Ekspansi Media Permainan Kartu Uno Spin Matematika Untuk Pembelajaran Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa Smp

Aunin Najiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa media permainan kartu Uno Spin Matematika untuk pembelajaran matematika pada siswa SMP kelas VII pada materi bentuk aljabar dan untuk mengetahui kelayakan serta respon siswa terhadap media permainan Uno Spin Matematika. Model pengembangan yang digunakan adalah model Sugiyono yang dimodifikasi menjadi 5 langkah yaitu potensi dan masalah, data, desain produk, validasi dan revisi produk, serta uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII dengan menggunakan skala kecil sebanyak 10 orang siswa. Instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi Media Pembelajaran dan angket respon siswa. Media permainan Uno Spin Matematika pada materi bentuk aljabar yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak digunakan untuk siswa SMP kelas VII. Kelayakan terlihat dari hasil penilaian validator, dimana dari hasil penilaian ahli media diperoleh nilai 88% dengan kategori sangat layak, dan angket respon siswa diperoleh nilai 83% dengan kategori sangat baik.


Keywords


Pengembangan, Media Pembelajaran, Permainan Kartu UNO Spin Math

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Agustin, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu UNO Pada Materi Bank Untuk Siswa Kelas X IIS MAN 2 Lamongan. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 6, 144-149.

Amri, Z., & Harahap, T. H. (2017). Pelabelan Graceful dan Pelabelan Rho Topi Pada Graf 8-Bintang dengan C3 untuk n Genap. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2).

Anjaya, T. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Pneumatik dan Hidrolik Berbasis Adobe Flash CS3 Professional Program Studi Diploma 3 Teknik Otomatif Universitas Negeri Yogyakarta. 1-6.

Arief S.Sadiman, d. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Batubara, I. H. (2017). Improving Mathematical Critical Thinking Ability Through Problem Based Learning Assisted by Autograph and Geogebra at SMA Freemethodist Medan. University of Muhammadiyah Sumatera Utara. V (6). 97-104.

Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Dan Geogebra Di SMA Free Methodist Medan. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 6, 97-104.

Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Dan Geogebra Di Sma Freemethodist Medan. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 47-54.

Batubara, I. H. (2019). Improving students critical thinking ability through guided discovery learning methods assisted by geogebra. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 116-119.

Batubara, I. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 152-159.

Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 13-17.

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 43-53.

Emzir. (2014). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Halamon, T. (2019). PENERAPAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) UNTUK MENINGKATKANN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 57 MODERN TP 2017/2018. Jurnal Dimensi Matematika, 2(02), 118-124.

halomoan Harahap, T. (2017). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 1(2), 152-161.

Halomoan, T., & Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Classwide Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 95-98).

Harahap, T. H. (2013). PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII-2 SMP NURHASANAH MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Harahap, T. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 31-39.

Harahap, T. H.(2015). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Representasi Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP NURHASANAH MEDAN TA 2012/2013. Jurnal EduTech, 1(1).

Harahap, T. H., & Khairunnisa, K. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 1 Medan TP 2018/2019. JURNAL PDS UNP, 1(1), 271-278.

Hidayati, N., & Hakim, L. (2014). Pengembangan Permainan Kartu UNO Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Akutansi Pokok Bahasan Hutang Jangka Panjang. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 1-11.

Lestari, R., & Virman. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Discovery Learning pada Materi Vektor Peserta Didik Kelas X SMA KPG Khas Papu Merauke". Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 6, 82-93.

Lubis, H. Z., Syahputri, D., Adelia, N. D., & Maherza, W. (2019, October). Tingkatkan Kesadaran Siswa Melalui Budaya Menabung Sejak Dini di Desa Sidourip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 194-199).

Panggabean, E. M., Nasution, M., & 'Afifah, N. (2018). Integrating Good Character Values in Mathematics Learning. Scholars Journal of Arts, Humanities and Social Sciences, 363-371.

Panggabean, S., & Halomoan, T. (2018). Pengaruh media e-learning berbasis youtube terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah analisis real prodi pendidikan matematika FKIP UMSU. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 25-30).

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). STUDI PENERAPAN MEDIA KUIS INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83.

Panggabean, S., Nasution, E., & Batubara, I. H. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 238-247.

Nasution, M. D., Mawengkang, H., Kamil, A. A., Efendi, S., & Sutarman. (2020). Sample median approximation on stochastic data envelopment analysis. International Journal of Agile Systems and Management, 13(3), 279-295.

Nasution, M. D., & Prastika, C. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make-A Match (Mam) Pada Materi Limit Fungsi Di Kelas XI MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 8-15.

Nasution, M. D., Ahmad, A., & Mohamed, Z. (2021). PRE SERVICE TEACHERSPERCEPTION ON THE IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING IN MATHEMATIC CLASS. Infinity Journal, 10(1), 109-120.

Novriani, M. R., Nasution, M. D., & Surya, E. (2017). Implementation Strategy Instant Assessment To Increase Activity and Result of Learning Mathematics of Al Maksum Junior High School Student. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 53-60.

Manurung, A. A., Nasution, M. D., & Nisah, K. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MELALUI STRATEGI BELAJAR SMALL GROUP WORK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Numeracy, 8(2), 83-89.

Puspitasari, M., & Hidayati, S. N. (2017). Media Permainan Boxs Number star untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. E-Jurnal Pensa, 5, 315- 321.

Rahmatin, R., & Khabibah, S. (2016). Pengembangan Media Permainan Kartu UMATH (Uno Mathematics) dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Pokok operasi Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 67-73.

Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers. Sugihartono, d. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, & Eman. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA.UPI.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. Sundaya, & Rostina. (2015). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran

Syahputri, D. (2020). The Ellipsis on the Main Character's Utterances in the Trolls Movie. English Teaching and Linguistics Journal, 1(2), 60-67.

Syahputri, D., & Masita, S. (2018). Ananalysis Of The Students Error In Writing Descriptive Text. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(1).

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inofatif-Proresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Kependidikan(KTSP). Jakarta: Kencana.

Usman, M. R. (2020). Pengembangan Alat Peraga Papan Al-Sintacs Materi Trigonometri Siswa Kelas X MA DDI Galesong Baru. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9, 248-259.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats