Kajian Psikologi Lacanian Kartun Editorial Adit Sopo Jarwo Pada Program Mnctv

Hardona Alfi Husni Afra Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek real, aspek imajiner, dan aspek simbolis pada tayangan kartun editorial Adit Sopo Jarwo dalam program MNCTV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan psikologi Lacanian. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka yang mengacu kepada psikologi tokoh kartun editorial Adit Sopo Jarwo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tayangan kartun editorial Adit Sopo Jarwo memiliki aspek real(kenyataan) pada tokoh kartun editorial Adit Sopo Jarwo menunjukkan beberapa tokoh memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu, aspek imajiner (khayalan) menunjukkan tokoh pada kartun editorial Adit Sopo Jarwo mempunyai keinginan untuk mewujudkan aspek real, dan pada aspek simbolis (simbol), menunjukkan tokoh kartun editorial Adit Sopo Jarwo ingin mewujudkan keinginan, tetapi keinginan tersebut selalu ditutupi oleh aspek simbolis.


Full Text:

PDF

References


Ali, Matius. 2010. Psikologi Umum. Jararta: Fakultas Film dan Televisi IKJ. Ahmad dan Abdullah. 2012. Linguistik Umum. Jakarta:PT. Gelora Aksara

Amelia, C., & Syahputra, E. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Kemampuan Eksplorasi Mahasiswa. Jurnal Curere, 3(1).

Annisa, N., Hasibuan, P. H., & Siregar, E. F. S. (2020). Menyanyikan Lagu Indonesia Raya sebagai bentuk Impelementasi Penguatan Pendidikan Karakter di SDS Asuhan Jaya Kota Medan. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 1-3.

Aptifive,Ricky. 2016. Hasrat Nano Rianto dalam Cermin Cinta: Kajian Psikoanalisis Lacanian. Jurnal Poetika. Vol. IV No. 2. Halaman 74-84.

Arikunto,Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Batubara, I. H., Sari, I. P., Hariani, P. P., Saragih, M., Novita, A., Lubis, B. S., & Siregar, E. F. S. (2021). PELATIHAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP FREE METHODIST 2. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 854-859.

Dardjowidjojo,Soenjono. 2016. Psikolinguistik. Jakarta: Yayasan Ombor Indonesia.

Elfrianto, E., Siregar, E. F. S., Pulungan, L. H., & Batubara, I. H. (2022). PENGUATAN GURU DALAM PENYUSUNAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS QUIZZIZ DI SD MUHAMMADIYAH 29 SUNGGAL KAB. DELI SERDANG. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 169-176.

Harahap, Muharrina. 2017. Wanita Batak dalam Cerpen Tiurmaida Karya Hasan Al Banna: Perspektif Lacanian. Jurnal Daun Lontar, Tahun ke 3 No 4 . Vol. V No. 4. Halaman 12-27.

Jarvis, Matt. 2017. Teori-Teori Psikologi. Bandung: Nusa Media.

Latif dan Utud. 2015. Siaran Televisi. Jakarta: PT. Adhitya Andrebina Agung Kencana.

Lubis, B. S., Siregar, E. F. S., & Batubara, I. H. (2021). INVESTIGATING STUDENTSSELF-REGULATED LEARNING LEVELS DURING THE COVID-19 PANDEMIC.

Manik, Aptifive Ricky. 2016. Hasrat Nano Riantiarno dalam Cermin Cinta: Kajian Psikoanalisis Lacanian. Jurnal Poetika. Vol. IV No.2. Halaman 74-84.

Mukarromah dan Zamroni. 2018. Kajian Psikoanalisis Jacques lacan dalam Fim Opera Jawa (Analisis Fase The Real Tokoh Ludiro). Jurnal Publikasi Budaya. Vol.VI. Halaman 110-114.

Nasution, I. S., & Siregar, E. F. S. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Aplikasi Ujian Dalam Jaringan Berbasis Web bagi Guru SMP Muhammadiyah di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 87-94.

Nasution, I. S., & Siregar, E. F. S. (2021). Implementasi Pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Bagi Guru SD Muhammadiyah 12 Medan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 206-212.

Nasution, I. S., Siregar, E. F. S., & Yuhdi, A. (2020). Pemetaan Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Digital. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 317-324.

Pratama

Prawira, Purwa Atmaja. 2017. Psikologi Umum Perspektif Baru. Jogyakartar: Ar- Ruzz Media.

Sari, S. P., & Siregar, E. F. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Abad 21 4Cs Dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Pertanyaan Tingkat Tinggi Mahasiswa PGSD FKIP Pada Materi Gejala Alam TA 2019/2020. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(2), 208-215.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats