Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Learning Cycle 5e Pada Materi Pangkat

Amallia Vidya Sari

Abstract


Bahan ajar yang terlalu monoton dan tidak memiliki warna pada LKPD yang saat ini digunakan banyak siswa disekolah membuat siswa kurang tertarik untuk melihat bahkan membacanya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKPD Matematika dengan menggunakan Model Learning Cycle 5E pada materi pangkat. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD) menggunakan model 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Namun dimodifikasi menjadi 3-D karena media penerapannya tidak sampai penyebaran. Instrumen penelitian adalah angket uji kelayakan RPP dan angket uji kelayakan LKPD. Berdasarkan hasil validasi Ahli, dari hasil penilaian akhir pada validasi RPP oleh ketiga ahli dengan rata-rata 4,4 dengan persentase 88,5% yaitu kategori Sangat layak. Hasil penilaian akhir pada validasi LKPD oleh ketiga ahli dengan dengan rata-rata skor 4,3 dengan persentase 87,3% yaitu kategori Sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan Lembar Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Learning Cycle 5E Pada Materi Pangkat sangat layak digunakan.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus, & Mulyati.T. (2018). Pembelajaran Literasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Anglada, D. 2007. An Introduction to Instructional Design: Utilizing a Basic Design Model. Tersedia pada http://www.pace.edu/ctlt/newsletter (diakses tanggal 17 Sepember 2007).

Batubara, I. H., Nasution, M. D., & Wahyuni, S. (2020, October). Improving Mathematical Reasoning Ability Through Guided Discovery Methods Assisted By Autograph Software. In Proceeding on International Conference of Science Management Art Research Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 71-77).

BNSP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: Nasional Standar Pendidikan.

Doly, N. M. (2021, February). Students perception on learning mathematic during the time of covid 19. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1778, No. 1, p. 012036). IOP Publishing.

Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp). Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 8-12.

Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2015). Penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Refresentasi Matematika Siswa. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Lailatul Fajriyah, Y. N. (februari). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal On Education , hal 288-296.

Nasution, M. D., & Nasution, E. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH METODE NUMERIK DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBANTUAN MATLAB. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Nasution, M. D., Nasution, E., & Haryati, F. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan MATLAB. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 69-80.

Nasution, M. D. (2021). Beliefs of mathematics teachers on motivation and action learning models in classroom learning process: indonesian perspective. Educational Sciences: Theory & Practice, 21(1), 155-166.

Nasution, M. D. (2008). Pengembangan Metode Data Envelopment Analysis Untuk Menentukan Efisiensi.

Nasution, M. D., Ahmad, A., & Mohamed, Z. (2021). PRE SERVICE TEACHERSPERCEPTION ON THE IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING IN MATHEMATIC CLASS. Infinity Journal, 10(1), 109-120.

Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Pab 9 Klambir V TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(2), 46-54.

Nasution, M. D., & Sari, E. T. (2019). The Influence of Cycle Learning Model on Mathematics Learning Motivation in Private Vocational School Students Harapan Mekar Medan Marelan TP 2017/2018. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1), 44-57.

Nasution, M. D. (2017, October). Approaches to School Supervision in Indonesian Context. In 4th Asia Pacific Education Conference (AECON 2017) (pp. 6-9). Atlantis Press.

Nasution, M. D., Mawengkang, H., Kamil, A. A., Efendi, S., & Sutarman. (2020). Sample median approximation on stochastic data envelopment analysis. International Journal of Agile Systems and Management, 13(3), 279-295.

Nasution, M. D. (2020). Pendekatan Sampel Median (Sample Median Approximation) pada Stochastic Data Envelopment Analysis (SDEA).

Nasution, M. D., Batubara, I. H., Siregar, Z., & Rimbawati, R. (2021). Pemberdayaan Kelompok Pembatik Sebagai Upaya Pengembangan Kearifan Lokal Di Desa Perjaga Pakpak Bharat. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(2), 213-219.

Nasution, M. D., & Prastika, C. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make-A Match (Mam) Pada Materi Limit Fungsi Di Kelas XI MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 8-15.

Novriani, M. R., Nasution, M. D., & Surya, E. (2017). Implementation Strategy Instant Assessment To Increase Activity and Result of Learning Mathematics of Al Maksum Junior High School Student. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 53-60.

Panggabean, S., Nasution, E., Nasution, M. D., & Harahap, T. H. (2020). Mathematical Concepts in Desa Na Ualu Batak Toba Tribe. In Proceeding International Conference on Language and Literature (IC2LC) (pp. 151-157).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats