Implementasi Kombinasi Teori Belajar Pavlov Berbasis Teori Belajar Kognitif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Sma Negeri 1 Indra Makmu

Heri Setiawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan kombinasi teori belajar Pavlov dengan teori belajar kognitif yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan sistem pertidaksamaan linear dua variabel di SMA Negeri 1 Indra Makmu serta meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Populasi penelitian seluruh kelas X Ipa1. Data peningkatan siswa yang diperoleh dilapangan menunjukkan peningkatan hasil belajar yang sangat baik, Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan kombinasi teori belajar Pavlov dengan teori belajar kognitif pada pokok bahasan sistem pertidaksamaan linear dua variabel terjadi peningkatan hasil belajar pada kelas X Ipa1 di SMA Negeri 1 Indra Makmu.


Keywords


Kombinasi Teori Belajar Pavlov Dengan Teori Belajar Kognitif, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikuntum, Suharsini,dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Azis, Z., Panggabean, S., & Sumardi, H. (2021). EFEKTIVITAS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 PAHAE JAE. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 19-24.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif. Jakarta: Publisher.

Djaramah, 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emelia, T. W. (2018). Pengrajin Tikar Pandan di Desa Alue O Idi Rayeuk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(1), 551-555.

Emelia, T. W., & Diah, H. T. (2018). KEARIFAN LOKAL DALAM SYAIR BORDAH MASYARAKAT MELAYU PANAI LABUHAN BATU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Emelia, T. W., & Diah, H. T. (2019). ANALISA KESALAHAN ARTICLE DFINI DAN INDFINI DALAM BAHASA PERANCIS. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Ginting, P. (2021). Pengaruh Penerapan Strategi Group to Group Exchange Berbantu Media Microblogging Edmodo terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah English Syntax. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, 1(1).

Ginting, P., & YENNIHASNAH, Y. (2018). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA MICROBLOGGING EDMODO. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Ginting, P., Hasnah, Y., & Hasibuan, S. H. (2021). Pkm Pelatihan Tindakan Kelas (Ptk) Berbasis Student Centered Learning (Scl) Bagi Guru Smp Di Kecamatan Medan Deli. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 58-72.

Halomoan, T., & Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Classwide Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 95-98).

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasnah, Y., & Ginting, P. (2018). Brain Gym Bagi Guru SMP di Kecamatan Percut Sei Tuan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Hudojo, 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Hudoyo, Herman. 1880. Teori Dasar Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G) Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Margono. 2004. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Maryanti, I., & Panggabean, S. (2018). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP HARAPAN MEDAN. Nabla Dewantara, 3(1), 56-62.

Moleong. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Belajar Kumon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Laks. Martadinata Medan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 8(2), 37-41.

Panggabean, S. (2019). HUBUNGAN BERPIKIR KREATIF DAN SOFTSKILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UMSU. Numeracy, 6(1), 64-75.

Panggabean, S., & Halomoan, T. (2018). Pengaruh media e-learning berbasis youtube terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah analisis real prodi pendidikan matematika FKIP UMSU. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 25-30).

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). STUDI PENERAPAN MEDIA KUIS INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83.

Panggabean, S., & Sumardi, H. (2018). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Pertiwi Medan. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 89-96.

Panggabean, S., Nasution, E., & Batubara, I. H. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 238-247.

Panggabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Chamidah, D., ... & Cecep, H. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Suarakarta: Pustaka Belajar.

Putri, L. A., & Panggabean, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Treffinger Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Istiqlal Deli Tua. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Ramadhani, S., & Emelia, T. W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Perintah Dalam Teks Eksplanasi oleh Siswa Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2020-2021. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1).

Rusyan, Tabani. 1993. Penuntun Belajar Yang Sukses. Jakarta: Nike Karya Jaya.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Suherman, Erwin. 2001. Pembelajaran Matematika kontenporer. Bandung: JICA.

Sujono. 1998. Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Universitas Terbuka.

TUSSADIAH, H. A. L. I. M. A. H., & Emelia, T. W. (2018). ANALISA KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN MORFEM PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UMSU. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Uno, B. Hamjah. 2005. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamjah. 2006. Proses Belajar ineraksi antara stimulus dan respons. Jakarta: Bumi Aksara

Wirodikromo, S. 2002. Matematika Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats