Pengembangan Tari Zapin Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Hots Pada Materi Bangun Datar Berbantuan Tangram

Ika Rahmayani Tanjung

Abstract


Rendahnya kemampuan peserta didik dalam mata pelajaran matematika pada materi bangun datar disebabkan karena rendahnya cara berfikir peserta didik dan metode penyampaian guru sehingga peneliti mendesaian sebuah alat peraga pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desaian pengembangan tari zapin berbasis hots pada materi bangun datar berbantuan tangram. Peneliti ini adalah penelitian pengembangan (RnD) menggunakan model 3-D yaitu pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Instrument penelitian adalah angket uji kelayakan ahli. Berdasarkan hasil validasi ahli dari hasil penilaian akhir pada IPPP-1 oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,40 dengan persentase 85,01% memenuhi kriteria layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa desaian pengembangan tari zapin berbasis hots pada materi bangun datar berbantuan tangram.


Keywords


Desain Pengembangan, Alat Peraga, Tari Zapin Berbantuan Tangram.

Full Text:

PDF

References


Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher's Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 91-95.

Berutu, A. (2013). Penerapan Metode Permainan Dengan Berbantuan Tangran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 19(1), 9-8.

Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Syafri, F.S (2020). Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(2), 157-168.

Dalam Membangun Karakter Bangsa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY (pp. 112-118).

Dinni, H.N (2018, February). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 170-176).

Fajriyah, E. (2008, February). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika Dalam Mendukung Literasi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1,pp. 114-119).

Giyarto.(2019). Selayang Pandang Riau. Klaten 57438: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Halamon, T. (2019). PENERAPAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) UNTUK MENINGKATKANN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 57 MODERN TP 2017/2018. Jurnal Dimensi Matematika, 2(02), 118-124.

Halomoan Harahap, T. (2017). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 1(2), 152-161.

Harahap, T. H. (2013). PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII-2 SMP NURHASANAH MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Harahap, T. H., & Manurung, A. A. (2019). The Influence of Three Stage Fishbowl Decision Learning Method On Mathematical Learning Ability.

Hidayah, I., Isnarto, I., & Asikin, M. (2019, February). Respon Siswa Terhadap Penggunaan Puzzle Tangram-7 sebagai Alat Peraga Manipulatif Individual dalam Uji Coba Terbatas Pembelajaran Matematika dengan HOTS. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 305-312) .

Jailan, J., & Retnawati, H. (2017). Keefektifan Pemanfaatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan HOTS dan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(2). 111-123.

Maisyarah, M., Afriyanti, D., & Manurung, A. A. (2021). PENERAPAN MODEL PACE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NURUL ASANAH. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(1).

Makmur, A., & Aspia, A. (2015). Efektifitas Penggunaan Metode Base Method dalam Meningkatkan Kreatifitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Padangsidempuan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Manurung, A. A. (2020). Design and Simulation of Indonesian Language Application Exam with Mobile-based End User Development Method. Al'adzkiya International of Computer Science and Information Technology (AIoCSIT) Journal, 1(1).

Manurung, A. A., & Gulo, F. F. (2021). Application of Problem Based Learning Model on Pythagorean Theorem Material to Improve Student Learning Outcomes for Class VIII SMP Negeri 2 Mandrehe. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(2).

Manurung, A. A., & Laoli, D. (2021). The Effect Of Problem Based Learning Model On Learning Motivation And Understanding Of Mathematical Concept Students Of SMP Negeri 2 Tuhemberua. Al'Adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(2), 170-196.

Manurung, A. A., & Rohmah, M. (2021). THE EFFECT OF USE OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON STUDENT LEARNING MOTIVATION AT SMK BINA ISLAM MANDIRI KERSANA. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(1), 54-57.

Manurung, A. A., Nasution, M. D., & Nisah, K. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MELALUI STRATEGI BELAJAR SMALL GROUP WORK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Numeracy, 8(2), 83-89.

Manurung, S. H. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01), 42695.

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Masitoh, L. F., & Aedi W.G (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen High Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di SMP Kelas VII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 886-897.

Mursid, R. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Budaya Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 8(1), 23-31.

Panggabean, S., & Halomoan, T. (2018). Pengaruh media e-learning berbasis youtube terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah analisis real prodi pendidikan matematika FKIP UMSU. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 25-30).

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). STUDI PENERAPAN MEDIA KUIS INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83.

Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 17-24.

Simamora, A., & Manurung, A. A. (2021). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Lingkaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Di Kelas VIII SMp Negeri 1 Galang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(2).

Sugiyono, P. D. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung (ID): Alfabeta.

Tandililing, E. (2013, November). Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Disekolah. In Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika diselenggarakan pada (Vol.9, pp. 194-2-2).

Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif dan Induktif-Deduktif dalam Pembelajaran Matematika. EduMa, 3(2), 56259.

Wirani, N., & Manurung, A. A. (2020). The importance of using a web-based learning model to prevent the spread of covid 19. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 16-24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats