, P. B. K., & Rahman, A. A. (2022). Influence of early childhood programs literacy movement on students’ interest and reading ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173-7185.

Prasetia, I., Lisnasari, S. F., Gajah, N., Sekali, P. B. K., & Rahman, A. A. (2022). Influence of early childhood programs literacy movement on students’ interest and reading ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173-7185.

Pratiwi, S. N., Prasetia, I., & Gajah, N. (2022). Literacy Culture in Elementary Schools: The Impact of the Literacy Movement Program and Library Facilities. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 786-794.

Prasetia, I., Akrim, A., & Sulasmi, E. (2022). Developing Collaborative-Based Supervision Model Which Accentuates Listening and Responding Skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 709-720.

Prasetia, I., & Adlan, M. (2022). Management of the Literacy Movement Program (LMP) to Improve Reading Culture in Elementary Schools. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 316-322.

Prasetia, I., Lisnasari, S. F., Gajah, N., Sekali, P. B. K., & Rahman, A. A. (2022). Influence of early childhood programs literacy movement on students’ interest and reading ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173-7185.

Prasetia, I., Lisnasari, S. F., Gajah, N., Sekali, P. B. K., & Rahman, A. A. (2022). Influence of early childhood programs literacy movement on students’ interest and reading ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173-7185.

Sulasmi, E., Prasetia, I., & Rahman, A. A. (2023). Government Policy Regarding Education Budget on The Posture of The State Budget (APBN). Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 142-151.

Tanjung, B. N., Dongoran, F. R., & Elfrianto, E. (2023). Efforts To Improve The Quality Of Madrasa Graduates Through Curriculum Management In Islamic Boarding School KH Ahmad Dahlan Sipirok. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).

Amini, A., Marliani, M., Elfrianto, E., & Kemal, I. (2022). Work Motivation and Work Discipline on Teachers’ Performance in State Vocational Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2271-2280.

Sulasmi, E. (2022). Primary school teachers’ digital literacy: An analysis on teachers’ skills in using technological devices. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 140-145.

Sulasmi, E. (2022). IMPLEMENTATION OF FACE-TO-FACE LEARNING (Analysis of Readiness of Parents, Learners and Education Units in Bengkulu city). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).

Amini, A., & Kemal, I. (2021). The effect of trust and job satisfaction on citizenship organizational behavior in high school. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1348-1357.

Amini, A. (2022). Analysis of islamic education institutional management. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.

Amini, A., Marliani, M., Elfrianto, E., & Kemal, I. (2022). Work Motivation and Work Discipline on Teachers’ Performance in State Vocational Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2271-2280.

Akrim, A. (2021). An Investigation Of Islamic Students' Learning Habits. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2301-2308.

Akrim, A. (2022). A new direction of Islamic education in Indonesia: Opportunities and challenges in the Industrial Revolution Era 4.0. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 35-48.

Pratiwi, S. N., & Amini, A. (2023). Efforts to Increase Lecturer Involvement through Organizational Culture, Transformational Leadership and Economic Prosperity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 150-164.

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Pratiwi, S. N., Prasetia, I., & Gajah, N. (2022). Literacy Culture in Elementary Schools: The Impact of the Literacy Movement Program and Library Facilities. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 786-794.

Pasaribu, M., & Harfiani, R. (2021). Vocational Education At Special School In North Sumatra. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1335-1347.

Pasaribu, M. (2022). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pencegahan Pelecehan Seksual Online di Kalangan Mahasiswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 869-888.

Nurzannah, N., Syamsuyurnita, S., & Pasaribu, M. (2023). Pengembangan Silabus dan Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Kemuhammadiyahan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). Development and Management of Islamic Education Curriculum In The Covid-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats