Efektivitas Penggunaan Metode Time Token Arends Berbasis Modul Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smp Al Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021

Syafira Chairani

Abstract


Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode time token arends berbasis modul pembelajaran efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Alhikmah Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat penggunaan metode time token arends efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Al Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al Hikmah yang berjumlah 215 orang. Adapun sampel peneilitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Al Hikmah yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII-6 SMP Al Hikmah yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen. Untuk kelas kontrol menggunakan metode pembelajan langsung dan kelas eksperimen menggunakan metode Time Token Arends sebagai metode pembelajaran. Instrument yang digunakan yaitu tes uraian yang berjumlah 5 soal. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata rata hasil belajar matematika kelas kontrol saat pretest yaitu 52,33 dan rata rata nilai hasil belajar matematika siswa saat posttest yaitu 79,83. Sedangkan rata rata nilai kelas eksperimen saat pretest yaitu 53,50 dan nilai hasil belajar matematika pada postest yaitu 87,67. perhitungan uji hipotesis


Full Text:

PDF

References


Amelia, C., & Syahputra, E. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Kemampuan Eksplorasi Mahasiswa. Jurnal Curere, 3(1).

Annisa, N., Hasibuan, P. H., & Siregar, E. F. S. (2020). Menyanyikan Lagu Indonesia Raya sebagai bentuk Impelementasi Penguatan Pendidikan Karakter di SDS Asuhan Jaya Kota Medan. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 1-3.

Arifin,zaenal dan Tasai amran. 2008. Cermat berbahasa indonesia. Jakarta: CV akademi persindo

Aslinda dan Syafyahya leni. 2007. Pengantar sosiolinguistik. Bandung: PT Refika Aditama.

Batubara, I. H., Sari, I. P., Hariani, P. P., Saragih, M., Novita, A., Lubis, B. S., & Siregar, E. F. S. (2021). PELATIHAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP FREE METHODIST 2. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 854-859.

Elfrianto, E., Siregar, E. F. S., Pulungan, L. H., & Batubara, I. H. (2022). PENGUATAN GURU DALAM PENYUSUNAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS QUIZZIZ DI SD MUHAMMADIYAH 29 SUNGGAL KAB. DELI SERDANG. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 169-176.

Irawan, E., & Prasetia, I. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum (Studi Di Lab Site Balai Pengembangan Paud Dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Irawan, E., & Prasetia, I. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum (Studi Di Lab Site Balai Pengembangan Paud Dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Lubis, B. S., Siregar, E. F. S., & Batubara, I. H. (2021). INVESTIGATING STUDENTSSELF-REGULATED LEARNING LEVELS DURING THE COVID-19 PANDEMIC.

Mahsun. 2013. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mario Efendi, Nurlaksana Eko dan Eka Sofia. 2017. Tindak Tutur Transaksi Jual- Beli di Pasar Tradisional Central KotaBumi dan Implikasinya. Jurnal Kata. 2 (1): 3-4.

Moleong, Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nasution, I. S., & Siregar, E. F. S. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Aplikasi Ujian Dalam Jaringan Berbasis Web bagi Guru SMP Muhammadiyah di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 87-94.

Nasution, I. S., & Siregar, E. F. S. (2021). Implementasi Pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Bagi Guru SD Muhammadiyah 12 Medan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 206-212.

Nasution, I. S., Siregar, E. F. S., & Yuhdi, A. (2020). Pemetaan Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Digital. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 317-324.

Prasetia, I. (2016). Analysisi of The Effectiveness of Schools (A Study At State Junior High Schools In Medan, Indonesia). Journal of Humanities and Social Science, 21, 49-56.

Prasetia, I. (2016). Desain dan Perencanaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar.

Prasetia, I., Akrim, S. N. P., & Pratiwi, S. N. (2020). Lecturer Competency Development Model in Designing a Line Learning Resources in University of Muhammadiyah Sumatera Utara. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(4).

Prasetia, I., Melfayetty, S., & Dewi, R. (2020). The Effect of Transformational Leadership and Academic Optimism Culture on Teacher Empowerment and Motivation Along Its Impact on The Effectiveness of Medan State Junior High School. INTERNATIONAL JOURNAL ON LANGUAGE, RESEARCH AND EDUCATION STUDIES, 4(2), 276-290.

Sari, S. P., & Siregar, E. F. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Abad 21 4Cs Dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Pertanyaan Tingkat Tinggi Mahasiswa PGSD FKIP Pada Materi Gejala Alam TA 2019/2020. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(2), 208-215.

Sari, S. P., Siregar, E. F. S., & Lubis, B. S. (2021). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Model Flipped Learning untuk Meningkatkan 6C For HOTS Mahasiswa PGSD UMSU. Jurnal Basicedu, 5(5), 3460-3471.

Sari, S. P., Siregar, E. F. S., & Lubis, B. S. (2022). PEMANFAATAN GOOGLE FORM SEBAGAI INSTRUMEN EVALUASI BELAJAR. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 177-183.

Siregar, E. F. S., & Damilia, E. (2020). PEMBELAJARAN ONLINE SEBAGAI BENTUK PENGUATAN PENDIDIKAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD MUHAMMADIYAH 03 KOTA MEDAN OLEH.

Siregar, E. F. S., & Sari, S. P. (2020). Optimalisasi Pendekatan MIKiR Sebagai Solusi Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru SD Muhammadiyah Kota Medan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 550-556.

Siregar, E. F. S., & Sari, S. P. (2020). Pengaruh Model Pair Checks Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa PGSD FKIP UMSU. Jurnal Tematik, 10(2), 69-73.

Siregar, E. F. S., Sari, S. P., & Nasution, I. S. (2022). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENYUSUN MEDIA INOVATIF BERBASIS SCREENCAST O MATIC DI MASA PENDEMI COVID-19. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 56-62.

Siregar, E. F. S., Sembiring, M., & Nasution, I. S. (2020). Pendampingan mendesain tabungan sederhana sebagai solusi kesadaran menabung bagi anak usia sekolah dasar di Deli Serdang. Jurnal Abdidas, 1(4), 234-241.

Siregar, E. S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Di Kelas IV SD Negeri 104188 Medan Krio Tahun Ajaran 2017/2018. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Nasution, M. D., Mawengkang, H., Kamil, A. A., Efendi, S., & Sutarman. (2020). Sample median approximation on stochastic data envelopment analysis. International Journal of Agile Systems and Management, 13(3), 279-295.

Nasution, M. D., & Prastika, C. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make-A Match (Mam) Pada Materi Limit Fungsi Di Kelas XI MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 8-15.

Nasution, M. D., Ahmad, A., & Mohamed, Z. (2021). PRE SERVICE TEACHERSPERCEPTION ON THE IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING IN MATHEMATIC CLASS. Infinity Journal, 10(1), 109-120.

Novriani, M. R., Nasution, M. D., & Surya, E. (2017). Implementation Strategy Instant Assessment To Increase Activity and Result of Learning Mathematics of Al Maksum Junior High School Student. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 53-60.

Manurung, A. A., Nasution, M. D., & Nisah, K. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MELALUI STRATEGI BELAJAR SMALL GROUP WORK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Numeracy, 8(2), 83-89.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dan R&d. Bandung: CV Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats