Analisis Model Pembelajaran Problem Posing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Problem Posing dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Library Research. Sumber data yang diperoleh dari skripsi ini yaitu dengan menganalisis 10 jurnal atau artikel karya ilmiah yang berhubungan dengan model pembelajaran problem posing. Instrument penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data- data tentang model pembelajaran problem posing, lalu dianalisis bagaimana model pembelajaran problem posingberpengaruh atau tidak dalam meningkatkan hasil belajarsiswa. Dari hasil analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya menyatakan bahwa model pembelajaran problem posingsangat layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya yang menggunakan model pembelajaran problem posing sebagai model pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan dari analisis yang telah dilakukan bahwa model pembelajaran problem posing ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman Mulyono.1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Afifa, 2017. penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan hasil belajar ipaapplication problem posinglearning model toimprovement science learning outcomes. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi. Vol.2 No.2 Tahun 2017.
Ahmad Lutfi, 2016. problem posing dan berpikir kreatif. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. hal 88-98 November 2016. https://jurnal.fkip.uns.ac.id
Anggriani, T. U., & Effendi, S. (2019). PENGGUNAAN MEDIA KOMISI (KOTAK MISTERI AKUNTANSI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(1), 53-67.
Arend.1997. Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstuktivis. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Aris Solihim.2014.Model Pembelajaran inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Dara Pusfita, Harina Fitriyani, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Kreativitas. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas MuhammadiyahSemarang.https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn1201201 0/article /view/3046
Effendi, S., & Siregar, S. A. (2018). Penerapan Strategi Giving Question And Getting Answer Sebagai Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 125-137.
Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2021). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-57.
HANI, S., MARIATI, M., & HARAHAP, R. U. (2018). MODEL LAPORAN KEUANGAN SYARIAH BAGI UKM. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Mariati, M. (2021). Penerapan Alat Evaluasi Pembelajaran Bertingkat Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Mahasiswa Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Akuntansi FKIP UMSU. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.
Saehu, U. A., & Rohani, S. (2021). Penerapan Model Explicit Instruction Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 50-64.
Sihotang, I. M., & Fatmawarni, F. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Program Macro Media Flash Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Pada Siswa Smk Bm Di Kota Medan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Sihotang, I. M., & Lestari, L. (2018). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada PTPN III Kebun Sei Silau Kabupaten Asahan. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(1), 57-64.
Situmorang, H. F. (2019). PERAN MAHASISWA DALAM MENERAPKAN KOMUNIKASI INTERPESONAL DI PERKULIAHAN. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(2), 146-161.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats