Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Pemahaman Siswa Tentang Perbedaan Karakteristik Di Kelas VIII SMP Generasi Bangsa Tahun Ajaran 2020/2021

Diyah Hariyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh layanan informasi yang diberikan kepada siswa terhadap pemahaman perbedaan karakteristik kelas VIII SMP Generasi Bangsa Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SMP Generasi Bangsa Jl. Rawe 4, Tagkahan, Kec. Medan Labuhan Sumatra Utara. Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 52 siswa, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 25 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi. Jumlah item angket variabel X berjumlah 8 item dan variabel Y berjumlah 17 item dengan total variabel X dan Y berjumlah 25 item. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh antara Layanan Informasi terhadap Pemahaman Siswa tentang Perbedaan Karakteristik di Kelas VIII SMP Generasi Bangsa tahun Ajaran 2020/2021. Hal ini didasarkan pada hasil korelasi product moment > (0,503 > 0,396) dan > (2,790 > 2,069). Sehingga adanya pengaruh signifikan antara layanan informasi terhadap pemahaman siswa tentang perbedaan karakteristik di kelas VIII SMP Generasi Bangsa tahun ajaran 2020/2021 sebesar 25,30% yang berarti cukup berdasarkan pedoman nilai interpretasi nilai r.

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Rajawali Pers

Amina, Sukendar dan Wibowo. 2016. Kompetensi Pedagogik Karakteristik Peserta Didik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Amti, E & Prayitno. 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Deliati, D., Yusnandar, W., & Muslih, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menggunakan Pipa Paralon Sebagai Tempat Tanaman Hidrofonik Sayur-Mayur Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66-78.

Deliati, D., Sakinah, N., & Naimi, N. (2019). Development of Administration Quality In Madrasah Tsanawiyah Aisyiyah, Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 538-541.

Deliati, D. (2022). Faktor Pendidikan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 3(1), 9-13.

Deliati, D., Dewi, R. S., & Lesmana, G. (2019). Spirografh Media for Kindergarten Teachers of Aisyiyah in Tanjung Sari Village. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 468-471.

Deliati, D., & Lesmana, G. (2019). The Increase of Student Learning Interest through the Application of Recitation Methods Assisted by Cyber Counseling Media. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 448-453.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hasibuan, M. F., Jamila, J., & Nasution, I. S. (2020). Pelatihan Penyusunan Program Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Kompetensi Bagi Guru Bimbingan dan Konseling di SMP. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1), 49-53.

Hayati, I., Wastuti, S. N. Y., & Manik, J. R. (2021). Peningkatan Ketahanan Pangan Keluarga Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Berkale(Ember Kangkung Dan Lele) Di Wilayah Pimpinan Cabang Aisyiyah Percut Sei Tuan. Prosiding Snasppm, 6(1), 697-701.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hasibuan, M. F., Jamila, J., & Nasution, I. S. (2020). Pelatihan Penyusunan Program Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Kompetensi Bagi Guru Bimbingan dan Konseling di SMP. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1), 49-53.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., Mushlihuddin, R., Siregar, I. K., & Irvan, I. (2020). PKM Pelatihan Siaga Bencana Angkatan Muda Muhammadiyah di Kota Binjai. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 35-38.

Putri, S. R. (2018). PENGARUH PENERIMAAN OLEH TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP DAN SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA BINJAI. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 105-111.

Wastuti, S. N. Y. (2018). Efikasi Diri terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirtanadi Unit Instalasi Pengolahan Air Sunggal. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 35-42.

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats