Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII Di Mts Madrisatul Ikbar Tembung T.A 2020/2021

Sri Wulandari

Abstract


Rumus masalah dalam penelitian ini adalah : (1)Bagaimana keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learningdi MTS Madrisatul Ikbar T.A 2020/2021?. (2) Apakah pembelajaran dengan penerapan model prembelajaran Problem Based Learningdapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika di MTS Madrisatul Ikbar T.A 2020/2021?. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran problem based learningdi MTS Madrisatul Ikbar Tembung T.A 2020/2021?. (2) Untuk mengetahui apakah belajar menggunakan model pembelajaran problem based learningdapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa MTS Madrisatul Ikbar Tembung T.A 2020/2021?. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi dan nyang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kwlas VII MTS Madrisatul Ikbar Tembung T.A 2020/2021. Dengan jumlah siswa 11 orang yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu : perecanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data peningkatan siswa yang diperoleh dilapangan ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Setelah data dianalisis diperoleh beberapa temuan yaitu tes awal menunjukan bahwa ketuntasan siswa mencapai 9,09% (1 siswa), siklus I mencapai 36,36% (4 siswa), dan terjadi peningkatan sebesar 27,27%, serta siklus II mencapai 81,82% (9 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 72,73%. Dengan demikian pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal terpenuhi karena ? 75%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika pada siswa MTS Madrisatul Ikbar Tembung T.A 2020/2021.


Keywords


Keaktifan Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Ekayati, R. (2018). Implementasi metode blended learning berbasis aplikasi edmodo. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(2).

Ekayati, R. (2020). Shadowing Technique on Students Listening Word Recognition. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 31-42.

Ekayati, R. (2020). Shadowing Technique on Students Listening Word Recognition. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 31-42.

Ekayati, R., & Arifin, M. A. (2020). Gerakan Literasi Kampung Sadar Sastra (Gelikam Rasa) Di Desa Manunggal. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 6-10.

Ekayati, R., & Arifin, M. A. (2020). Gerakan Literasi Kampung Sadar Sastra (Gelikam Rasa) Di Desa Manunggal. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 6-10.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Hamalik, Oemar. 2009.PendekatanBaruStrategi Belajar Mengajar Berdasarkan

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus FKIP UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 35-49.

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus FKIP UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 35-49.

Hasibuan, M. F. (2019). Pemanfaatan ICT sebagai media atau teknologi terhadap pelaku industri rumahan untuk memajukan usahanya melalui layanan bimbingan dan konseling. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(2), 72-77.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hasnah, Y. (2017). TEACHERS AS ROLE MODELS IN NURTURING STUDENTSCHARACTER. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, (3).

Hasnah, Y., & Ginting, P. (2018). Brain Gym Bagi Guru SMP di Kecamatan Percut Sei Tuan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Lubis, B. N. A., & Sagala, R. W. (2020). The Comparative of Indonesian and Western Culture in Live Action: A Study of Cross-Culture. English Teaching and Linguistics Journal, 1(2), 56-59.

Manurung, I. D., & Tussadiah, H. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS PADA REMAJA USIA PRODUKTIF DI KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., & Yusriati, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 36-42.

Minarni, S., & Nur, Z. (2018). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Siswa yang Klepto. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 17-21.

Perdana, P. R., Batumbara, I. H., & Sagala, R. W. (2021). Pembuatan Aplikasi Berbasis Online Bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Medan Pada Masa Pandemic Covid 19. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 26-30.

Sagala, R. W. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling.

Sari, A. W. (2016). Pentingnya Ketrampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Sari, A. W. (2021). The Effect Of Object-Oriented Programming (Adobe-Flash) Based Multimedia Learning Methods On English For Tourism Courses. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Sari, A. W. (2021). THE EFFECTS OF APPLYING RECIPROCAL TEACHING METHOD TO THE STUDENTSACHIEVEMENT IN READING COMPREHENSION. English Teaching and Linguistics Journal, 2(2), 179-187.

Sin, E., Winarko, W., Ika, Y., Pranyata, P.,& Sin, E. (2018). PENERAPAN

Siregar, A., & Manurung, I. D. (2021). Aplikasi M-Learning Pada Dongle Melalui Nilai-Nilai Islam. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(1), 40-53.

Siregar, E. Y., & Manurung, I. D. (2020). The Effect Of Using Authentic Material As Media On The Students Achievement In Listening. English Teaching and Linguistics Journal, 1(1), 5-15.

Siswanti, R., & Harjono, N. (2019).PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN

Wahyuni, R., & Hasnah, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Writing terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa pada Mata Kuliah Creative Writing. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, 8(10).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats