Eskalasi Bahan Ajar Berupa Modul Berbasis Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Pada Materi Segi Empat Dan Segitiga Pada Siswa Smp/Mts

Marina Hazmi M

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul menggunakan mode lcreative problem solving(CPS) pada materi segi empat dan segitiga tingkat SMP/MTs.CPS ialah variasi dari pembelajaran penyelesaian masalah dengan teknik yang sistematis dalam mengorganisasikan gagasan kreatif untuk menyelesaikan suatu permasalahan.Open-ended problem adalah sebuah pendekatan penyajian masalah terbuka. Subjek uji coba yang diambil menggunakan teknik purposive sampling terhadap siswa kelas VII SMP Swasta Al-Washliyah. Metode yang digunakan didalam penelitian ini ialah penelitian pengembangan dengan model 4-D dari Thiagarajan (Define,Design,Develop,danDisseminate).Hasil penelitian menurut penilaian ahl menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan mempunyai kriteria baik berdasarkan kualitas aspek cakupan materi, bahasa, teknik penyajian, tahapan model pembelajaran creative problem solving (CPS), dan penilaian pembelajaran. Adapun penilaian menurut respon siswa berdasarkan kualitas aspek kesesuaian konten materi, kondisi fisik, dan manfaat penggunaan mempunyai kriteria baik. Dengan demikian, bahan ajar ini termasuk ke dalam kriteria baik dan bias digunakan di dalam pembelajaran matematika kelasVII.


Keywords


Bahan Ajar, Model Pembelajaran, Creative Problem Solving (CPS),Open-ended Problem, Materi Segi Empat, Materi Segitiga, Model Pengembangan 4-D

Full Text:

PDF

References


Apino, Ezi. 2016. Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran MatematikaMelaluiPembelajaranCreativeProblemSolving.SeminarNasionalMatematikadanPendidikanMatematikaUNY

Arifah, Nazihatun dan Mohammad Asikin. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Setting Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Pendekatan Open-Ended (Sebuah Kajian Teorik). Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan.

Aswata, Ida Bagus Made & I Gede Ade Putra Adnyana. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Batubara, I. H., Sari, I. P., Hariani, P. P., Saragih, M., Novita, A., Lubis, B. S., & Siregar, E. F. S. (2021). PELATIHAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP FREE METHODIST 2. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 854-859.

Budiarto. 2002. Pembelajaran Geometri & Berpikir Geometri. Dalam

Danasasmita, Wawan. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Darmadi, H. 2020. Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman Pada Materi Bangun Datar Segi Empat.Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya. Vol. 9 No. 1

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish

Daryanto, D.. 2018. Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar. Depok: Prenadamedia Group, Cet. 1

Deliati, D., & Muharmi, T. (2019). Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1-13.

Deliati, D., Yusnandar, W., & Muslih, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menggunakan Pipa Paralon Sebagai Tempat Tanaman Hidrofonik Sayur-Mayur Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66-78.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar.

Dewirsyah, A. R., & Hariani, P. P. (2018). PENGARUH METODE PENYELESAIAN MASALAH (Problem Solving) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Fahrurrozi & Syukrul Hamdi. 2017. Metode Pembelajaran Matematika. NTB: Universitas Hamzanwadi

Fathurrohman, Muhammad. 2018. Mengenal Lebih Dekat Pendekatan Dan Model Pembelajaran: Membuat Proses Pembelajaran Lebih Menyenangkan dengan Pengelolaan yang Bervariasi. Yogyakarta: Kalimedia

Fatmawarni, F., & Haryani, P. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Analisa Ratio Keuangan Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(1), 24-47.

Febriyana, M., Amalia, N., & Deliati, D. (2018). The Management of School Libraries Muhammadiyah.

Hadi, Samsul, et.al. 2018. The Difficulties of High School Students in Solving Higher- Order Thinking Skills Problems. Problems of Education in the 21st Century. Vol. 76 No. 4

Hamzah, dkk. 2011. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama

Hariani, P. P. (2018). PENGARUH CASH HOLDING DAN DIVIDEND PAYOUT RATIO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2013-2016. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, (3).

Hariani, P. P. (2019). Kreativitas Den Takur. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 91-99.

Hariani, P. P. (2019, November). Difference of Accounting Learning Results Using Model Creative Problem Solving Learning and Modelling The Way At Students Faculty of Teacher Training and Education. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 2, pp. 89-91).

Hariani, P. P. (2019, November). Difference of Accounting Learning Results Using Model Creative Problem Solving Learning and Modelling The Way At Students Faculty of Teacher Training and Education. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 2, pp. 89-91).

Hariani, P. P., Rahmayati, R., & Mujiatun, S. Model Bisnis Islamic Financial Technology Produk Bank Syariah di Kota Medan. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah, 4(2), 69-81.

Hariani, P. P., Sari, I. P., & Batubara, I. H. (2021). Implementasi e-Financial Report BUMDes. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 169-177.

Hariani, P. P., Wiranda, A., & Sihotang, I. M. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Minat Belajar. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 38-49.

Huda, Miftahul. 2017. Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: PustakaPelajar, Cet. 6

Jendral Pendidikan Dasar Menengah, Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika, 2004

Kamaruddin Rahmat, dkk. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Geometri Berbasis Teori Belajar Van Hiele untuk Mengembangkan Karakter Siswa Kelas VII-1 SMP Muhammadiyah Bungoro. Prosiding Seminar Nasaional STKIP Andi Matappa Pangkep Vol. 03 No. 1

Kemendiknas, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006.

Kharisma, Jeaniver Yuliane & Sugiman. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Vol. IV. No. 2

Laksmiwati, Pasttita Ayu & Endah Retnowati. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Kecerdasan Majemuk Siswa SMP Kelas VIII. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 14, No. 1

Mitchell, William E. and Thomas F. Kowalik. 1999. Creative Problem Solving, Third Edition. Genigraphics Inc.

Mulyasa, E. 2018. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, Cet. 2

Munandar, S.C. Utami. 2018. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia, Cet. 3

Mustaji. 2013. Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Nurdiansyah, Ibnu, dkk. 2018. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbantuan Tangram Bercirikan Open-Ended pada Pokok Bahasan Segi Empat dan Segitiga Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 3 No. 6

Parwati, Ni Nyoman, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers

Prosiding Seminar Nasional Matematika, Jurusan Matematika FMIPA ITS. Surabaya: ITS

Pusat Penilaian Kemendikbud. Penguasaan Materi Ujian Nasional.https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/, 10 September 2021

Putri, Bela Bekti Amallia,dkk. 2019. Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Education FKIP UNMA. Vol. 5, No. 2

Putri, S. R. (2018). PENGARUH PENERIMAAN OLEH TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP DAN SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA BINJAI. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 105-111.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., Mushlihuddin, R., Siregar, I. K., & Irvan, I. (2020). PKM Pelatihan Siaga Bencana Angkatan Muda Muhammadiyah di Kota Binjai. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 35-38.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran.Depok: Rajagrafindo Persada

Saefudin, Asis dan Ika Berdiati. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Saehu, U. A., Lubis, H. Z., & Hariani, P. P. (2021, October). Pelatihan Keuangan Berbasis Aplikasi Si APIK Bagi Pelaku Usaha Loundry di Desa Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Delli Serdang. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).

Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Proses. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana, Cet. 3

Sari, A. W., Deliati, D., & Tussadiah, H. (2020). Vocab Bagi Ibu Warga Pkk Di Kecamatan Binjai Utara. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 59-65.

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish

Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana, Cet. 5

Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat

Suryana, Dadan. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group, Cetakan ke-1

Syafri, Fatrima Santri. 2017. Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath. Vol. 3

Syafril dan Zelhendri Zen. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana, Cet. 3, 2017 .Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Edisi Pertama. Jakarta: PT BumiAksara, Cet.

Vangundy, Arthur B. 1999. Creative Problem Solving: A Guide For Trainers and Management. New York: Qourum Book

Wijaya, Hengki. 2018. Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray

Yaumi, Muhammad. 2017. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013. Edisi Kedua. Jakarta: Kencana, Cet. 5

Yunus, Hamzah dan Heldy Vanni Alam. 2014. Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish

Yusnandar, W., Deliati, D., & Jufrizen, J. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausahan olahan Tahun Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 39-51.

Nasution, M. D., Mawengkang, H., Kamil, A. A., Efendi, S., & Sutarman. (2020). Sample median approximation on stochastic data envelopment analysis. International Journal of Agile Systems and Management, 13(3), 279-295.

Nasution, M. D., & Prastika, C. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make-A Match (Mam) Pada Materi Limit Fungsi Di Kelas XI MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 8-15.

Nasution, M. D., Ahmad, A., & Mohamed, Z. (2021). PRE SERVICE TEACHERSPERCEPTION ON THE IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING IN MATHEMATIC CLASS. Infinity Journal, 10(1), 109-120.

Novriani, M. R., Nasution, M. D., & Surya, E. (2017). Implementation Strategy Instant Assessment To Increase Activity and Result of Learning Mathematics of Al Maksum Junior High School Student. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 53-60.

Manurung, A. A., Nasution, M. D., & Nisah, K. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MELALUI STRATEGI BELAJAR SMALL GROUP WORK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Numeracy, 8(2), 83-89.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats