Analisis Penggunaan Google Classroom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19

Pratiwi Resky Handayani

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metodologi penelitian Library Research, dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran jarak jauh di masa pendemi covid-19. Penelitian ini didasarkan atas terjadinya transformasi proses pelaksanaan pembelajaran dari pembelajaran tatap muka (face-toface learning) menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan mengandalkan teknologi sebagai pengganti media pembelajaran, yang dikenal dengan distance learning maupun pembelajaran daring (online learning). Berdasarkan hasil analisis terhadap jurnaljurnal penelitian terkait penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran jarak jauh ditemukan sebesar 90% penelitian tersebut menyatakan bahwa penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran jarak jauh sangat mendukung proses pembelajaran dimasa pandemi covid-19.Aktivitas pembelajaran jarak jauh menggunakan Google Classroom dikatakan baik, karena dapat membantu dosen dalam menyampaikan materi,memberikan tugas, serta melakukan diskusi,selain itu Google Classroom juga dapat membantu mahasiswauntukmempermudah mengakses materiperkuliahan yang di berikan oleh dosen, pengumpulan tugas serta memberikan pertanyaan secara jarak jauh.Google Classroom dapat memfasilitasi proses pembelajaran jarak jauh dengan menyediakan berbagai fitur antara lain create assignment, create topic, create question, dan reuse post. Keunggulan Google Classroom membuat prose pembelajaran menjadi efektif dan efisien,hemat waktu, dapat dilakukan dimana saja kapan saja selagi terhubung kejaringan internet dan gratis dapat digunakan oleh siapapun. Akan tetapi Google Classroom membutuhkan fasilitas internet yang tinggi agar proses pembelajaran jarak jauh dapat berjalan dengan lancar.

Full Text:

PDF

References


Afrianti, Wahyuni Eka (2018). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akuntansi (Studi Pada Program Studi Akuntansi Universitas Isalam Indonesia). Skripsi. Yogyakarta. Jurusan Akuntansi. Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/ bitstream/handle/ 123456789/6173/SKRIPSI.pdf?sequence=1

Alfina, Ommi. (2020) .Penerapan LMS Google Classroom dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Majalah Ilmiah Methoda. Vol. 10 No. 1.Hal 38 46. https://ejurnal.methodist.ac.id/index.php/methoda/article/download/115/97

Ali, Lalu Usman, Muhammad Zani (2020). Pemanfaatan Program Aplikasi Google Classroom sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Dasar-Dasar Kependidikan. Jurnal Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol. 11 No. 1. Hal 27-34. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/society/ article/view/2297

Amaliah, Lilis, dkk (2020). Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Google Classroom dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Vol 9 No. 1. Hal 35-40. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view /1669

Apriansyah dkk. (2018). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Sumsel. Jurnal Digital Teknologi Informasi. Vol.1 No.2.Hal 64 70. https://jurnal.um palembang.ac.id/digital/article/download/23 71/1839.

Dewirsyah, A. R., & Hariani, P. P. (2018). PENGARUH METODE PENYELESAIAN MASALAH (Problem Solving) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Hariani, P. P., Wiranda, A., & Sihotang, I. M. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Minat Belajar. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 38-49.

Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2021). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-57.

Purwati, G.A.R. ( 2020 ) Faktor penyebab kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Palu. Jurpis : Jurnal pendidikan ilmu sosial, 17 ( 1 ), 1-15.

Saehu, U. A., & Rohani, S. (2021). Penerapan Model Explicit Instruction Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 50-64.

Saehu, U. A., & Rohani, S. (2021). Penerapan Model Explicit Instruction Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 50-64.

Situmorang, H. F. (2019). PERAN MAHASISWA DALAM MENERAPKAN KOMUNIKASI INTERPESONAL DI PERKULIAHAN. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(2), 146-161.

Surbakti, R, Suarman, S.,& Armas R. Analisis penyebab kesulitan belajar komputer akutansi pada siswa Kelas XI akutansi SMK Nurul Falah Pekanbaru ( Doctoral disertation, Riau University ).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats