Pengaruh Media Acara Semua Bisa Masak Di Trans Tv Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Oleh Siswa Kelas Vii Smp Negeri 25 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media acara Semua Bisa Masak di Trans TV terhadap kemampuan menulis teks prosedur oleh siswa kelas VII SMP Negeri 25 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 25 Medan yang berlokasi di Jln. Rawe II No 10 Tangkahan, Medan Labuhan. Dengan jumlah populasi 235 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 60 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 25 Medan tanpa menggunakan media acara Semua Bisa Masak di Trans TV memiliki nilai rata-rata 83 dalam kategori sangat baik, sedangkan dengan menggunakan media acara Semua Bisa Masak di Trans TV mendapatkan nilai rata-rata 86,83 dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji t-hipotesis alternative > yaitu 9,82 > 2,0017, maka hipotesis nihil (Nol) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan media acara Semua Bisa Masak di Trans TV terhadap kemampuan menulis teks prosedur oleh siswa kelas VII SMP Negeri 25 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.

Full Text:

PDF

References


Amalia, N. (2021). APLIKASI FLASH PLAYER BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE READER. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Arikunto, Suharmi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dalman, 2015.Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Harsiati, Titik dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 117-118.

Hayati, F., Amri, Y. K., & Amalia, N. (2020). Pembinaan Karya Ilmiah Remaja Dengan Menggunakan Metode Tutorial Pada Guru SMA Sekolah Muhammadiyah Sektor Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 27-34.

Hutapea, Yosefin dan Trisnawati.2017. Pengaruh Media Video Laptop Si Unyil Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Oleh Siswa Kelas VII SMP Swasta Marisi Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Dalam Jurnal.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs KELAS VII. Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Marhayati, Ai. 2016. Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa SMA. Dalam Jurnal. Guru SMAN 4 Pontianak.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Malang: Bumi Karsa.

Rahayu, E. (2012). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Peningkatan Kompetensi Menulis Karangan Deskriptif pada Siswa Kelas VIII SMP Harapan Mulia Denpasar TP 2011/2012. BAHAS (e-Journal), 29(2).

Rahayu, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Strategi Rekayasa Teks. Jurnal Bahas Unimed, 27(4), 79299.

Rahayu, E. (2021). SI JUKI VS. EMPTY WALLET COMIC ANALYSIS. CRITICAL DISCOURSE REVIEW TEUN A VAN DIJK. International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS), 1(2), 215-220.

Rahayu, E. S., Sutikno, B., & Suhartono, S. (2016). STRATEGI PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA BIDANG SARANA PRASARANA LALU LINTAS DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMATIKA PADA DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN SLEMAN (Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha).

Rahayu, E., & Anisah, P. (2021). Analisis Penggunaan Multilingual Masyarakat di Lingkungan III Blok C Kelurahan Nelayan Indah. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 36-50.

Rahayu, E., & Pratiwi, H. (2021). Analisis Antropologi Sastra dan Kearifan Lokal Dalam Novel KKN Desa Penari Karya Simpleman. In International Conference on Malay Identity (Vol. 2, pp. 15-19).

Rahayu, E., & Rahayu, E. Analisis Bahasa dan Nilai Pendidikan Budi Pekerti dalam Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP. Asas: Jurnal Sastra, 10(1).

Rahayu, E., Febriyana, M., & Artha, D. J. (2021). Developing the Children's Literature Teaching Materials Based on Wisdom of Local Area to Improve the Students Learning Outcomes. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 7500-7507.

Rahayu, E., Febriyana, M., & Tussadiah, H. (2019). Analysis of Powtoon-Based Learning Media Development in Indonesian Language Subjects.

Rahayu, E., Novianti, D., & Febriyana, M. (2020, November). Experimentation of Think-Pair-Share Approach Using Active Learning Method Type of Self Assessment in Creative Writing Poetry Materials Study From Learning Outcomesstudents of Education Language and Literature Indonesia FKIP UMSU. In Proceeding International Conference on Language and Literature (IC2LC) (pp. 206-210).

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahputra, Iswandi. 2013. Rezim Media: Pergaulan Demokrasi, Jurnalisme, dan Infotaiment dalam Industri Televisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tarigan, Hendri. Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tussadiah, H., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2021). The Development of Indonesian Language Poetry Teaching Materials Based on Suchman's Model to Improve the College Students Learning Outcomes. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 7516-7521

Wahono, dkk. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Audiovisual Dan Nonaudiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 61-67.

Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). The Ability of Writing Fairy Tales through the Implementation of Audio Visual Learning Media. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(4), 3813-3820.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats