Efektifitas Layanan Konseling Individual Dengan Menggunakan Pendekatan Humanistik Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII DI SMP An Nadwa Islamic Centre Binjai

Anggi Mahrany Siregar

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan konseling individual dengan pendekatan humanistik dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP An Nadwa Islamic Centre Binjai. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan konseling individual humanistik untuk peningkatan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP An Nadwa Islamic Centre Binjai berjalan dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis dalam penelitian ini penelitian PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling ). Subjek penelitian ini adalah siswa yang memiliki masalah kepercayaan diri yang rendah. Instumentasi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisa data dapat digambarkan peningkatan kepercayaan diri siswa telah dapat dicapai melalui konseling individual menggunakan pendekatan humanistik dengan cara memberikan masukan dan dorongan dorongan untuk peningkatan kepercayaan diri. Dengan demikian,berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan diterapkannya konseling individual dengan menggunakan pendekatan humanistik siswa mampu menyadari keadaan dirinya maupun potensi yang dimilikinya dan siswa lebih terbuka terhadap permasalahan yang ada pada dirinya. Kepercayaan diri siswa telah meningkat oleh karena siswa sudah dapat menyadari walaupun tidak secara langsung.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2002). Analisis Eksistensial Untuk Psikologi dan Psikiatri. Bandung: PT. Refika Aditama

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian suatu pendekatan. Jakarta: Rieneka Cipta.

Asrofudin. (2012, 11 021). aspek-aspek pemahaman diri. Retrieved 10 26, 2016, from pemahaman-diri

Amri, Sofan. 2016. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Deliati. 2018. Bidang Praktek Bimbingan Belajar. Semarang: Rasail Media Group

Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Deliati, D., & Muharmi, T. (2019). Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1-13.

Deliati, D., Yusnandar, W., & Muslih, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menggunakan Pipa Paralon Sebagai Tempat Tanaman Hidrofonik Sayur-Mayur Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66-78.

Fadhli, T., & Siregar, I. K. (2020). Solution Focused Brief Counseling Teknik Thought Stoping Untuk Mengatasi Kecamasan Diri Terhadap Isu Virus Corona-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 1-9.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hasibuan, M. F. (2019). Pemanfaatan ICT sebagai media atau teknologi terhadap pelaku industri rumahan untuk memajukan usahanya melalui layanan bimbingan dan konseling. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(2), 72-77.

Impati, G., & Jamila, J. (2018). Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Motivasi Belajar Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 12-16.

Jamila, J. (2019). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Kolaboratif (Studi Pada Pengawas Smp Dinas Pendidikan Kota Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Lubis, H. Z., & Jamila, J. (2018). INOVASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI MODEL ADDIE PADA UNIVERSITAS SWASTA DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Nasution, K. P., Zainuddin, Z., & Rahman, A. (2020). The Influence of Individual Caring and Organizational Trust on Organizational Commitment of Private LPTK Lecturers in Medan City. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), 1537-1550.

Nasution, K. P. (2009). Model Penerapan Hukuman Sekolah dalam Memperbaiki Perilaku Siswa Bermasalah (Studi Kasus Model Penjara Sekolah di Yayasan Pendidikan Mulia Medan).

Nasution, K. P., & Sagala, S. (2017). Implementation Model of School Policy in Constructing Behavior of Troubled Students.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., Mushlihuddin, R., Siregar, I. K., & Irvan, I. (2020). PKM Pelatihan Siaga Bencana Angkatan Muda Muhammadiyah di Kota Binjai. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 35-38.

Putri, S. R. (2018). PENGARUH PENERIMAAN OLEH TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP DAN SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA BINJAI. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 105-111.

Sari, A. W., Deliati, D., & Tussadiah, H. (2020). Vocab Bagi Ibu Warga Pkk Di Kecamatan Binjai Utara. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 59-65.

Siregar, I. K. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 97-104.

Siregar, I. K. (2018). Kecerdasan Emosional Dan Hasil Belajar Siswa. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Wastuti, S. N. Y. (2018). Efikasi Diri terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirtanadi Unit Instalasi Pengolahan Air Sunggal. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 35-42.

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.

Yusnandar, W., Deliati, D., & Jufrizen, J. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausahan olahan Tahun Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 39-51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats