Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konformitas Peserta Didik Di Kelas X Sma Swasta Pab 8 Saentis Tahun Pembelajaran 2020/2021

Mia Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konformitas siswa kelas X SMA Swasta PAB 8 Saentis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Objek dalam penelitian adalah siswa kelas X IPA yang berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara dengan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Sebelum diterapkan layanan bimbingan kelompok, siswa cenderung mengikuti bagaimana penampilan orang lain yang dianggap keren tanpa melihat diri bahwa mereka masih sekolah. Siswa tidak memperhatikan norma yang berlaku di sekolah sehingga mereka menjadi tidak taat dan melanggar semua kesepakatan yang telah disepakati ketika masuk ke sekolah ini. Awalnya konformitas kelompok ini mengarah pada hal negatif dengan jumlah anggota 8 orang dengan perilaku diantaranya mengeluarkan pakaian, tidak memakai simbol, tidak memakai dasi dan tidak memotong rambut sehingga terlihat tidak rapi. Setelah diterapkan layanan pertama siswa sudah mulai berfikir untuk merubah penampilan mereka dan berusaha meningkatkan konformitas kelompoknya kearah yang positif. Setelah diterapkan layanan kedua siswa yang awalnya memiliki konformitas kelompok kearah yang negatif meningkat menjadi positif dengan mereka mentaati peraturan dan kesepakatan dengan sekolah. Berpenampilan rapi, memasukkan pakaian, memakai dasi, serta memotong rambut menjadi rapi dan enak dilihat. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dapat Meningkatkan Konformitas Siswa di Kelas X SMA Swasta PAB 8 Saentis Tahun Pembelajaran 2020/2021.


Keywords


Bimbingan Kelompok, Konformitas, SMAS PAB 8 Saentis

Full Text:

PDF

References


Dewi, R. S., Harisma, R., & Siregar, A. (2017). IbM PELATIHAN GURU-GURU PAUD MELALUI BUKU FLANEL DALAM BAHASA INGGRIS. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, 8(10).

Emelia, T. W. (2018). Pengrajin Tikar Pandan di Desa Alue O Idi Rayeuk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(1), 551-555.

Emelia, T. W., & Diah, H. T. (2018). KEARIFAN LOKAL DALAM SYAIR BORDAH MASYARAKAT MELAYU PANAI LABUHAN BATU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Emelia, T. W., & Diah, H. T. (2019). ANALISA KESALAHAN ARTICLE DFINI DAN INDFINI DALAM BAHASA PERANCIS. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Ginting, P. (2021). Pengaruh Penerapan Strategi Group to Group Exchange Berbantu Media Microblogging Edmodo terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah English Syntax. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, 1(1).

Ginting, P., & YENNIHASNAH, Y. (2018). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA MICROBLOGGING EDMODO. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Ginting, P., Hasnah, Y., & Hasibuan, S. H. (2021). Pkm Pelatihan Tindakan Kelas (Ptk) Berbasis Student Centered Learning (Scl) Bagi Guru Smp Di Kecamatan Medan Deli. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 58-72.

Ginting, P., Hasnah, Y., & Hasibuan, S. H. (2021). Pkm Pelatihan Tindakan Kelas (Ptk) Berbasis Student Centered Learning (Scl) Bagi Guru Smp Di Kecamatan Medan Deli. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 58-72.

Hariani, P. P., & Siregar, A. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran PBL Untuk Mengembangkan Karakter Belajar Melalui Jurnal Ilmiah. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 14-25.

Harmaini,dkk.2016. Psikologi Kelompok Intergritas Psikologi dan Islam. Jakarta

Hasnah, Y., & Ginting, P. (2018). Brain Gym Bagi Guru SMP di Kecamatan Percut Sei Tuan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

J.P. Chaplin. 2006. Kamus Lengkap Psikologi.Jakarta.Raja Grafindo Persada Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung.Remaja

Lubis, H. Z., Syahputri, D., Adelia, N. D., & Maherza, W. (2019, October). Tingkatkan Kesadaran Siswa Melalui Budaya Menabung Sejak Dini di Desa Sidourip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 194-199).

Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., & Yusriati, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 36-42.

Prayitno dan Erman Amti. 2009. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta.

Prayitno. 2017. Konseling Profesional Yang Berhasil. Jakarta.Rajagrafindo Persada.

Ramadhani, S., & Emelia, T. W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Perintah Dalam Teks Eksplanasi oleh Siswa Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2020-2021. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1).

Robert A.Baron. 2005. Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga Sarwono, S. W. 2009. Psikologi Sosial Indonesia dan Teori-Teori Psikologi

Saragih, M. (2021). Desain Model Pembelajaran 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Mahasiswa. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Saragih, M., & Arika, A. (2020). Critical Discourse Analysis on the Politicians' Social Media Posts. English Teaching and Linguistics Journal, 1(1), 1-4.

Saragih, M., & Dewi, R. S. (2018). Efektifitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Bahasa Inggris Di Kota Binjai. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Saragih, M., & Nasution, H. S. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Penilaian Berbasis Hots. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 40-47.

Saragih, M., & Novimariono, N. (2020). An Experimental Study of The Effectiveness PEOW MODEL Through Applying Quartet Card in Teaching English Writing. Indonesian Journal of Education, Social Sciences and Research (IJESSR), 1(1), 32-40.

Savitri Sukrisno. 2005. Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga. Sears, D.O. 2004. Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Siregar, A., & Manurung, I. D. (2021). Aplikasi M-Learning Pada Dongle Melalui Nilai-Nilai Islam. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(1), 40-53.

Sukardi. Dewa Ketut.2008. Pengantar Pelaksanaan Progam Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.

Syahputri, D. (2020). The Ellipsis on the Main Character's Utterances in the Trolls Movie. English Teaching and Linguistics Journal, 1(2), 60-67.

Syahputri, D., & Masita, S. (2018). Ananalysis Of The Students Error In Writing Descriptive Text. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(1).

Tohirin. 2017. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta.

TUSSADIAH, H. A. L. I. M. A. H., & Emelia, T. W. (2018). ANALISA KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN MORFEM PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UMSU. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Umi Kulsum, Mohammad Jauhar. 2014. Pengantar Psikologi Sosial. Jakarta: Prestasi Pustakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats