Efek Media Aplikasi Instagram Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pada Peserta Didik Kelas VII Smp Swasta Pelita Medan T.A 2019/2020

Lisa Hardianti

Abstract


Kegiatan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa. Menulis bukan hanya sebatas kegitan menuliskan kata-kata diatas kertas saja, akan tetapi kegiatan menulis dapat melatih siswa untuk mengembangkan penalarannya. Keterampilan menulis ini tentu perlu adanya perhatian yang khusus untuk mengembangkan kemampuan menulis pada siswa. Menulis merupakan kegitan yang tidak dapat dihindari oleh siswa karena semua pelajaran tentunya menuntut siswa untuk dapat menulis dengan baik dan benar. Dengan menggunakan metode ceramah para siswa tidak mencapai nilai ketuntasan, ini terbukti bahwa perubahan atau inovasi dalam proses pembelajaran sangat penting dilakukan oleh guru dan calon guru. Kehadiran media dalam proses pembelajaran memberikan kemudahan bagi guru untuk mencapai tujuan proses pembelajaran kepada para siswa. Media juga menjadi alat bantu untuk memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru. kasus yang sudah dijelaskan diatas bahwa dengan media pembelajaran guru dapat membangkitkan semangat dan motivasi siswa agar gemar menulis. Setelah dilakukan research dengan perlakuan eksperimen (media aplikasi Instagram) dan kontrol (metode ceramah) pada sekolah SMP peneliti menemukan adanya pengaruh media aplikasi Instagram terhadap kemampuan menulis teks deksripsi siswa SMP Swasta Pelita Medan adalah sebesar 96,04%, dan 3,96% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Full Text:

PDF

References


Annisa, N., Hasibuan, P. H., & Siregar, E. F. S. (2020). Menyanyikan Lagu Indonesia Raya sebagai bentuk Impelementasi Penguatan Pendidikan Karakter di SDS Asuhan Jaya Kota Medan. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 1-3.

Antonius Rachmat & Yuan Lukito. 2017. Deteksi Komentar Spam Bahasa Indonesia Pada Instagram Menggunakan Naive Bayes. ULTIMATIC, Vol. XI, No. 1. ISSN 2085-4552

Arifin, M., Nasution, I. S., Wahyuni, S., Saehu, U., Rahayu, E., Dachi, S. W., ... & Sitepu, T. (2020). Modul Kurikulum dan Pembelajaran (Vol. 196). umsu press.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Garfindo Persada. Atmoko, Praja. 2015. Faktor Penyebab Aplikasi Instagram Pada Siswa SMAN9

Batubara, I. H., Sari, I. P., Hariani, P. P., Saragih, M., Novita, A., Lubis, B. S., & Siregar, E. F. S. (2021). PELATIHAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP FREE METHODIST 2. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 854-859.

Gustiasari, Dewi Rani. 2018. Pengaruh Perkembangan Zaman Terhadap Pergeseran Tata Bahasa Indonesia: Studi Kasus Pada Pengguna Instagram Tahun 2018. Jurnal Renaissance. Volume 3 No.02. ISSN (e): 2527-564x/ ISSN (p) 2621-0746

Hamalik, Muhammad. 2010. Penggunaan Media Aplikasi Instagram Sebagai Alat Komunikasi Pada Siswa SMN4 Purwokerto. Jurnal Renainaissance. Vol 8 No.10 ISSN (p) 2728-0798. SM Burgess, JBEM Steenkamp- International Journal og Research in , 2010 Elservier. Diunduh agustus 2019

Irwandani & Siti Juariah. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 05 (1) (2016)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi. 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII. Halaman 1 s/d 12.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII. Halaman 33 s/d 39.

Kurniasih Imas & Sani Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Katapena.penerbit@gmail.com: Katapena

Meutia, Puspita Sari. 2017. Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa FISIP Universitas Riau. JOM FISIP. Vol 4 No.2

Nasution, I. S., & Siregar, E. F. S. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Aplikasi Ujian Dalam Jaringan Berbasis Web bagi Guru SMP Muhammadiyah di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 87-94.

Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R@D). Bandung: ALFABETA.

Prof. Dr. Tarigan Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Prof. Drs. Sudjono Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Purba, A. S., Ramdani, A. M., & Taufika, R. EKSISTENSI BAHASA MELAYU DAN BUDAYA JAMU LAUT. BAHASA XI, 39.

Putri, Wilga Secsio Ratsja dkk. 2012. 7 Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja di SMAN 12 Malang. PROSIDING KS: RISET & PKM. Volume 3. No 1 Hal 1-154. ISSN: 2442-4480

Rachman, F., Taufika, R., Kabatiah, M., Batubara, A., Pratama, F. F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Pelaksanaan Kurikulum PPKn pada Kondisi Khusus Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5682-5691.

Ramdani, A. M., Negara, C. P., & Taufika, R. (2018). Dissociative Social Interaction Among Extra-Campus Organizations Of Islamic Students. Journal of Strategic and Global Studies, 1(2), 2.

Sanaky, A.H. 2013. Pengembangan aplikais android sebagai media pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga untuk siswa kelas X SMAN15 Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 6. No 21 hal 1-14. ISSN: 2642-4470. RJ Purbasari, MS Khafi...-Jurnal Online Universitas...2013 jurnal-online.um.ac.id. diunduh agustus 2019

Santosa puji, dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran Berbahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sari, S. P., & Siregar, E. F. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Abad 21 4Cs Dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Pertanyaan Tingkat Tinggi Mahasiswa PGSD FKIP Pada Materi Gejala Alam TA 2019/2020. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(2), 208-215.

Sari, S. P., Siregar, E. F. S., & Lubis, B. S. (2021). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Model Flipped Learning untuk Meningkatkan 6C For HOTS Mahasiswa PGSD UMSU. Jurnal Basicedu, 5(5), 3460-3471.

Sindang, Astrid Kurnia & Nur Aini Rakhmawati. 2016. Pengaruh Dan Pola Aktivitas Pengguna Internet Serta Media Sosial Pada Siswa SMPN 52 Surabaya. Journal Of Information Systems Engineering And Business Intelligence. Vol. 2, No. 1 ISSN 2443-2555

Siregar, E. F. S., & Damilia, E. (2020). PEMBELAJARAN ONLINE SEBAGAI BENTUK PENGUATAN PENDIDIKAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD MUHAMMADIYAH 03 KOTA MEDAN OLEH.

Siregar, E. F. S., & Sari, S. P. (2020). Optimalisasi Pendekatan MIKiR Sebagai Solusi Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru SD Muhammadiyah Kota Medan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 550-556.

Siregar, E. F. S., & Sari, S. P. (2020). Pengaruh Model Pair Checks Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa PGSD FKIP UMSU. Jurnal Tematik, 10(2), 69-73.

Siregar, E. F. S., Sembiring, M., & Nasution, I. S. (2020). Pendampingan mendesain tabungan sederhana sebagai solusi kesadaran menabung bagi anak usia sekolah dasar di Deli Serdang. Jurnal Abdidas, 1(4), 234-241.

Surabaya. FISIP Surabaya. Vol 17 No.8. AA Permata - 2015 - repository.unair.ac.id. diunduh agustus 2015

Taufika, R. (2019). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN TENTANG FULL DAY SCHOOL DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA DI SDIT BUNAYYA MEDAN: Studi Deskriptif pada Pelaksanaan Full Day School (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Taufika, R., & Ginting, J. (2021). THE EFFECT OF OPEN ENDED COOPERATIVE LEARNING ON STUDENTS'CIVIC EDUCATION LEARNING OUTCOMES: THE EFFECT OF OPEN ENDED COOPERATIVE LEARNING ON STUDENTS'CIVIC EDUCATION LEARNING OUTCOMES. Holistic Science, 1(1), 12-16.

Taufika, R., & Halimi, M. (2020, March). Implementation of Educational Policy at the Implementation of the Full Day School in Growing the Religious Character. In 2nd Annual Civic Education Conference (ACEC 2019) (pp. 279-282). Atlantis Press.

Taufika, R., Abdulkarim, A., & Halimi, M. Actualization of Public Policy on the Implementation of Educational Policy in the National Character Strengthening Program. Eti Setiawati, et al.(Eds.), 647.

Taufika, R., Simaremare, T. P., Chairunnisa, V., & Nadhira, T. S. (2021). Overview of traditional law in the use of Mayam as mahar in Aceh traditional marriage. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(2).

Taufika, R., Siregar, E. F., Selviani, G., & Chairunnisa, V. (2021). ACTUALIZATION OF CIVIC DISPOSITION TO INCREASE STUDENT TRAFFIC LAW AWARENESS THROUGH CIVICS LEARNING.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats