Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Pendekatan Rational Emotive Theraphy (Ret) Untuk Mengatasi Permasalahan Diskriminasi Sosial Peserta Didik Kelas VIII Smp An Nadwa Islamic Centre Binjai T.A 2019/2020

Nabilla Erbati

Abstract


Diskriminasi adalah sebagai suatu tindakan atau perlakuan yang mencerminkan ketidakadilan terhadap individu atau kelompok tertentu yang disebabkan oleh adanya karakteristik khusus yang dimiliki oleh individu atau kelompok tersebut. Hal ini terjadi karena manusia umumnya memiliki kecenderungan untuk membeda-bedakan atau mengelompokkan diri. Perlakuan secara tidak adil bisa terjadi dimana dan kapan saja karena adanya perbedaan karakteristik antara lain: Perbedaan suku dan ras; Perbedaan kelas sosial; Perbedaan gender; Perbedaan agama/kepercayaan; Perbedaan kondisi fisik dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan Diskriminasi Sosial Siswa dengan menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok dan Pendekatan Rational Emotive Theraphy (RET). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP An Nadwa Islamic Centre Binjai yang berjumlah 6 orang. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara yang sesuai dengan penerapan layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan Rational Emotive Theraphy (RET) untuk mengatasi permasalahan diskriminasi sosial. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa siswa dapat mengatasi masalah diskriminasi sosial dengan baik sehingga siswa dapat saling menghormati dan menghargai antar sesama temannya dalam lingkungan sekitar setelah dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan Rational Emotive Theraphy (RET).


Full Text:

PDF

References


Agung Iskandar. 2012.Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru.

Ammy, P. M. (2013). Perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write dengan pembelajaran langsung (Doctoral dissertation, UNIMED).

Ammy, P. M. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa menggunakan video pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jurnal Mathematic Paedagogic, 5(1), 27-35.

Ammy, P. M. (2021). Approach in Improving Student's Mathematical Understanding Abilities. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 5(2), 463-469.

Ammy, P. M. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Information Search terhadap Kemampuan Pemahaman Belajar Matematika Siswa. Jurnal Basicedu, 5(5), 3242-3249.

Ammy, P. M. (2021, June). Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio13 Dalam Pembelajaran Matematika Materi Himpunan. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 644-651).

Ammy, P. M., & Batubara, I. H. (2018). PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 175-184.

Arikunto Suharsimi. 2017. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 43-53.

Hamdi Muhammad & Rasimin. 2018. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara

Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2021). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-57.

Hermi, Hasyim, Laeni. 2016. Pengaruh Hubungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Pilihan Melanjutkan Pendidikan ke-SMPN 5.Vol: 4, No. 2. Jurnal FKIP UNILA. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/10870. 28- februari-2020.

Jannah Noor. 2015. Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 1 Rantau. ISSN: 2460-9711. Vol: 1, No. 1. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur. https://ojs.uniska- bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/download/357/328. 28-februari-2020.

Mulyadi. 2016. Bimbingan dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Prenadamedia Group

Nurihsan Juntika Achmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling.

Prayitno. 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Rahman Abdul Agus. 2013. Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Tindakan Komorehensif. Bandung: Alfaabeta

Sihotang, I. M. (2015). Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan.

Sihotang, I. M., & Hariani, P. P. (2021). Implementation of Lesson Study Based Accounting Learning with Student Facilitator and Explaining Learning Model. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Vol, 4(1), 153-159.

Sihotang, I. M., & Husna, F. (2020, October). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN PADAMASA COVID-19. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Sihotang, I. M., & Lestari, L. (2018). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada PTPN III Kebun Sei Silau Kabupaten Asahan. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(1), 57-64.

Sihotang, I. M., & Munthe, D. S. (2017). Pembelajaran Model Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Akuntansi Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan ISSN: 2503 (Vol. 4855, pp. 56-66).

Widiasworo Erwin. 2018. Mahir penelitian pendidikan modern. Yogyakarta: Araska

Willis S. Sofyan. 2015. Konseling Keluarga (Familly Counseling). Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats