Implementasi Layanan Penguasaan Konten Untuk Mengembangkan Kreativitas Belajar Anak Berbakat Kelas VIII Smp Muhammadiyah 07 Medan T. A 2019/2020

Ita Lestari

Abstract


Siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 07 Medan memiliki kekurangan untuk mengembangkan kreativitas belajarnya dan juga sulit untuk membuat suatu konsep dari pembelajaran. Mereka susah untuk membuat ide kreativitasnya dengan berbagai bidang studi yang ada disekolah tersebut. Mereka bingung untuk membuat ide kreativitasnya agar terlihat catatan menjadi menarik.

Permasalahan dari penelitian ini adalah tentang penerapan layanan penguasaan konten untuk mengembangkan kreativitas anak berbakat.

Tujuan dari penelitian ini: Untuk mengetahui adanya penerapan layanan penguasaan konten untuk mengembangkan kreativitas belajar anak berbakat siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan T.A 2019/2020. Adapun dalam penelitian ini ada enam siswa yaitu 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan kelas VIII. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara siswa-siswa yang bersangkutan. Dari hasil penelitian yang dapat diketahui bahwa penerapan layanan penguasaan konten untuk mengembangkan kreativitas belajar anak berbakat siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07Tahun Ajaran 2019/2020. Sudah berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Pada pelaksanaan layanan penguasaan konten 6 siswa yang mengalami kekurangan megembangkan kreativitas belajarnya dan setelah melakukan layanan sudah memiliki perubahan yang diharapkan dan pada pelaksanaan layanan penguasaan konten terjadi peningkatan sangat meningkat.


Full Text:

PDF

References


Abalie ( 2017) Kreativitas dan Pembangunan Ekonomi Umat. CV.ABSOLUTE MEDIA.

Astuti Ria & Aziz Thorik, Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta,Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3 Issu.2 Page 294-302 (2019).

Ernawati Rantha & Afda, Peningkatan Disiplin Dalam Menaati Tata Tertib Dengan Menggunakan Teknik Modelling Melalui Layanan Pengusaan Konten Di Smp 49 Jakarta Pada Siswa Kelas 8 Tahun Ajaran 2018-2019. Vol. 1, No.2, (2018).

Ghufron Nur M, S. Risnawati Rini. (2017). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: AR- RUZZ MEDIA.

Hariani, P. P., Wastuti, S. N. Y., Mahdalena, L., & Barus, W. I. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hasibuan, M. F., Jamila, J., Puspita, D., Sucitra, H., & Ulfa, F. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hayati, I., Wastuti, S. N. Y., & Manik, J. R. (2021). Peningkatan Ketahanan Pangan Keluarga Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Berkale(Ember Kangkung Dan Lele) Di Wilayah Pimpinan Cabang Aisyiyah Percut Sei Tuan. Prosiding SNasPPM, 6(1), 697-701.

Hezy Desyafni, Firman & Idil, peningkatan motivasi siswa dalam menyelesaikan tugas melalui layanan penguasaan konten.Vol.3, No. 2 (2012).

Hikmawati Fenti (2014). Bimbingan dan Konseling Jakarta.:Rajawali Pers. Hurlock ( 2016). Kreativitas Belajar, Jakarta Yayasan Obor Indonesia Khabibah (2016) Belajar Menagajar Yogyakarta.CV BUDI UTAMA

Impati, G., & Jamila, J. (2018). Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Motivasi Belajar Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 12-16.

Jamila, J. (2019). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Kolaboratif (Studi Pada Pengawas Smp Dinas Pendidikan Kota Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1), 26-36.

Jamila, M., Hasibuan, M. F., Wastuti, S. N. Y., & Psi, S. (2021). Bimbingan Dan Konseling Untuk Studi Kasus Siswa Di Sekolah:(Panduan Teori Dan Praksis Bagi Guru/Konselor Di SMP). umsu press.

Kurniawan ( 2011). Melatih M engembangkan Kreativitas Anak. Jakarta Tangga Megaton (2013). Bimbingan dan Konseling Jakarta. UPI Press.

Lesmana, G., & Wastuti, S. N. Y. (2021, September). Optimization of Student Career Planning through Self-Management Guidance Technique Based on Mindmapping Imindmap V4. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 3, pp. 59-63).

Lubis, H. Z., & Jamila, J. (2018). INOVASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI MODEL ADDIE PADA UNIVERSITAS SWASTA DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Munandar Utami (2016).Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : PT RINEKA CIPTA.

Pratiwi, S. N., Wastuti, S. N. Y., & Jamila, J. (2021). Self Management in Improving the Quality of Lecturers. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(3), 247-253.

Pratiwi, S. N., Wastuti, S. N. Y., & Jamila, J. (2022). Kepemimpinan Transformasional dalam Menghadapi Era Digitalisasi. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 5(1).

Prayitno (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta : PT. Raja Grafindo Prsada.

Prayitno (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil Jakarta. : PT Raja Grafindo Persada.

Semiawan Conny R. (2019). Kreativitas Keberbakatan. Jakarta Barat : PT Indeks. Sukardi (2008). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya.

Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Methods). Bandung CV ALFABETA.

Sunaryo Kartadinata (2015). Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling sebagai Upaya Pedagogis. Bandung: UPI Press.

Sund (2012). Pribadi Kreativitas.CV Bintang WarliArtika

Syam, J. (2016). Pendidikan Berbasis Islam yang Memandirikan dan Mendewasakan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2).

Tohirin (2013) Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Jakarta PT Raja Grafindo Persada.

Wastuti, S. N. Y. (2011). Hubungan Komitmen Organisasi, Moril Kerja dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Karyawan PT. Bank Sumut Cabang Utama Medan.

Wastuti, S. N. Y. (2018). Efikasi Diri terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirtanadi Unit Instalasi Pengolahan Air Sunggal. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 35-42.

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.

Wastuti, S. N. Y., & Pangaribuan, A. H. (2020). Upaya Pencegahan Perilaku Konsumtif Melalui Layanan Informasi Menggunakan Teknik Audio Visual. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 43-51.

Wastuti, S. N. Y., & Siregar, I. K. (2021, August). Implementasi Kebijakan SE Kemendikbud No. 4 Tahun 2020 Tentang Pembelajaran Daring Melalui Model Logik Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMP Negeri 2 Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 914-922).

Winkel & Sri Hastuti (2013). Bimbingan dan Konseling diinstuti Pendidikan Yogyakarta. Media Abdi .

Yeni Rachawati & Euiskurniati ( 2012:14) strategi pengembangan pada anak- anak Taman Kanak-kanak. Jakarta Kenca.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats