Desain Eskalasi Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Pokok Bahasan Himpunan

Deni Indriani Tampubolon

Abstract


Bahan ajar yang terlalu monoton dan tidak memiliki warna pada LKPD yang saat ini digunakan banyak siswa disekolah membuat siswa kurang tertarik untuk melihat bahkan membacanya. Tujuan penelitian ini adalah Bagaimana desain pengembangan dan kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) Matematika dengan menggunakan model contextual teaching learning pada pokok bahasan Himpunan.Apakah lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dikembangkan dapat menggunakan model contextual teaching learning pada pokok bahasan Himpunan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD) menggunakan model 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Namun dimodifikasi menjadi 3-D karena media penerapannya tidak sampai penyebaran. Instrumen penelitian adalah angket uji kelayakan RPP dan angket uji kelayakan LKPD. Berdasarkan hasil validasi Ahli, dari hasil penilaian akhir pada validasi RPP oleh ketiga ahli dengan rata-rata 4,4 dengan persentase 88,6% yaitu kategori Sangat layak. Hasil penilaian akhir pada validasi LKPD oleh ketiga ahli dengan dengan rata-rata skor 4,5 dengan persentase 87,2% yaitu kategori Sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan Lembar Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis (LKPD) Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Pokok Bahasan Himpunan sangat layak digunakan.


Keywords


Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL), Pokok Bahasan Himpunan

Full Text:

PDF

References


Afifah, N., Batubara, I. H., & Harahap, T. H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Investigasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2), 200-206.

Ammy, P. M., & Batubara, I. H. (2018). PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 175-184.

Arikunto, S., (2008), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta. Depdiknas. 2006 . Pengembangan Model Pembelajaran . Jakarta.

Batubara, I. H. (2017). Improving Mathematical Critical Thinking Ability Through Problem Based Learning Assisted by Autograph and Geogebra at SMA Freemethodist Medan. University of Muhammadiyah Sumatera Utara. V (6). 97-104.

Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Dan Geogebra Di SMA Free Methodist Medan. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 6, 97-104.

Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Dan Geogebra Di Sma Freemethodist Medan. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 47-54.

Batubara, I. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di FKIP UMSU. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 51-58.

Batubara, I. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di FKIP UMSU. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 51-58.

Batubara, I. H. (2019). Improving students critical thinking ability through guided discovery learning methods assisted by geogebra. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 116-119.

Batubara, I. H. (2019). Improving students critical thinking ability through guided discovery learning methods assisted by geogebra. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 116-119.

Batubara, I. H. (2019). Improving Students Mathematical Communication Ability Through Guided Discovery Learning Method Assisted By Autograph. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 2, pp. 80-83).

Batubara, I. H. (2019). Improving Students Mathematical Communication Ability Through Guided Discovery Learning Method Assisted By Autograph. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 2, pp. 80-83).

Batubara, I. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 152-159.

Batubara, I. H. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TERBUKA MELALUI PENDEKATAN INVESTIGASI BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UMSU PADA MATAKULIAH TEORI BILANGAN. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 175-189.

Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 13-17.

Batubara, I. H. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Sofware Geogebra. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 43-53.

Batubara, I. H., & Sari, I. P. (2021). Improving Critical Thinkingability Through Guided Discovery Methods Assisted By Cabri 3d Software. International Journal of Economic, Technology and Social Sciences (Injects), 2(1), 325-330.

Batubara, I. H., & Sari, I. P. (2021, March). PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA. In Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora) (pp. 398-406).

Batubara, I. H., Nur, K., Lubis, A. T., & Arianto, N. (2021). The Effectiveness of Learning Using Social Media during the Covid 19 Pandemic in Higher Education. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 2177-2183.

Batubara, I. H., Sari, I. P., & NurAfifah, N. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Cabri 3D Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemic Covid. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(1), 114-117.

Batubara, I. H., Sari, I. P., Hariani, P. P., Saragih, M., Novita, A., Lubis, B. S., & Siregar, E. F. S. (2021). PELATIHAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP FREE METHODIST 2. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 854-859.

Batubara, I. H., Sari, I. P., Siregar, E. F. S., & Lubis, B. S. (2021, August). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Metode Penemuan Terpandu Berbantuan Software Autograph. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 699-705).

Dachi, S. W., & Batubara, I. H. (2020). The Development of Learning Model Through Problem Based Introduction (PBI) on Students Motivation Improvement in Mathematics Education. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(2), 174-177.

Dep Diknas, 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Dongoran, A. T., & Batubara, I. H. (2021). Pengaruh Iklim Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 2(1).

Hamalik, O 2010. Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hariani, P. P., Sari, I. P., & Batubara, I. H. (2021). Implementasi e-Financial Report BUMDes. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 169-177.

Hasibuan, M. F., & Batubara, I. H. (2019, October). Counseling Guidance Module to Prevent Students' Hedonism Lifestyle Attitude. In 4th Progressive and Fun Education International Conference (PFEIC 2019). Atlantis Press.

Hutasuhut, B. K., Batubara, I. H., & Sari, I. P. (2021). Analisa Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kosentrasi Matakuliah Pilihan menggunakan Metode Topsis. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 6(1), 111-114.

Khairani, L., Batubara, I. H., Sugianto, R. A., Lubis, Y., & cipta dilindungi Undang-undang, H. PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT INTERNAL UMSU EDISI IV.

Nasution, A. E., Irvan, I., & Batubara, I. H. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning dan Etnomatematik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1), 55-64.

Nasution, I. S., & Batubara, I. H. (2021). The Development of Digital Teaching Materials: An Effort to Create Mathematics Learning Effectively at Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara in the New Normal Era. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(3), 4465-4474.

Nasution, I. S., & NurAfifah, N. A. (2021). Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software Cabri 3D. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1-6.

Nasution, I. S., Batubara, I. H., & Sriwahyuni, S. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Software Geogebra Bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 47-51.

Nasution, M. D., Batubara, I. H., Siregar, Z., & Rimbawati, R. (2021). Pemberdayaan Kelompok Pembatik Sebagai Upaya Pengembangan Kearifan Lokal Di Desa Perjaga Pakpak Bharat. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(2), 213-219.

Panggabean, S., Nasution, E., & Batubara, I. H. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 238-247.

Perdana, P. R., Batumbara, I. H., & Sagala, R. W. (2021). Pembuatan Aplikasi Berbasis Online Bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Medan Pada Masa Pandemic Covid 19. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 26-30.

Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.

Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1),59-72.

Saragih, M., Nst, H. S., Harisma, R., & Batubara, I. H. (2021). Digital Literation Models Development Based School Culture to Improve Students' Life Skill in the 21st Century. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 307-316.

Sari, I. P., & Batubara, I. H. (2021, August). Perancangan Sistem Informasi Laporan Keuangan Pada Apotek Menggunakan Algoritma K-NN. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 692-698).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats