Pengaruh Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software MatLab Pokok Bahasan Matriks Terhadap Hasil Belajar Siswa Tahun Pelajaran 2020/2021

Indri Handani

Abstract


Peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran siswa di setiap jenjang pendidikan perlu diwujudkan agar diperoleh kualitas sumberdaya manusia yang dapat menunjang pembangunan nasional dinegara Indonesia. Salah satu upaya untuk meningkatkan hal tersebut yakni dengan meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk itu penggunaan media Matlab dalam proses pembelajaran sangat diperlukan demi membantu siswa dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian adalah : 1) untuk mengetahui penerapan media pembelajaran matlab terhadap hasil beajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran matematika di SMA Swasta Bandung. 2) untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran matlab terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran matematika di SMA Swasta Bandung.Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Instrument penelitian adalah angket dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis dengan perhitungan statistic menggunakan rumus chi kuadrat, mendeskripsikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan media pembelajaran matlab pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Swasta Bandung adalah Sangat Tinggi sebesar 57,2%. Artinya dalam proses belajar mengajar matematika siswa sangat antusias dan dapat menerima proses pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran matlab. 2) Hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Swasta Bandung pada mata pelajaran matematika mengalami peningkatan. Sebelumnya, hasil pre test siswa kelas X IPS sebelum penerapan media matlab pada mata pelajaran matematika, hasil belajarnya rendah, intervalnya 50 – 56 dengan persentase 50%. Setelah penerapan media matlab berubah menjadi kategori sangat tinggi dengan interval 90 – 94 dengan persentase 57,2%. Pengaruh media pembelajaran matlab terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS dapat dilihat dari hasil perhitungan Koefisien Kontingensi (KK) = 0,5147 dan dari hasil perhitungan Chi Kuadrat pada taraf signifikan 5% di peroleh X²hitung > X²tabel yaitu 10,278 > 9,488. Hal ini berarti hipotesis diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan akibat penerapan media pembelajaran matlab pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 13-17.

Dalimunthe, D. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dolok Sigompulon Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(2), 104-110.

Dewantara, D. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran ipa (studi pada siswa kelas V sdn pengambangan 6 banjarmasin). Paradigma, 11(2).

Maisyarah, M., Afriyanti, D., & Manurung, A. A. (2021). Penerapan Model Pace Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Smp Nurul Hasanah. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(1), 81-99.

Panjaitan, R. U. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VIII. B Melalui Model Belajar Penemuan (Discovery) di Kelas VIIIb Smp Negeri 3 Sibolga Semester II TP 2018/2019. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(1), 41-50.

Silitonga, H., & Irvan, I. (2021). Pembelajaran menyenangkan dengan aplikasi quizizz di tengah pandemi covid-19. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 2(2), 144.

Simbolon, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Barisan Dan Deret Aritmetika Di Kelas XI Sma Negeri 1 Aramo Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(3), 250-258.

Sipayung, Y. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Silimakuta. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(1), 21-27.

Siregar, T. W., & Pasaribu, E. Z. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di SMP Negeri 12 Tanjungbalai. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(1), 100-103.

Situmorang, A. S. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Yang Diajar Melalui Metode Co-Op Co-Op Dengan Metode Ekspositori Pada Materi Persamaan Kuadrat Di Kelas X SMA Swasta Kampus FKIP UHN Pematangsiantar. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(2), 129-143.

Tampubolon, E. (2021). Pengajaran Remedial Dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Garis-Garis Pada Segitiga Di Kelas VIII SMP Negeri 32 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(1), 73-80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats