Peningkatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pembelajaran Daring Pada Materi Bilangan Smp Kelas VII

Anggraini Dwi Jayanti

Abstract


Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui pengembangan media video pembelajaran berbasis video pembelajaran pada materi bilangan di SMPS taman siswa Medan. Untuk meningkatkan hasil belajar jarak jauh siswa SMP materi bilangan. Model pengembangan yang dipakai dalam pengembangan ini adalah model ADDIE yang sudah dimodifikasi dari 5 tahapan menjadi 4 tahapan yaitu analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan) dan implementation (implementasi). Subjek dari penelitian ini iyalah dibuat dalam kelas kecil yaitu siswa SMPS taman siswa Medan kelas VII. Kelayakan video pembelajaran matematika ini merujuk kepada hasil penilaian video pembelajaran oleh para ahli maedia, ahli materi dan gru pelajaran matematika. Video pembelajaran matematika yang sudah dikembangkan mendapatkan perolehan nilai oleh ahli media dengan perolehan nilai 90 dengan kategori kelayakan sangat valid dan peniliaan video pembelajaran dari ahli materi dengan perolehan nilai 80 dikategorikan sangat valid dan terakhir penilaian dari guru matematika dengan perolehan nilai 80 dikategorikansangat valid . Kemudian penilaian RPP dari ahli Media dengan penilaian 90 dengan kategori kelayakan sangat valid. Penilaian dari ahli materi diperoleh nilai 80 dengan kategori kelayakan sangat valid dan dari guru matematika dengan perolehan nilai 78 Dikategorikan sangat valid Hasil analisis keefektifan siswa menggunakan video pembelajaran jarak jauh diproleh rata- rata 88,6 dengan kategori penilaian sangat baik.


Keywords


Penelitian pengembangan, video pembelajaran, bilangan.

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. (2017). Pengaruh Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja (Studi terhadap Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2).

Arifin, M. (2017). Penyalahgunaan Keadaan Sebagai Faktor Pembatas Kebebasan Berkontrak. Jurnal Notarius, 3(2), 61-75.

Arifin, M. (2018). Manajemen Pendidikan Masa Kini. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Arifin, M. (2020). (BUKU) Buku Nilaiku Tergantung Jaringan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Arifin, M. (2020). (buku) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh untuk Millenial. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Arifin, M. (2020). (HAKI) HKI Manajemen Pendidikan Masa Kini. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Ekayati, R. (2018). Implementasi metode blended learning berbasis aplikasi edmodo. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(2).

Ekayati, R. (2020). Shadowing Technique on Students Listening Word Recognition. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 31-42.

Ekayati, R. (2020). Shadowing Technique on Students Listening Word Recognition. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 31-42.

Ekayati, R., & Arifin, M. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED-LEARNING BERBASIS APLIKASI EDMODO DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Ekayati, R., & Arifin, M. A. (2020). Gerakan Literasi Kampung Sadar Sastra (Gelikam Rasa) Di Desa Manunggal. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 6-10.

Ekayati, R., & Arifin, M. A. (2020). Gerakan Literasi Kampung Sadar Sastra (Gelikam Rasa) Di Desa Manunggal. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 6-10.

Haryati, F. (2015). Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Soft Skill. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 9-18.

Haryati, F. (2019, April). PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBASIS SOFT SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PROGRAM STUDY PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Riau 2018 (pp. 144-156).

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus FKIP UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 35-49.

Hasibuan, M. F. (2019). Pemanfaatan ICT sebagai media atau teknologi terhadap pelaku industri rumahan untuk memajukan usahanya melalui layanan bimbingan dan konseling. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(2), 72-77.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Jamilah, J., Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). The Development of Mental Health Learning Materials Using The Metacognitive Approach in Counseling Guidance Study Programme in FKIP UMSU. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 62-67.

Manurung, I. D., & Tussadiah, H. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS PADA REMAJA USIA PRODUKTIF DI KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., & Yusriati, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 36-42.

Mardiana, E., Haryati, F., & Wahyuni, S. (2021). Praktek Asessmen dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 5(6), 5859-5876.

Minarni, S., & Nur, Z. (2018). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Siswa yang Klepto. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 17-21.

Nasution, M. D., Nasution, E., & Haryati, F. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan MATLAB. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 69-80.

Siregar, A., & Manurung, I. D. (2021). Aplikasi M-Learning Pada Dongle Melalui Nilai-Nilai Islam. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(1), 40-53.

Siregar, E. Y., & Manurung, I. D. (2020). The Effect Of Using Authentic Material As Media On The Students Achievement In Listening. English Teaching and Linguistics Journal, 1(1), 5-15.

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats