Penerapan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Untuk Mengatasi Kecanduan Game Online Siswa Dikelas XI SMA Negeri 1 Kutacane T.A 2020/2021

Ichsan Yudha Pratama

Abstract


Cognitive Behavior Therapy (CBT) merupakan pendekatan konseling yang dirancang untuk menyelesaikan permasalahan individu pada saat ini dengan cara melakukan restrukrisasi kognitif dan perilaku menyimpang. CBT merupakan terapi ang mengarahkan dan memodifikasi fungsi berpikir, merasa dan bertindak dengan menekankan otak sebagai penganalisa, pengambilan keputusan, bertanya, ertindak, serta memutuskan kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan kecanduan game online kelas XI SMA Negeri 1 Kutacane. Penelitian merupakan penelitian pendekatan dengan menggunakan pendekatan deskriptifalitatif dengan objek penelitian sebanyak 9 orang siswa. Adapun instrumen yang gunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara yang sesuai ngan penerapan Cognitive Behavior Therapy untuk mengatasi kecanduan game ini siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nggunakan reduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Dari il penelitian dapat diketahui bahwa penerapan cognitive behavior therapy untuk ncegah kecanduan game online siswa sudah berhasil dilaksanakan dengan kat keberhasilan 87% berdasarkan tes pemahaman yang telah dilaksanakan dan asarkan perubahan perilaku siswa dalam hal kecanduan game online.


Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Rajawali Pers

Amina, Sukendar dan Wibowo. 2016. Kompetensi Pedagogik Karakteristik Peserta Didik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Amti, E & Prayitno. 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Deliati, D., Yusnandar, W., & Muslih, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menggunakan Pipa Paralon Sebagai Tempat Tanaman Hidrofonik Sayur-Mayur Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66-78.

Deliati, D., Sakinah, N., & Naimi, N. (2019). Development of Administration Quality In Madrasah Tsanawiyah Aisyiyah, Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 538-541.

Deliati, D. (2022). Faktor Pendidikan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 3(1), 9-13.

Deliati, D., Dewi, R. S., & Lesmana, G. (2019). Spirografh Media for Kindergarten Teachers of Aisyiyah in Tanjung Sari Village. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 468-471.

Deliati, D., & Lesmana, G. (2019). The Increase of Student Learning Interest through the Application of Recitation Methods Assisted by Cyber Counseling Media. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 448-453.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hasibuan, M. F., Jamila, J., & Nasution, I. S. (2020). Pelatihan Penyusunan Program Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Kompetensi Bagi Guru Bimbingan dan Konseling di SMP. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1), 49-53.

Hayati, I., Wastuti, S. N. Y., & Manik, J. R. (2021). Peningkatan Ketahanan Pangan Keluarga Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Berkale(Ember Kangkung Dan Lele) Di Wilayah Pimpinan Cabang Aisyiyah Percut Sei Tuan. Prosiding Snasppm, 6(1), 697-701.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hasibuan, M. F., Jamila, J., & Nasution, I. S. (2020). Pelatihan Penyusunan Program Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Kompetensi Bagi Guru Bimbingan dan Konseling di SMP. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1), 49-53.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., Mushlihuddin, R., Siregar, I. K., & Irvan, I. (2020). PKM Pelatihan Siaga Bencana Angkatan Muda Muhammadiyah di Kota Binjai. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 35-38.

Putri, S. R. (2018). PENGARUH PENERIMAAN OLEH TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP DAN SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA BINJAI. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 105-111.

Wastuti, S. N. Y. (2018). Efikasi Diri terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirtanadi Unit Instalasi Pengolahan Air Sunggal. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 35-42.

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats