Peningkatan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Pendeketan Kontekstual Pada Materi Peluang Smp

Arlina Mandasari

Abstract


Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana LKPD hasil pengembangan dengan pendekatan kontesktual pada materi peluang di SMP ? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh LKPD dengan pendekatan kontekstual pada materi peluang di SMP. Pengembangan penelitian ini menggunakan model pengembangan Thiargarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D yang dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu :define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Akan tetapi penelitian ini tidak sampai pada tahap disseminate (penyebaran) karena keterbatasan waktu. Berdasarkan hasil dari angket penilaian validator Lembar Kerja Peserta Didik dan RPP didapat nilai dari validator ahli media, ahli materi dan pada guru matematika dengan rata-rata nilai skor 4,14 dan 4,06 dengan kriteria valid.


Keywords


Lembar Kerja Peserta Didik, Pendekatan Kontekstual,Peluang

Full Text:

PDF

References


Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher's Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 91-95.

Dengan Pendekatan Guided Inquiry Pada Materi Tata Surya Untuk

Fitriyati. Eko Setyadi Kurniawan. Nur Ngazizah. Pengembangan LKS FisikaSMA Kelass X Semester II dengan Website Online Berbasis Contextual Teaching Learning. Radiasi, Vol. 3. No. 1. Purworejo: Universitas Muhammadiyah.

Ginting, P., Hasnah, Y., & Hasibuan, S. H. (2021). Pkm Pelatihan Tindakan Kelas (Ptk) Berbasis Student Centered Learning (Scl) Bagi Guru Smp Di Kecamatan Medan Deli. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 58-72.

Gitriani, R. Aisah, A. Hendriana, H. Herdiman, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan kontekstual pada materi lingkaran untuk siswa SMP. Jurnal Riview Pembelajaran Matematika. Vol, 3. No, 2. 40-48.

Hasnah, Y. (2017). TEACHERS AS ROLE MODELS IN NURTURING STUDENTSCHARACTER. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, (3).

Hasnah, Y., & Ginting, P. (2018). Brain Gym Bagi Guru SMP di Kecamatan Percut Sei Tuan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Islamiar Nur Rani. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA

Lubis, B. N. A., & Sagala, R. W. (2020). The Comparative of Indonesian and Western Culture in Live Action: A Study of Cross-Culture. English Teaching and Linguistics Journal, 1(2), 56-59.

Maisyarah, M., Afriyanti, D., & Manurung, A. A. (2021). PENERAPAN MODEL PACE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NURUL ASANAH. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(1).

Makmur, A., & Aspia, A. (2015). Efektifitas Penggunaan Metode Base Method dalam Meningkatkan Kreatifitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Padangsidempuan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Manurung, A. A. (2012). Media Pembelajaran Berbasis Tergologi Informatika.

Manurung, A. A. (2020). Design and Simulation of Indonesian Language Application Exam with Mobile-based End User Development Method. Al'adzkiya International of Computer Science and Information Technology (AIoCSIT) Journal, 1(1).

Manurung, A. A., & Gulo, F. F. (2021). Application of Problem Based Learning Model on Pythagorean Theorem Material to Improve Student Learning Outcomes for Class VIII SMP Negeri 2 Mandrehe. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(2).

Manurung, A. A., & Rohmah, M. (2021). THE EFFECT OF USE OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON STUDENT LEARNING MOTIVATION AT SMK BINA ISLAM MANDIRI KERSANA. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(1), 54-57.

Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., & Yusriati, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 36-42.

Manurung, S. H. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01), 42695.

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Universitas Yogyakarta.

Pawestri, E. Sukoco, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Kontekstual untuk meningkatkan kemapuan pemecahan masalah siswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol, 2. No, 1. 69-76.

Perdana, P. R., Batumbara, I. H., & Sagala, R. W. (2021). Pembuatan Aplikasi Berbasis Online Bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Medan Pada Masa Pandemic Covid 19. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 26-30.

Sagala, R. W. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling.

Selfia, Mega. Pengembangan lembar kerja peserta didik dengan pendekatan kontekstual mata pelajaran matematika di kelas IV siswa SD/MI. Universitas Negeri Lampung.

Tarmizi. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) melalui metode pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemapuan koneksi matematika siswa SMP Muhammadiyah 49 Medan. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.

Wahyuni, R., & Hasnah, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Writing terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa pada Mata Kuliah Creative Writing. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, 8(10).

Wirani, N., & Manurung, A. A. (2020). The importance of using a web-based learning model to prevent the spread of covid 19. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 16-24.

Zainun, Y. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD)pembelajaran matematika dengan metode Guide Note Taking di SMP. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats